Strategi Organisasi Siswa Intra Sekolah dalam Membentuk Karakter Kepemimpinan Siswa SMK PAB 8 Sampali

Tegar Jaya Putra, Muhammad Rifa'i

Abstract


Abstract. This research aims to determine the role of the Intra-School Student Organization (OSIS) in shaping the character of students at SMK PAB 8 Sampali. This research also aims to determine the challenges of OSIS in forming student character. The type of research is descriptive research using a qualitative approach. The subjects of this research are OSIS administrators, students who are OSIS administrators and students who are not OSIS administrators who are determined using purposive techniques. Meanwhile, data collection techniques use interview, observation and documentation techniques. The data analysis technique used is an inductive data analysis technique, with steps including data collection, data reduction, data display and drawing conclusions.The results of this research show the role of OSIS in shaping the character of students at SMK PAB 8 Sampali. The role of the OSIS in shaping student character: (1) as a forum, namely a place for students to work together to achieve goals, (2) as a driving force, namely to help the school carry out certain activities and (3) as a means of preventing students from deviating by participating in OSIS activities.

Keywords: Strategy, OSIS, Leadership

 

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dalam membentuk karakter siswa SMK PAB 8 Sampali. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui hambatan OSIS dalam membentuk karakter siswa. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif.Subjek penelitian ini adalah pembina OSIS, siswa pengurus OSIS dan siswa bukan pengurus OSIS yang ditentukan dengan teknik purposive. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data induktif, dengan langkah-langkah meliputi pengumpulan data, reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan peranan OSISdalam membentuk karakter siswa SMK PAB 8 Sampali. Peranan OSIS dalam membentuk karakter siswa: (1) sebagai wadah yaitu tempat bagi siswa saling bekerja sama untuk mencapai tujuan, (2) sebagai penggerak yaitu untuk membantu sekolah menjalankan kegiatan tertentu dan (3) sebagai sarana menghindarkan siswa untuk berbuat menyimpang dengan mengikuti kegiatan OSIS.

Kata Kunci: Strategy, OSIS, Kepemimpinan

Full Text:

PDF

References


Farhatunnafsiyah, S., & Widayat, I. W. (2017). Strategi pembentukan karakter kepemimpinan di pesantren tebuireng. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Perkembangan, 6(3).

Farida Galela. (2012). Pendidikan Pola Asrama dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam di Pesantren Hidayatullah Fakfak. UIN Alauddin Makassar.

Irawan, A. (2017). Pendidikan Karakter; Pengertian, Prinsip Dan Relevansinya Dengan Ilmu Sosial. Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan.

Khotimah, A. khusnul. (2017). Pengaruh Pembiasaan Sholat Berjamaah Terhadap Kesadaran Sholat Lima Waktu Siswa MI Safinda Surabaya. Tadarus: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1).

Laksana, S. D. (2019). Pendidikan Kreatif Berbasis Nilai-Nilai Islam Melalui Public Literacy. Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 5(2), 205–215.

Mahfud. (2016). Berpikir Dalam Belajar; Membentuk Karakter Kreatif Peserta Didik. Jurnal Al Tarbawi Al Haditsah, 1(1).

Meutia, I., Mulkan, M., & Kurnisar. (2016). Pengaruh Kegiatan Anggota Pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Terhadap Sikap Kepemimpinan Siswa Di SMA Negeri 10 Palembang. Jurnal Bhinekka Tunggal Ika, 3(1), 65–70.

Ministry of Education and Culture. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter Jadi Pintu Masuk Pembenahan Pendidikan Nasional.

Mudjiran, Hermaleni, & Zamzami. (2016). Perbedaan Kompetensi Sosial Siswa Boarding School Dan Siswa Sekolah Umum Reguler. Jurnal Rap Unp, 7(1), 90–98.

Muhaemah, M. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini Studi Kasus Di RA Daarul Muqimien Buaran Jati Sukadiri Tangerang. Aṣ-Ṣibyān: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Nasution, T. (2018). Membangun Kemandirian Siswa Melalui Pendidikan Karakter. IJTIMAIYAH, 1(2), 1–18.

Pala, A. (2011). The Need For Character Education. International Journal of Social Sciences and Humanity Studies, 3(2). Pelaksanaan Program Boarding School Dalam Pembinaan Moral Siswa di Sma Taruna Indonesia Palembang. (2014). Ta’dib.

Pratiwi, I. D., & Laksmiwati, H. (2016). Kepercayaan Diri Dan Kemandirian Belajar Pada Siswa SMA Negeri ‘X.’ Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 7(1),43–49. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26 740/jptt.v7n1

Priyadi, U., Prabowo, W. A., & Sari, D. M. (2013). Membangun Kepercayaan Diri Anak Melalui Pelatihan Public Speaking Guna Persiapkan Generasi Berkarakter. Jurnal Inovasi Dan Kewirausahaan, 2(2), 88–93.

Rifa’i, M. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Disiplin Kerja Guru di SD Negeri 060794 Kecamatan Medan Area. Manajemen Pendidikan dan Keislaman (HIJRI), 42-50.

Rina, L. (2019). Student Leadership In School: Internalization of Entrepreneurial Competence and Character. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 21(1), 1–8. https://doi.org/10.9744/jmk.21.1.1-8

Rivai, V., Bachtiar, & Amar, B. R. (2013). Pemimpin dan Kepemimpinan Dalam Organisasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rizkiani, A. (2012). Pengaruh Sistem Boarding School Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik ( Penelitian di Ma ’ Had Darul Arqam Muhammadiyah Daerah Garut ). Jurnal Pendidikan Universitas Garut.

Sa’diyah, R. (2017). Pentingnya Melatih Kemandirian Anak. KORDINAT, 16(1), 16–46.

Toni, I. A. (2019). Peranan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Dalam Membentuk Karakter Siswa Di SMK Negeri 2 Salatiga. Satya Widya, 35(1),54–61. https://doi.org/10.24246/j.sw.2019.v 35.i1.p54-61

Umiarso, & Baharuddin. (2012). Kepemimpinan Pendidikan Islam: Antara Teori Dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Zainiyati, H. salamah. (2010). Model Dan Strategi Pembelajaran Aktif (Teori Dan Praktek Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam). Putra Media Nusantara Surabaya & IAIN PRESS Sunan Ampel.

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v6i42023p440

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

 

  

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.