Kepemimpinan Kepala Sekolah Perempuan Berbasis Gender
Abstract
Keywords: gender, female principal, leadership
Abstrak: Penelitian ini mengkaji tentang kepemimpinan kepala sekolah perempuan berbasis gender jenjang SD Kecamatan Barebbo, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan bagaimana kepemimpinan kepala sekolah berbasis gender berdasarkan karakter dan konteks kepemimpinan. Kajian tersebut diadopsi dari pendekatan Gender and Leadership yang berdasar pada konsep FourC-PITO. Karakter merupakan sifat individu atau kepribadian dan nilai-nilai yang diyakini seseorang. Karakter berkaitan dalam kepemimpinan pendidikan berkaitan dengan kepercayaan diri, kemandirian, tanggung jawab, stereotip gender, hubungan interpersonal, dan pengelolaan tim. Konteks merupakan lingkungan fisik, psikologis, sosial, ekonomi, dan berbagai situasi. Konteks dalam kepemimpinan berkaitan dengan pengelolaan stres, perbedaan relasi gender, kondisi sosial budaya, jumlah SDM, hingga status kerja. Metodologi pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan informan sebanyak 5 kepala sekolah perempuan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Karakter kepemimpinan kepala sekolah SD di Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone pada umumnya memiliki kepercayaan diri, bertanggung jawab, terbuka terhadap gagasan orang lain, menjaga relasi interpersonal, demokratis, dan memiliki manajemen yang baik. (2) Konteks yang paling menonjol pada kepemimpinan kepala sekolah berbasis gender berupa, strata pendidikan, kesamaan gender, hubungan kekeluargaan, jumlah sumberdaya, status kerja, asal daerah, dan kemampuan adaptasi guru.
Kata kunci: gender, kepala sekolah perempuan, kepemimpinan
Full Text:
PDFReferences
Affandi, M., Mahmud, M. E., & Kusasi, M. (2022). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengambil Keputusan. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 7(2), 195–212. https://doi.org/10.15575/isema.v7i2.20429
Alfisyah, M. R. M., & Abidin, M. (2023). STRATEGI KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS SITUASIONAL: STUDI KASUS KEPALA SEKOLAH PEREMPUAN DI SMPN5 LAMONGAN. 08.
Andhika, M., Retnowati, T. H., & Manik, T. S. (1907). KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH PEREMPUAN : STUDI DI SMA N 1 ULU MUSI , EMPAT LAWANG SUMATERA SELATAN. 16(2013), 13–27. https://doi.org/10.23917/jmp.v16i1.12198
Aulia, H. D., Citriadin, Y., & Thohri, M. (2023). Kepemimpinan Perempuan dalam Lembaga Pendidikan Islam (Studi Kasus di Pondok Pesantren Syaikh Zainuddin NW Anjani). Manazhim, 5(1), 434–455. https://doi.org/10.36088/manazhim.v5i1.2988
Ayman, R., & Adams, S. (2010). Contingencies, context, situation and leadership. In Day, D., & Antonakis, J. (Eds.). The Nature of Leadership. Thousand Oaks, CA: Sage Publications.’.
Dwijaksara, K. A. (2015). Studi Komparasi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Laki- Laki Dengan Perempuan Dalam Menciptakan Kepuasan Kerja Guru Sltp Swasta Se-Kecamatan Buleleng. Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 5(1), 1–11.
Eklund, K. E., Barry, E. S., & Grunberg, N. E. (2017). Gender and Leadership. Gender Differences in Different Contexts, February. https://doi.org/10.5772/65457
Ernawati. (2019). Pasang Surut Kuasa Bangsawan dalam Proses Demokratisasi di Bone. Government: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 12(1), 1–14.
Fatimah, S. (2020). GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH PEREMPUAN DALAM MENGEMBANGKAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM. 9(2), 6.
Firdaus, F. (2023). Peran Kepala Sekolah Perempuan Dalam Meningkatkan Mutu Sekolah: Sebuah Tinjauan Literatur. Journal on Education, 6(1), 349–357. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2948
Gunawan, L. (2016). KESETARAAN DAN PERBEDAAN LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN:KRITIK TERHADAP GERAKAN FEMINISME. SOCIRTAS DEI, vol.3 no.2. http://www.societasdei.rcrs.org/index.php/SD/article/view/39/22
Hermanto, A. (n.d.). TEORI GENDER DALAM MEWUJUDKAN KESETARAAN: MENGGAGAS FIKIH BARU. 209–232.
Izzah, A. A., & Hidayah, N. (2022). KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH PEREMPUAN DALAM PERSPEKTIF STUDI GENDER. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/annur/article/view/397
Khairi, A., Giatman, M., Maksum, H., Jalinus, N., & Abdulah, R. (2023). Menghilangkan Stereotipe Gender Kepemimpinan Perempuan Di Fakultas Kegiatan Dan Pendidikan. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16(6), 2451. https://doi.org/10.35931/aq.v16i6.1689
Mappangara, S. (2013). Demokrasi di Bumi Bangsawan (Studi Kasus di Kabupaten Bone). Makalah.
Marhawati, B. (2017). Kepemimpinan Kepala Sekolah Perempuan Pada Sekolah Efektif. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 1(2), 122–127. https://doi.org/10.17977/um025v1i22017p122
Mulawarman, W. G., & Srihandari, A. P. (2016). MANAJEMEN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH PEEMPUAN: ANALISIS MODEL CIPP. 1, 1–23.
Mustaghfiroh, M., Mustiningsih, M., & Sumarsono, R. B. (2021). Gaya Komunikasi Kepemimpinan Kepala Sekolah Perempuan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(5), 787. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i5.14849
Nasikhah, K., Maunah, B., & Patoni, A. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah Perempuan Dalam Meningkatkan Kerjasama Guru. Analisis Penerapan Gaya Kepemimpinan Transformasional, 3(2), 140–143.
Pratama, R. W., Wadi, H., & Suud, S. (2022). Pola Kepemimpinan Kepala Sekolah Perempuan dalam Mengelola Kultur Sekolah yang Kondusif. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2c), 761–768. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2c.567
Rianae, Berliani, T., & Dagau, E. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah Perempuan Pada Sekolah Swasta Efektif Di Kota Palangka Raya. Equity In Education Journal, 2(1), 46–53. https://doi.org/10.37304/eej.v2i1.1686
Rosyidah, A., & Suyadi. (2021). MASKULINITAS DAN FEMINITAS KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN ISLAM: KAJIAN DEFERENSIASI OTAK LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN PERSPEKTIF NEUROSAINS. 5(1), 6.
Rukajat, A. (2018). PENDEKATAN PENELITIAN KUALITATIF (QUALITATIVE RESEARCH APPROACH) (cetakan pe). PENERBIT DEEPUBLISH.
Wardani, A., Aris, M., & Makmuri, M. (2013). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Perempuan Terhadap Motivasi Kerja Guru (Studi Di Sma N 12 Semarang). Unnes Civic Education Journal, 2(2), 8–15.
Wicaksono, L., Fatmasari, R., Pendidikan, I., Terbuka, U., Pendidikan, I., & Tanjungpura, U. (2023). GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH PEREMPUAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN SEPAUK Pendahuluan Pendidikan memiliki peran dan manusia positif berbagai segala aspek bidang kehidupan dan perkembangan merupakan juga memberikan bangsa dan kontribusi yang s. 9(April), 80–91.
World Health Organization. (2019). World Health Organization Gender and Healt. https://www.who.int/health-topics/gender#tab=tab_1%0A
Wulandari, Y., Dwi Sartika, E., & Perawati, P. (2018). Strategi Kepala Sekolah Perempuan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 3(1), 126–136. https://doi.org/10.31851/jmksp.v3i1.1584
Yulianti, R., Putra, D. D., & Takanjanji, P. D. (2018). Women Leadership: Telaah Kapasitas Perempuan Sebagai Pemimpin. Madani- Jurnal Politik Dan Sosial Kemasyarakatan, 10(2), 1689–1699.
Yusnita, R., & Aslami, N. (2022). (Hakimi, 2020:17). Sinomika Journal | Volume, 1(2), 127–136. https://publish.ojs-indonesia.com/index.php/SINOMIKA
Zakiah, S. (2018). Kepemimpinan Perempuan Pada Madrasah Aliyah Di Kabupaten Bone. Al-MAIYYAH : Media Transformasi Gender Dalam Paradigma Sosial Keagamaan, 11(1), 30–64. https://doi.org/10.35905/almaiyyah.v11i1.543
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.