Strategi Manajemen Kesiswaan dalam Mengatasi Degradasi Moral Melalui Program Pembinaan Siswa
Abstract
Keywords: student development, moral degradation, strategy
Abstrak: Penelitian ini di latar belakangi oleh maraknya kasus degradasi moral siswa di usia remaja yang ditandai dengan kemunculan kasus kenakalan remaja. Fenomena ini semakin mendorong lembaga pendidikan terutama sekolah untuk dapat memberikan pembinaan yang tepat agar permasalahan degradasi moral ini dapat segera tertangani. Adapun salah satu strategi yang dapat menjadi alternatif dalam menangani kasus degradasi moral di sekolah yakni melalui pembinaan kesiswaan. Hal inilah yang dilakukan oleh Waka Kesiswaan di SMP Negeri 2 Tenggarong Seberang dalam menangani permasalahan degradasi moral yang terjadi di kalangan para siswa. Berdasarkan pada latar belakang inilah, penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan memaparkan penjelasan terkait strategi pembinaan kesiswaan di SMP Negeri 2 Tenggarong Seberang. Jenis penelitian yang digunakan peneliti yakni studi kasus dengan pendekatan penelitian kualitatif. Data dari penelitian ini dikumpulkan melalui teknik pengumpulan data secara observasi non partisipan, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul dilakukan analisis menggunakan teknik analisis model Miles, Huberman, dan Saldana. Teknik ini meliputi tahap kondensasi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data menggukan teknik triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan hasil
bahwa strategi pembinaan kesiswaan dalam mengatasi degradasi moral di SMP Negeri 2 Tenggarong Seberang dilakukan melalui tiga strategi pembinaan, yakni; (1) pembinaan kesiswaan secara akademik yang mana meliputi pembinaan prestasi akademik, seni, dan olahraga, pembinaan sastra dan budaya, serta pembinaan TIK dan bahasa inggris; (2) pembinaan kesiswaan secara non akademik yang meliputi pembinaan kreativitas dan kewirausahaan, serta pembinaan kesehatan jasmani; (3) pembinaan kesiswaan secara sikap dan spiritual yang meliputi pembinaan pembinaan akhlak, pembinaan kepribadian, serta pembinaan demokrasi dan toleransi.
Kata kunci: pembinaan kesiswaan, degradasi moral, strategi
Full Text:
PDFReferences
Arifin, M. 2003. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Armayani, H. 2021. Pengaruh Layanan Konseling Individual Untuk Mengatasi Siswa Yang Mengalami Kesulitan Belajar di Kelas XI Mas Pab 4 Klumpang T.A 2020/2021. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU], 1(4), 1–11. (https://jurnalmahasiswa.umsu.ac.id/index.php/jimedu/article/view/914)
Arrahmania, A., & Rifma, R. 2023. Pembinaan Kesiswaan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Payakumbuh. Journal of Educational Administration and Leadership, 3(3), 179–185. (https://doi.org/10.24036/jeal.v3i3.288)
Ayub, M., & Sulaeman, S. F. 2022. Dampak Sosial Media Terhadap Interaksi Sosial Pada Remaja: Kajian Sistematik. Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling, 7(1), 21–32.
Azizah, E. 2020. Efektivitas Bimbingan Klasikal Terhadap Perkembangan Moral Murid. Bayan Lin-Naas : Jurnal Dakwah Islam, 4(1), 15. (https://doi.org/10.28944/bayanlin-naas.v4i1.462)
Azzopardi, P. S, dkk. 2019. Progress in Adolescent Health and Wellbeing: Tacking 12 Headline Indicators for 195 Countries and Territoies 1990-2016. Lancet, 393(10176), 1101–1118.
Cholky, Z., Hamid, A., & Yulita, A. R. 2023. Implementasi Manajemen Bimbingan Konseling Dalam Meningkatkan Kepribadian Siswa di MTs Nurul Hasan. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 11059–11066. (http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/1698)
Dermawan, H., dkk. 2023. Gerakan Literasi Sekolah Sebagai Solusi Peningkatan Minat Baca Pada Anak Sekolah Dasar. Edusaintek : Jurnal Pendidikan Sains Dan Tekhnologi, 10(1), 311–328. (https://doi.org/https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i1.723)
Faridah, F., dkk. 2021. Pembinaan Akhlak Remaja Melalui Komunikasi Interpesonal dalam Keluarga (Analisis Sugesti dalam Hypnoparenting). Retorika : Jurnal Kajian Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 3(2), 126–136. (https://doi.org/10.47435/retorika.v3i1.713)
Fatmawati, N. 2024. Hasil Wawancara Guru Bimbingan dan Konseling SMP Negeri 2 Tenggarong Seberang. Separi III pada 3 Mei 2024.
Febrian, V. R. 2023. Manajemen Peserta Didik dalam Meningkatkan Prestasi Siswa di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 69–80.
Hantoro, R. R. 2021. Budaya Sekolah Dan Pembinaan Akhlak Siswa Smp Al-Kautsar Tanjungpinang. Tanjak: Journal of Education and Teaching, 2(1), 45–54. (https://doi.org/10.35961/tanjak.v2i1.238)
Harahap, D. 2020. Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Menangani Kenakalan Siswa. Al-Irsyad: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 2(1), h.151-164. (http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/Irsyad/article/view/2729)
Hasan, M., Harahap, dkk. 2022. Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: Penerbit Tahta Media Group.
Hendrawati, S., Rosidin, U., & Astiani, S. 2020. Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Siswa/siswi di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN). Jurnal Perawat Indonesia, 4(1), 295–307. (https://doi.org/10.32584/jpi.v4i1.454)
Hita, I. P. A. D., Kushartanti, B. M. W., & Nanda, F. A. 2020. Physical Activity, Nutritional Status, Basal Metabolic Rate, and Total Energy Expenditure of Indonesia Migrant Workers during Covid-19 Pandemic. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 5(2), 122–128. (https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jpjo.v5i2.26791)
Jannah, M. 2019. Peranan Guru dalam Pembinaan Akhlak Mulia Peserta Didik (Studi Kasus di Mis Darul Ulum, Madin Sulamul Ulum dan TPA Az-Zahra Desa Papuyuan). Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 3(2), 137–165.
Jayanti, S. N., dkk. 2021. Micro, Small and Medium Enterprises’ Defense among Pandemic Covid-19. International Journal of Advances in Engineering and Management (IJAEM), 5(3), 1318–1326.
Julia, & Aryati, S. 2021. Kegiatan Pagelaran Seni di SMP Negeri 5 Lhokseumawe. Cross Border, 4(1), 600–607.
Jumriani, Ma’ruf, M. W., & Khalik, M. F. 2023. Manajemen Pembinaan Kesiswaan dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di MTs Assalam Kabupaten Takalar. Referensi: Kajian Manajemen Dan Pendidikan, 1(2), 1–11.
Kaharuddin. 2020. Penerapan Bimbingan Belajar Untuk MeningkatkanPrestasi Belajar Bagi Siswa Yang Mengalami KesulitanBelajar Siswa Kelas VII 2 SMP Negeri 2 Bantaeng. JKIP: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 9(1), 21–25.
Khudriyah. 2021. Metodologi Penelitian dan Statistik Pendidikan. Malang: Madani
KPAI. 2020. Sejumlah Kasus Bullying Sudah Warnai Catatan Masalah Anak di Awal 2020, Begini Kata Komisioner KPAI.
KPAI. 2021. Bank Data Perlindungan Anak. KPAI (Komisi Perlindungan Anak Indonesia).
KPAI. 2022. Bank Data Perlindungan Anak. KPAI (Komisi Perlindungan Anak Indonesia).
Kurniawan, M. B. 2024. Siswa SMP di Balikpapan Dikeroyok 5 Teman Kelas. Detiksulsel.
Kurniawan, M. W., & Kusumawardhana, A. S. 2020. Strategi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Menumbuhkan Sikap Demokratis Siswa. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 7(1), 7–16. (https://doi.org/10.36706/jbti.v7i1.10862)
Kurniawansyah, E., & Rodiatun, I. F. 2022. Nilai-Nilai Yang Terkandung dalam Kegiatan Pekan Sabtu Budaya di SMA Negeri 1 Keruak. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(2), 290–294.
Laila, E. N. 2021. Manajemen Kesiswaan Dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Dan Non Akademik Di Ma Darul Huda Ponorogo. Skripsi Terpublikasi. Ponorogo: IAIN Ponorogo. (https://etheses.iainponorogo.ac.id/17574/)
Lestari, E., & Kamhar, M. Y. 2020. Pelatihan Penulisan Karya Sastra sebagai Wujud Pengembangan Bahasa dan Budaya Indonesia. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 3(1), 381–386.
Lestari, I., & Pratama, M. H. 2020. Pemanfaatan TIK Sebagai Media Pembelajaran dan Sumber Belajar oleh Guru TIK. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 4(2), 95–102. (https://doi.org/10.29408/edumatic.v4i2.2634)
Lia, S. 2022. Pendidikan Kerakter Untuk Mengatasi Degradasi Moral Komunikasi Keluarga. Ensiklopedia of Journal, 4(1), 143–149. (https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/autism-spectrum-disorders)
Listari, L. 2021. Dekadensi Moral Remaja (Upaya Pembinaan Moral Oleh Keluarga Dan Sekolah). J-PSH: Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 12(1), 7–12.
Lubis, R., Manurung, P., & Siregar, S. A. A. 2024. Peranan Guru Bimbingan Konseling Pendidikan Islam dalam Pembinaan Akhlak Siswa di MTS Swasta Al-Jihad Medan. Lokakarya: Journal Research and Education Studies, 3(1), 141–150.
Ma’rifah, Mulyanto, & Isfarudi. 2021. Hubungan Penguasaan Teknologi Informasi dan KomunikasiGuru dan Kemampuan Manajemen Kelas Guru dengan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6272–6285.
Ma’rufah, N., Rahmat, H. K., & Widana, I. D. K. K. 2020. Degradasi Moral Sebagai Dampak Kejahatan Siber Pada Generasi Millenial di Indonesia. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 7(1), 191–201.
Melati, E., Kurniawan, M., dkk. 2023. Pengaruh Metode Pengajaran Berbasis Teknologi Terhadap Kemampuan Berbicara Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sekolah Menengah. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 14–20.
Ngaba, A. L., & Taunu, E. S. H. 2020. Peranan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dalam Pembentukan Karakter Siswa SMA Negeri 1 Kambera. Satya Widya, 36(2), 125–132.
Nisa, C., Wulandari, T., dkk. 2023. Penerapan Layanan Bimbingan Belajar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Edukasi Non Formal, 1(1), 424–434.
Pratama, A. Y. 2022. Manajemen Kesiswaan dalam Pengembangan Keccerdasan Intelektual-Emosional Peserta Didik. Skripsi Terpublikasi. Jember: UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. (http://digilib.uinkhas.ac.id/8913/)
Rahmawati, H. K., dkk. 2022. Psikologi Perkembangan. Bandung: Widina Bhakti Persada.
Ranem. (2024). Hasil Wawancara Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Tenggarong Seberang. Separi III pada 7 Mei 2024.
Rescy, R. T., Yulifri, Y., Jonni, J., & Handayani, S. G. 2022. Pengaruh Latihan Senam Kebugaran Jasmani (SKJ) 2012 Terhadap Tingkat Kebugaran Siswa SMP Negeri 26 Bengkulu Selatan. JPDO: Jurnal Pendidikan Dan Olahraga, 5(10), 127–134. (http://jpdo.ppj.unp.ac.id/index.php/jpdo/article/view/1054%0Ahttp://jpdo.ppj.unp.ac.id/index.php/jpdo/article/download/1054/538)
Revalina, A., Moeis, I., & Indrawadi, J. 2023. Degradasi Moral Siswa Dalam Penerapan Nilai-Nilai Pancasila Ditinjau Dari Makna Dan Hakikat Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, 14(2017), 53–62.
Rizki Ramdani, Dinie Anggraeni Dewi, Y. F. F. 2021. Implementasi Nilai-Nilai Demokrasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Dewantara, 5(3), 9034–9038. /article/view/102%0Ahttps://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.ph p/dewantara/article/download/102/66)
Rufaidah, E. 2020. Strategi Kreativitas dan Inovasi Wirausaha di Era Revolusi 4.0 : Kajian Empiris & Tinjauan Pustaka. Bandung: Alfabeta.
Sari, B., & Ambaryani, S. E. 2021. Pembinaan Akhlak pada Remaja. Bogor: Guepedia.
Sasmito, S. 2021. Optimalisasi Kegiatan Ekstrakurikuler: Sebuah Praktik Baik. Indonesian Journal of Educational Development, 2(3), 524–533. (https://doi.org/10.5281/zenodo.5681650)
Silaban, R. E., Zamili, U., & Herlina, E. S. 2024. Pengaruh Senam Direct Intruction terhadap Pengembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun di TK Cerdas Ceria Tapian Nauli Kecamatan Sipoholon. Khirani: Jurnal Pendidikan Anak Usia DIni, 2(2), 13–23.
Sukirman. 2021. Karya Sastra Media Pendidikan Karakterbagi Peserta Didik. Jurnal Konsepsi, 10(1), 17–27.
Susilawati, S. 2020. Pembelajaran Moral dan Desain Pembelajaran Moral. Yogyakarta: Pustaka Egaliter.
Suwendri, N. M., & Sukiani, N. K. 2020. Penyimpanganan Perilaku Remaja di Perkotaan. Kulturistik: Jurnal Bahasa Dan Budaya, 4(2), 51–59.
Wahyudin, W., Sitika, A. J., & Fauziah, D. N. 2022. Peran Guru dalam Pembinaan Akhlak Siswa di SMP Al-Isra Kecamatan Majalaya Kabupaten Karawang. As-Sabiqun, 4(3), 682–694. (https://doi.org/10.36088/assabiqun.v4i3.1987)
Widiyastuti, R. 2019. Kebaikan Akhlak dan Budi Pekerti. Semarang: Alprin.
Yatupan. 2024. Hasil Wawancara Waka Kesiswaan SMP Negeri 2 Tenggarong Seberang. Separi III pada 6 Mei 2024.
Yenedi, Y., Rifma, Sabandi, A., & Adi, N. 2022. Pembinaan Kesiswaan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Padang. Journal of Educational Administration and Leadership, 2(4), 354–358. (https://doi.org/10.24036/Jeal.v2i3.This)
Yuniardi, A. 2023. Implementasi P5 dengan Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Kedisiplinan Peserta Didik Pada PKBM. Confrence of Elementary Studies, 41–45.
Zakaria, I. 2023. Kenakalan Remaja, Tidak Bisa Menghilangkan Hak Pendidikan. Prokal: Portal Berita Kalimantan. (https://www.prokal.co/kalimantan-timur/1773948392/kenakalan-remaja-tidak-bisa-menghilangkan-hak-pendidikan).
Zhuravlov, D., dkk. 2021. The Impact of the Public Debt of a Country on the Sustainable Development of Entrepreneurship. Entrepreneurship and Sustainability Issues, 8(4), 654–667. (https://doi.org/doi:10.9770/jesi.2021.8.4(40)
Zulhamri. 2023. Kenakalan Remaja Jadi Keluhan Warga Sangatta, Obat Batuk dan Lem Disalahgunakan. Koran Kaltim.( https://korankaltim.com/read/kutai-timur/61514/kenakalan-remaja-jadi-keluhan-warga-sangatta-obat-batuk-dan-lem-disalahgunakan).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.