Efektivitas Program Indonesia Pintar dalam Mengatasi Kesenjangan Biaya Pendidikan

Sirda Eldita, Umanto Umanto

Abstract


Abstract: The Indonesia Smart Program (Program Indonesia Pintar/PIP) is a government initiative aimed at enhancing educational accessibility for children from economically vulnerable families. This study aims to analyze the effectiveness of PIP in reducing the personal education cost burden of students from poor and near-poor families at both primary and secondary education levels. Using a post-positivist approach, this research employs primary data obtained through interviews with representatives from the Educational Financing Service Center (Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan/Puslapdik) and student beneficiaries of PIP, as well as secondary data from official government documents related to the program. The findings indicate that PIP has successfully reached over 18 million students annually, with fund disbursement exceeding the targeted allocation. However, the financial assistance provided only covers approximately 23% to 25% of the students' actual educational needs. This reveals a mismatch between the aid amount and the students’ real requirements in the field. Further analysis highlights that the inadequacy of the financial support received, accessibility challenges in remote areas, and weak oversight of fund utilization constitute major challenges affecting the program’s sustainability. Additionally, while data show an increase in the net enrollment rate (Angka Partisipasi Murni/APM) among the bottom 40% income group, the insufficient amount of financial assistance relative to students’ actual needs hinders the program's effectiveness. The study also reveals geographic disparities in aid accessibility, driven by infrastructure limitations and restricted banking access in remote areas. Although PIP has proven effective in supporting educational access, optimizing its impact requires periodic adjustments to the assistance amount, an improved monitoring system, and enhanced distribution mechanisms to ensure a more significant impact in the future.
Keywords: effectiveness, educational costs, smart indonesia program

Abstrak: Program Indonesia Pintar (PIP) merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan aksesibilitas pendidikan bagi anak-anak dari keluarga yang rentan secara ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas PIP dalam mengurangi beban biaya personal pendidikan peserta didik dari keluarga miskin dan rentan miskin di jenjang pendidikan dasar dan jenjang pendidikan menengah. Dengan menggunakan pendekatan post-positivist, penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh melalui wawancara dengan perwakilan Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) dan peserta didik penerima manfaat PIP, serta data sekunder dari dokumen resmi pemerintah berkaitan dengan Program Indonesia Pintar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PIP telah berhasil menjangkau lebih dari 18 juta peserta didik setiap tahunnya, dengan realisasi penyaluran dana melebihi target yang ditetapkan. Namun, besaran dana bantuan yang diberikan hanya mampu memenuhi 23% hingga 25% dari kebutuhan rill pendidikan peserta didik. Hal ini menunjukkan adanya ketidaksesuaian dengan kebutuhan aktual peserta didik dilapangan. Analisis lebih lanjut juga mengungkapkan bahwa ketidakcukupan besaran bantuan yang diterima, kendala akses di daerah terpencil, serta lemahnya pengawasan penggunaan dana menjadi tantangan utama program ini yang mempengaruhi keberlanjutan program. Selain itu, meskipun data menunjukkan adanya peningkatan angka partisipasi murni (APM) pada kelompok 40% pendapatan terbawah, besaran dana yang tidak sebanding dengan kebutuhan riil peserta didik dinilai menghambat efektivitas program. Temuan penelitian juga menunjukkan adanya disparitas geografis dalam aksesibilitas bantuan, yang disebabkan oleh keterbatasan infrastruktur dan akses perbankan di daerah terpencil. Meskipun PIP efektif dalam mendukung akses pendidikan, namun untuk meningkatkan efektivitas program secara optimal, maka diperlukan adanya penyesuaian besaran bantuan secara berkala, sistem pengawasan, dan mekanisme penyaluran agar program ini dapat memberikan dampak yang lebih signifikan di masa mendatang.
Kata kunci: efektivitas; biaya pendidikan; program indonesia pintar

Full Text:

PDF

References


Ahmad. (2018). Kinerja Program Indonesia Pintar Melalui Kartu Indonesia Pintar (Survei Pada 6 Provinsi di Indonesia). Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 19, 523–542.

Albrecht, D. (1993). Student loans : an effective instrument for cost recovery in higher education? World Bank Research Observer, 8, 71–90. https://doi.org/10.1093/WBRO/8.1.71

Amin, C., Zamzam, I., Reviane, I. T. A., Duko, F., Hasnin, M., Muhammad, N. I., Hartarto, R. B., & Anwar, C. J. (2024). Social assistance performance on local economic development: evidence from island regions in East Indonesia. Jurnal Ekonomi & Studi Pembangunan, 25(1), 97–109. https://doi.org/10.18196/jesp.v25i1.20988

Atasayar, M., Girgin, N., Süler, K., Eyvaz, M., Dağal Girgin, U., & Şahin, A. (2024). Perception of School Dropout with the Perspective of School Administrators. Turkish Journal of Applied Social Work. https://doi.org/10.54467/trjasw.1383239.

Badan Pusat Statistik. (2020, 7 Februari). Angka Partisipasi Murni (APM) (40% Ke Bawah), Menurut Daerah Tempat Tinggal (Persen), 2018-2019. Diakses pada 13 Desember 2024, dari https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/MTU3OSMy/angka-partisipasi-murni--apm---40--ke-bawah---menurut-daerah-tempat-tinggal.html

Badan Pusat Statistik. (2024, 15 Februari). Angka Partisipasi Murni (APM) dan Angka Partisipasi Kasar (APK) Menurut Jenjang Pendidikan. Diakses pada 13 Desember 2024, dari https://www.bps.go.id/id/statistics-table/3/U1doQlVFVlBkVmh3TjBkVFJFWldNa3hDV TNSelp6MDkjMw==/angka-partisipasi-murni-apm-dan-angka-partisipasi-kasar-apk-menurut-jenjang-pendidikan.html?year=2022

Bettinger, E., Long, B., Oreopoulos, P., & Sanbonmatsu, L. (2012). The Role of Application Assistance and Information in College Decisions: Results from the H&R Block FAFSA Experiment*. Quarterly Journal of Economics, 127, 1205–1242. https://doi.org/10.1093/QJE/QJS017

Bhatt, R. M., & Garge, D. (2023). Efficiency in Emergency: A Perception Study of Hierarchical Versus Flat Organizational Structures for Joint Disaster Response in the Bay of Bengal Region. Strategic Analysis, 47(1), 61–78. https://doi.org/10.1080/09700161.2023.2183580

Binti, S., Canon, S., Hasiru, R., Hinelo, R., & Mahmud, M. (2023). Pengaruh Pemanfaatan Program Indonesia Pintar (PIP) Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Journal of Economic and Business Education, 1(3), 59–69. https://doi.org/10.37479/jebe.v1i3.21671

Chen, C. (2023). Policy responsiveness and media attention. Policy & Politics, 51(3), 602–625. https://doi.org/10.1332/030557321X16841402132985

Cicuéndez Santamaría, R. (2021). Opinión pública y políticas públicas: la sensibilidad de los ciudadanos y la receptividad de los gobiernos en España. Revista Del CLAD Reforma y Democracia, 80, 109–148. https://doi.org/10.69733/clad.ryd.n80.a260

Damanik, Y. T., & Marom, A. (2016). Evaluasi Kebijakan Penanggulangan Kemiskinan Melalui Program Pelatihan Keterampilan Di Kelurahan Mangunharjo Kecamatan Tembalang Kota Semarang. Journal of Public Policy and Management Review, 5(3), 221–232. https://doi.org/10.14710/jppmr.v5i3.12486

Della Aprilia Kartika Putri, Nanda Aulia Rahmawati, & Rahayu Rahmawati. (2023). Analisis Konflik Dan Dampak Keterbelakangan Dalam Akses Jaringan Internet Dan Listrik Di Desa Terate Yang Terikat Dengan PTPN XII Kotta Blater. Jurnal Insan Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 1(4), 260–271. https://doi.org/10.59581/jipsoshum-widyakarya.v1i4.1773

Diani Winarto, N., Siti Nurjanah, & Aditya Pratama. (2024). The Effect of Economic Gini Ratio, Lecturer Ratio, and Number of Universities Ratio on the Gross Enrollment Rate (Ger) of Higher Education at Indonesia in 2020–2022. International Journal of Applied and Advanced Multidisciplinary Research, 2(3), 185–200. https://doi.org/10.59890/ijaamr.v2i3.1548

Dimmera, B., & Purnasari, P. (2020). Permasalahan Dan Solusi Program Indonesia Pintar Dalam Mewujudkan Pemerataan Pendidikan Di Kabupaten Bengkayang. Sebatik, 24. https://doi.org/10.46984/sebatik.v24i2.1137

Dunn, W. N. (2018). Public policy analysis: an integrated approach (Sixth Edition). Routledge, Taylor & Francis Group.

Firmansyah, A. D., & Solikin, A. (2019). Who Gains From Social Assistances? Rastra, Pip, And Pkh Programs In Indonesia. Jurnal BPPK : Badan Pendidikan Dan Pelatihan Keuangan, 12(1), 53–70. https://doi.org/10.48108/jurnalbppk.v12i1.372

Gultom, F. E. (2020). The Role Of Internet In Learning. BAHAS, 30(4). https://doi.org/10.24114/bhs.v30i4.18573

Gutama, A. S., Fedryansyah, M., & Nuriyah, E. (2022). Implementasi Program Kartu Indonesia Pintar (Kip) Berdasarkan Basis Nilai Keadilan Dalam Kebijakan Sosial. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM), 2(3), 389. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i3.35872

Hamdi, S., Setiawan, R., & Mursyadad. (2020). Evaluation of the implementation of Indonesia Pintar program in vocational school | Hamdi | Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpep/article/view/32603

Hamid, A., Rais, M. S., Rois, M. I., Salamun, S., Yonhendri, Y., Zulfan, A., & Oyong, L. (2023). Decision Support System for Program Indonesia Pintar Recipients Using the Fuzzy Multi-Criteria Decision-Making Method. Journal of Information System Exploration and Research, 1(2). https://doi.org/10.52465/joiser.v1i2.157

Haqiqi, N. M. Y. A., & Prabawati, I. (2019). Evaluasi Program Indonesia Pintar (Pip) Di Smp Negeri 1 Dawarblandong Kabupaten Mojokerto. Publika, 7(8). https://doi.org/10.26740/publika.v7n8.p%p

Harahap, D. A., Amanah, D., Gunarto, M., & Purwanto, P. (2021). The Decision Of Choosing A University: The Impact Of Education Costs. JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam). https://doi.org/10.33884/JIMUPB.V9I2.3712

Harun, T. (2021). Implementasi Program Indonesia Pintar Pada Smpn 3 Banjarbaru Kecamatan Cempaka Kota Banjarbaru. AS-SIYASAH: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 6(1), 19. https://doi.org/10.31602/as.v6i1.3858

Karningsih, K. (2021). Implementasi Program Indonesia Pintar Di Era Pandemi Covid-19. Public Service and Governance Journal, 2(02), 41. https://doi.org/10.56444/psgj.v2i02.2276

Kayah, K. (2021). Pengaruh Pemanfaatan Program Indonesia Pintar (Pip) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (Ppkn) Di Smk Pgri 2 Bojonegoro. EDUTAMA. https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE

Kemendikbudristek. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2020 Tentang Program Indonesia Pintar. Jakarta.

Kemendikbudristek. (2023). Persesjen Nomor 20 Tahun 2023 tentang Petunjuk Pelaksanaan Program Indonesia Pintar. Jakarta.

Kemendikbudristek. (2024). Persesjen Nomor 19 tahun 2024 tentang Petunjuk Pelaksanaan Program Indonesia Pintar. Jakarta.

Puslapdik. (2023). Laporan Kinerja Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Kemendikbudristek Tahun 2022. Jakarta.

Puslapdik. (2023). Progran Indonesia Pintar Pendidikan Dasar dan Menengah 2023. [Presentasi PowerPoint]. Rakor PIP Dikdas Region 7, Jakarta.

Kholillah, M., Furnamasari, Y., & Anggraeni Dewi, D. (2022). Peran Pendidikan Dalam Menghadapi Arus Globalisasi. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6, 515–518. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.2508

Kuspriyanto, M. (2024). Evaluasi Implementasi Kebijakan Program Indonesia Pintar Pada Sma Negeri 11 Seram Kabupaten Seram Bagian Timur Provinsi Maluku. MAP (Jurnal Manajemen Dan Administrasi Publik), 7(1), 62–68. https://doi.org/10.37504/map.v7i1.614

Liu, Y., & Gao, J. (2021). The Impact of Home Computer and Internet Device on Students’ Academic Performance in the Digital Age. https://doi.org/10.2991/assehr.k.211122.048

Liu, Y., Lee, H., & Berry, F. (2023). How and When Democratic Values Matter: Challenging the Effectiveness-Centric Framework in Program Evaluation. Public Performance & Management Review, 46(4), 820–845. https://doi.org/10.1080/15309576.2023.2184839

Meiynana, & Machdum, S. V. (2020). Potensi Pendukung Pelaksanaan Program Indonesia Pintar: Studi Kasus Di Kecamatan Babakan Kabupaten Cirebon. Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, 13(2), 139–154. https://doi.org/10.24832/jpkp.v13i2.381

Mukherjee, I., Coban, M. K., & Bali, A. S. (2021). Policy capacities and effective policy design: a review. Policy Sciences, 54(2), 243–268. https://doi.org/10.1007/s11077-021-09420-8

Mulyo Prayitno, & Mami Hajaroh. (2024). Analysis of Gross Enrollment Ratio, Net Enrollment Ratio, and School Enrollment Ratio Trends at the Elementary School Level. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 4(1), 18–36. https://doi.org/10.46229/elia.v4i1.809

Nadia Nadia, Fitri Kurnianingsih, & Ramadhani Setiawan. (2024). Implementasi Program Indonesia Pintar (PIP) Tingkat Sekolah Menengah Atas di Kota Tanjungpinang Tahun 2023. Jembatan Hukum : Kajian Ilmu Hukum, Sosial Dan Administrasi Negara, 1(3), 181–194. https://doi.org/10.62383/jembatan.v1i3.521

Nelly Khairani Daulay, Asep Toyib Hidayat, & Shelfia Shepty. (2023). Penentuan Program Indonesia Pintar (PIP) Pada Siswa Kurang Mampu dengan Metode Preference Selection Index (PSI) Berbasis Web. Bulletin of Computer Science Research, 4(1), 121–128. https://doi.org/10.47065/bulletincsr.v4i1.296

Noora, R. N. (2023). The Challenges Faced By Low-Income Families Due To The Increase Of Higher Price Of Learning Materials In Sri Lanka: A Research Based On Nintavur Ds Division. International Journal of Engineering Applied Sciences and Technology, 7(10), 37–41. https://doi.org/10.33564/IJEAST.2023.v07i10.005

Nugroho, H., Sunarto, K., Pattinasarany, I., Kusumadewi, L., Hardjana, S., Paat, J., Paat, L., Wisudo, B., Setiadi, A., Kristiyanti, E., Wardhani, M., Prasetyo, A., & Kurniawan, K. (2021). Kesenjangan dan Pendidikan di Indonesia. files/928/Sunarto et al. - 2021 - Kesenjangan dan Pendidikan di Indonesia.pdf

Nurhidayah, U., & Adiwati, M. R. (2025). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Pos Giro Cash PT Pos Indonesia KCU Surabaya 60000 pada Penyaluran Bantuan Pangan Tahap III. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(2), 1626–1630. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.7074

Ortina, G. (2023). Economic Efficiency of Public Administration in the Field of Digital Development. Economic Affairs, 68(3). https://doi.org/10.46852/0424-2513.3.2023.21

Pandey, B. (2022). Analysis of Economic Cost of Secondary Level Education in Nepal. Patan Prospective Journal. https://doi.org/10.3126/ppj.v2i2.52878

Perdana, N. S. (2019). Program Indonesia Pintar: Analisis Perhitungan Biaya Satuan Peserta Didik Dalam Upaya Peningkatan Akses Pendidikan. Simposium Nasional Ilmiah & Call for Paper Unindra (Simponi), 1(1). https://doi.org/10.30998/simponi.v1i1.406

Pratama, S. C., & Suprayogi, Y. (2024). Optimalisasi Program Indonesia Pintar (PIP) Dalam Upaya Peningkatan Kesetaraan Pendidikan Di Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(11), 799–811. https://doi.org/10.5281/zenodo.12927046

Rahmatin, U. Z., & Soejoto, A. (2017). Pengaruh Tingkat Kemiskinan Dan Jumlah Sekolah Terhadap Angka Partisipasi Sekolah (Aps) Di Kota Surabaya. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 1(2), 127–140. https://doi.org/10.26740/jpeka.v1n2.p127-140

Riq, E. A. A., & Yuniningsih, T. (2020). Implementasi Program Indonesia Pintar Sekolah Dasar Di Kecamatan Tembalang Kota Semarang. Journal of Public Policy and Management Review, 10(1), 240–251. https://doi.org/10.14710/jppmr.v10i1.29792

Safitri, N. A., Nurlatifah, N., Hakim, R. L., & Hidayat, A. (2021). Efektivitas Bantuan Program Indonesia Pintar (Pip) Terhadap Motivasi Di Madrasah Tsanawiyah (Mts) Putri Siti Hajar Bandung. JIEM (Journal of Islamic Education Management), 5(1), 1. https://doi.org/10.24235/jiem.v5i1.8892

Salsabila, H., Ninghardjanti, P., & Susilowati, T. (2023). Implementasi e-government di masa pandemi dalam pelayanan publik oleh Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sragen. JIKAP (Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran), 7(5), 406. https://doi.org/10.20961/jikap.v7i5.47081

Sholikhah, E. (2019). Pemanfaatan Dana Program Indonesia Pintar (Pip) Oleh Siswa Smpn 2 Gedangsari Kabupaten Gunungkidul. FOUNDASIA, 9(1). https://doi.org/10.21831/foundasia.v9i1.26160

Siddik, F., Agnes Yohana Silalahi, Indri E Y Napitupulu, Zahwa Alya Azzahra Nst, Putri Nurul Afifah Bangun, Hannah Selly Melinda Sagala, & Franklin Asido Rossevelt. (2022). Implementasi Kebijakan Kartu Indonesia Pintar Pada Jenjang Sekolah Dasar (Sd) Dalam Upaya Pemerataan Pendidikan Di Dinas Pendidikan Kota Medan. Histeria Jurnal: Ilmiah Soshum Dan Humaniora, 1(1), 43–52. https://doi.org/10.55904/histeria.v1i1.120

Syofyan, A., Irsadunas, I., & Anggraini, V. Y. (2022). Analisis Dampak Beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik di SMPN 2 Luhak Nan Duo Kab. Pasaman Barat. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 5(1), 596–612. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i1.586

Tatu Sius, K., Y Palan Peten, Y., Vemmilia Raju, K., L Kaha, H., & Nyong, F. (2024). Public Trust: Dampak Exclusion dan Inclusion Error Data Program Keluarga Harapan. Jurnal Ilmu Administrasi Negara ASIAN (Asosiasi Ilmuwan Administrasi Negara), 12(1), 116–125. https://doi.org/10.47828/jianaasian.v12i1.207

Wahyuni, E. S., Wicaksono, L., & Ulfah, M. (2024). Educational Financing Management in Improving the Quality of Education at MTS Walisongo Pontianak. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 10(1), 314. https://doi.org/10.58258/jime.v10i1.6654

Wang, Q. (2023). Factors Affecting the Rate of Child Dropout from Multiple Angles. Journal of Education, Humanities and Social Sciences. https://doi.org/10.54097/ehss.v12i.7619

Ye-yun, L. (2006). A Study on the Determination of the Cost of Personal Tuition in Regular Institutions of Higher Education. Education and Economy. https://www.semanticscholar.org/paper/A-Study-on-the-Determination-of-the-Cost-of-Tuition-Ye-yun/5cfd9aea3fa82f1dd471f57f069d9812f3f5f8a8?utm_source=consensus

Yuliwati, Y. (2022). Wajib Belajar 12 tahun dalam realita di wilayah Kabupaten Bogor. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 10(2), 110–118. https://doi.org/10.30738/wd.v10i2.14032

Yusup, W. B., Ismanto, B., & Wasitohadi, W. (2019). Evaluasi Program Indonesia Pintar dalam Peningkatan Akses Pendidikan di Sekolah Menengah Pertama. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1), 44–53. https://doi.org/10.24246/j.jk.2019.v6.i1.p44-53

Zakirin, M., & Arifin, J. (2022). Evaluasi Kebijakan Dilihat Dari Aspek Dampak Program Keluarga Harapan (Pkh) Di Desa Hayaping Kecamatan Awang Kabupaten Barito Timur. JAPB, 5(1), 256–271. https://jurnal.stiatabalong.ac.id/index.php/JAPB/article/view/599

Zamjani, I., Herlinawati, H., Perdana, N. S., Azizah, S. N., & Widiputera, F. (2020). Biaya satuan dan manajemen linimasa Program Indonesia Pintar (PIP). https://repositori.kemdikbud.go.id/22294/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

 

  

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.