Manajemen Etno STEAM Bagi Suku Amarasi dalam Pegelolahan Warna Kain Tenun Ikat Sebagai Dasar Pendidikan Karakter
Abstract
Keywords: Ethno STEAM, Local Wisdom, Character Education
Abstrak: Penelitian ini difokuskan pada pada manajemen etno STEAM pada pengolahan kain tenun ikat Amarasi NTT dan nilai pendidikan karakter bagi masyarakat Amarasi. Masalah dalam penelitian ini adalah 1). Bagaimana manajemen etno STEAM dalam proses pengolahan kain tenun ikat Amarasi ? 2). Bagaimana nilai pendidikan karakter bagi masyarakat dari proses pengolahan kain tenun ikat Amarasi ?. Jenis penelitian pada penelitian ini, yaitu deskriptif kualitatif. Penelitian ini akan menggambarkan, menguraikan, menjelaskan dan menerangkan dalam bentuk kata dan kalimat mengenai konsep STEAM pada suku Amarasi dalam pembuatan Kain Tenun Ikat oleh beberapa kelompok pengrajin di kelurahan Teunbaun Kecamatan Amarasi Kabupaten Kupang, NTT. Sampel penelitian ini adalah 3 (tiga) kelompok pengrajin tenun ikat Amarasi di Kecamatan Amarasi Kabupaten Kupang Nusa Tenggara Timur. Hasil penelitian ini adalah 1). Proses pengelolaan kain tenun ikat menerapkan konsep STEAM yaitu Konsep Sains sudah digunakan oleh suku Amarasi dalam pembuatan kain tenun ikat. Konsep Teknologi yang dikembangkan oleh perajin tenun untuk suku Amarasi yaitu: roki ana roki ko’u untuk mengurai benang dan untuk menenun. Konsep Engineering, bagi suku Amarasi yaitu rekayasa dalam pemintalan dan pewarnaan benang dan rekayasa alat-alat yang digunakan dalam aktivitas menenun terbagi
menjadi tiga yaitu moleng untuk memintal benang, roki ana untuk mengikat benang (membuat motif) dan juga roki ko’u untuk mengurai benang dan untuk menenun. Konsep seni dalam ragam hias gemetris, ragam hias flora dan ragam hias fauna. Konsep Ilmu matematika yang diterapkan
dalam suku Amarasi yaitu menghitung banyaknya pintalan benang, jumlah lidi, membuat gulungan benang, menghitung banyaknya helai benang pada proses ikat benang untuk membentuk motif yang diinginkan. 2). Pendidikan karakter dari proses pengolahan kain tenun ikat yaitu; nilai dalam kehidupan, nilai pengetahuan, keterampilan sosial, dan pembentukan identitas.
Keywords: Etno STEAM, Kearifan Lokal, Pendidikan Karakter
Full Text:
UntitledReferences
Agus Supian (2021) Model Pendidikan Karakter Di Masyarakat. Jurnal Pendidikan Agama Islam. Volume 6, Nomor 1, Januari - Juni 2021
Ainur Rosyida, Didik Achadi W. 2014. Pemanfaatan Daun Jati Muda Untuk Pewarnaan Kain Kapas Pada Suhu Kamar. Jurnal Arena Tekstil Vol. 29 No. 2, Desember 2014: 115-124
Aizat Khairi dkk (2018). The Projection of Malay Cultural Identity through Batik Application in the Development of the Fibreglass Boat at Universiti Kuala Lumpur Malaysian Institute of Marine Engineering Technology (UniKL MIMET), Lumut, Perak. Wacana Seni. ISSN: 1675-3410 | eISSN: 2180-4311 https://ejournal.usm.my/wacanaseni/article/view/ws-vol17-2018-7
Cassie F. Quigley, Danielle Herro (2019. An Educator’s Guide to STEAM, Engaging Students Using Real-World Problems
Direktorat SMP. 2023. Pengolahan Kain tenun Sumba dengan pewarna alami.Pengelola Direktorat SMP https://ditsmp.kemdikbud.go.id/ -pewarna-alami/
Dönmez, İ (2023). Breaking Gender Stereotypes: How Interacting With Stem Professionals Changed Female Students' Perceptions. Journal of Baltic Science Education. https://oaji.net/articles/2023/987-1702728638.pdf
Fanika Noor (2023) Kajian Etno-STEAM pada Potensi Lokal Kriya Ukir Jepara sebagai Sumber Pembelajaran IPA SMP/MTs. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS. http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10886
Fikrina dkk.(2023) Pengembangan E-Modul Kimia Larutan Terintegrasi Etno- STEAM Bahan Kajian Batik Pekalongan. Jurnal Chemistry in Education 12 (1) (2023) file:///C:/Users/asusv/Downloads/59507-Article%20Text-198721-1-10-20230428.pdf
Emilia Juliyanti Bria dkk (2023). Etnobotani pewarna alami kain tenun futus Suku Dawan di Kabupaten Timor Tengah Utara. Jurnal Biologi Udayana https://doi.org/10.24843/JBIOUNUD.2023.v27.i01.p10
Emma Yenko (2023), Careers For STEAM Majors, From STEM to STEAM. Publikasi online
Gonzales, H. B. and Kuenzi, J. F. 2012. Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Education: A Primer. Prosiding Congressional
Guru Inovatif (2023). Membangun Fondasi Moral dan Etika untuk Masyarakat yang Lebih Baik. Diterbitkan 25 Mei 2023. Dunia Pendidikan
Harahap Muhammad Syahril dkk(2021) Efektivitas Pendekatan Pembelajaran Science Technology Engineering Art Mathematic (STEAM) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Volume 10, No. 2, 2021, 1053-1062. DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3633
Henriksen, D. (2014) . Full STEAM Ahead: Creativity in Excellent STEAM Teaching Practices. The STEAM Journal, Volume 1 Issues 2, hlm. 1-9
Haryanto dkk. (2024) Development of project-based learning model based on ethno- steam to improve numeracy literacy skills Jurnal inovasi kurikulum UPI https://doi.org/10.17509/jik.v21i1.63400
Kefi Yohana Patricia Talan dkk (2021). Eksplorasi Etnomatematika Dalam Aktivitas Menenun Di Kecamatan Amarasi Barat Dan Integrasinya Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Timor, 03 September 2021 ISBN: 978-623-91832-1-9(PDF)
Luo, T, Zhao, J, So, WWM, Zhan, W (2024). STUDENTS' REFLECTIONS ON THEIR SCIENTIST- OR ENGINEER-LIKE PRACTICES IN STEM PROJECT-BASED LEARNING. Journal of Baltic Science Education https://oaji.net/articles/2023/987- 1709892627.pdf
Ma, K, Hui, B-H (2023) A BIBLIOMETRIC ANALYSIS OF LITERATURE ON ATTITUDES IN STEM EDUCATION IN 2008-2022 Journal of Baltic Science Education https://oaji.net/articles/2023/987-1702728991.pdf
Melynia Ariningtyas Prabawati(2023) Literature Review : Pembelajaran IPA Bermuatan Etno-STEAM sebagai Upaya Pemberdayaan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kurikulum Merdeka.SNPS Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains) 2023.
Nurhasnah dkk (2022) Etno-Stem Dalam Pembelajaran IPA : A Systematic Literature Review Jurnal Teknologi Pembelajaran- Kwangsan. Vol: 10/02 Desember 2022. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v10n2.p147--163
Nurtini dkk(2023) Penerapan Pendekatan Etno Stem Pada Materi Koloid Untuk Mengembangkan Keterampilan Psikomotorik. Artikel mahasiswa
National Research Council (NRC). (2010). Successful K-12 STEAM Education Identifying Effective Approaches in Science, Technology, Engineering, and Mathematics. Washington,D.C: The National Academies Press.
Pingge Heronimus Delu 2022. Kearifan Lokal Dan Penerapannya Di Sekolah. Jurnal Edukasi Sumba. Vol 1 no 2 tahun 20217.
Qorry Adilla Fikrina (2022) Pengembangan E-Modul Kimia Larutan Terintegrasi Etno-STEAM Bahan Kajian zBatikPekalongan. SEMNASPENDIPA https://doi.org/10.26858/semnaspendipa.v2i0.40636
Rosdeen Suboh. 2023. Teater tradisional mendu dan bangsawan di Asia Tenggara: Hubung kait sejarah dan elemen persembahan. Wacana Seni Journal of Arts Discourse 22: 34–50 https://doi.org/10.21315/ws2023.22.3
Sartika ((2021). Pembelajaran IPA Efektif Lewat ETNO-STEAM. Umsida.ac.id. https://umsida.ac.id/berikan-pembelajaran-ipa-efektif-lewat-etno-steam/
Syarifa Wahidah Al Idrus (2022). Implementasi STEM Terintegrasi Etnosains (Etno- STEM) di Indonesia: Tinjauan Meta Analisis Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan Volume 7, Nomor 4, Desember 2022 file:///C:/Users/asusv/Downloads/879-Article%20Text-4605-1-10-20221222.pdf
Sudarmin, S. et al. 2020. Scientific reconstruction of indigenous knowledge of batik natural dyes using ethno-STEM approach. Journal of Physics: Conference Series. 1567(4). doi:10.1088/1742- 6596/1567/4/042046
Tangi Hironimus (2023) Etno - Stem Dan Implementasi Dalam Pembelajaran Kurikulum Merdeka Di Sekolah Menengah. Seminar Panca Windu Unwira Kupang.
Wulandari, Ria and Atun, Sri (2023) Model Pembelajaran Sains Menggunakan Etno-STEAM Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Kolaboratif dan Sikap Terhadap Sains. S3 thesis, Program Pascasarjana. https://eprints.uny.ac.id/81364/
W. S., Dominikus, “Etnomatematika Adonara”, Malang: Media Nusa Creative, 2018.
Zenius (2022) 4 Tahap Penerapan Pembelajaran STEAM – Zenius untuk Guru https://www.zenius.net/blog/pembelajaran-steam
Yandri (2022) Pendidikan Karakter : Peranan Dalam Menciptakan Peserta Didik yang Berkualitas. Direktorat pendidikan dasar 13 Oktober 2022
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.