Improving reading skills by using Tyler model with the help of Quizizz

Wafa Nurul Husna, Sofyan Sauri, Mohamad Zaka Al Farisi

Abstract


Based on the results of the documentary research, the average score of the fifth-graders at Madrasah Diniyah Al-Fadlilah on Arabic subject is still low (below the Minimum Criteria of Mastery Learning). The purpose of this research is to determine the impact of the implementation of MTBMQ (Tyler-Model-Based Quizziz Learning Media) or Tyler model along with Quizizz on students' reading skills in Arabic subject, as well as to find the issues and solutions in the implementation of MTBMQ. This research utilizes a one group pre-test post-test design. The data are collected through multiple choice tests, along with semi-open Likert Scale questionnaires. Due to the fact that the research data are normally distributed, the researchers decide to use parametric statistical tests. The results show that this implementation has a significant effect on the students' reading skills in Arabic subject. Furthermore, the test results of the paired sample t-test show a sig (2-tailed) value of 0.000 less than 0.025. It means that after implementing MTBMQ, students' score has increased. The result of the N-Gain test, namely 0.65, also shows that MTBMQ is efficient to be implemented to improve students’ reading skills, especially when the material is in the moderate category.  The results of the Likert Scale questionnaire show that the main hindrances in implementing the MTBMQ are that students experience problems when logging into the Quizizz web and submitting answers, having difficulty finding the meaning of a word in the dictionary, and a lack of interest in learning to read.

Meningkatkan keterampilan membaca dengan model Tyler berbantuan media Quizizz

Berdasarkan hasil studi dokumen, rerata hasil belajar siswa kelas V Madrasah Diniyah Al-Fadlilah pada mata pelajaran bahasa Arab masih di bawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan Model Tyler berbantuan media Quizizz (MTBMQ) terhadap hasil belajar siswa pada keterampilan membaca bahasa Arab serta untuk mengetahui kendala dan solusi penerapan MTBMQ. Penelitian ini menggunakan rancangan one group pretest posttest design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes pilihan ganda sebanyak sepuluh butir soal dan angket Skala Likert semi terbuka. Karena data pada penelitian ini berdistribusi normal, peneliti menggunakan uji statistik parametrik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan ini memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada keterampilan membaca bahasa Arab. Hasil uji paired sample t-test memliki nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 kurang dari 0,025 yang berarti hasil belajar siswa sesudah diberi perlakuan dengan penerapan MTBMQ mengalami peningkatan. Selain itu, hasil uji N-Gain sebesar 0,65 menunjukkan bahwa penerapan MTBMQ cukup efektif dalam pembelajaran membaca dengan kategori sedang. Hasil angket Skala Likert menunjukkan bahwa kendala utama dalam penerapan MTBMQ ini ialah siswa mengalami kendala ketika log in ke dalam web Quizizz serta submit jawaban, mengalami kesulitan mencari makna sebuah kata dalam kamus, dan kurangnya minat belajar membaca.


Full Text:

PDF

References


Ad-dalīmī, Ṭ. (2005). Al-lugah Al-‘Arabiyyah manāhajīhā wa tarāiq tadrīsihā. Dārul Syurūq Lilnasyri Wal Tawzī’.

Aini, Y. I. (2019). Pemanfaatan media pembelajaran Quizizz untuk pembelajaran jenjang pendidikan dasar dan menengah di Bengkulu. Kependidikan, 2(25), 1-6.

Alwi, M., & Fatmawati, F. (2018). Penerapan metode qira’ah dalam pembelajaran bahasa Arab siswa SMA Muhammadiyah Disamakan Makassar. Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(1), 35-46.

Andiwatir, A., & Khakim, A. (2019). Analisis perilaku menyontek dan rancangan perubahan perilaku pada siswa SMP. Intuisi: Jurnal Psikologi Ilmiah, 11(2), 88-97.

Arifin, Z. (2010). Model-model evaluasi program. Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidi-kan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia, 1-14.

Arifin, Z. (2014). Evaluasi pembelajaran: Prinsip, teknik, dan prosedur. PT Remaja Rosdakar-ya.

Arikunto, S. (2015). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Rhineka Cipta.

Arikunto, S. (2016). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Bumi Aksara.

Arikunto, S., & Jabar, C. S. (2019). Evaluasi program pendidikan: Pedoman teoritis praktis bagi praktis pendidikan. Bumi Aksara.

Arsyad, A. (2017). Media pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada.

Citra, C. A., & Rosy, B. (2020). Keefektifan penggunaan media pembelajaran berbasis game edukasi Quizizz terhadap hasil belajar teknologi perkantoran siswa kelas X SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 8(2), 261-272. doi: https://doi.org/10.26740/jpap.v8n2.p261-272

Daryanto. (2016). Media pembelajaran. Penerbit Gava Media.

Fahrurrozi, A. (2014). Pembelajaran bahasa Arab: Problematika dan solusinya. Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 161-180.

Fransisca, M., & Fadhlurrahman, M. B. (2021). Desain pengembangan kurikulum model Ralph Tyler pada pembelajaran Al-Qur'an Hadits di tingkat madrasah ibtidaiyah. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 26(2), 294-305.

Febrianingsih, D. (2021). Keterampilan membaca dalam pembelajaran bahasa Arab. Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 2(2), 2721-7078. doi: https://doi.org/10.2906/salimiya.v2i2.335

Fraenkel, R, J., & Wallen, N. E. (2015). How to design and evaluate. McGraw-Hill Higher Edu-cation.

Hake, R. R. (2002). Relationship of individual student normalized learning gains in mechanics with gender, high-school physics, and pretest scores on mathematics and spatial visualiza-tion. http://www.physics.indiana.edu/~hake

Hanifah, U. (2014). Pentingnya buku ajar yang berkualitas dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran bahasa Arab. Jurnal At-Tajdid, 3(1), 99-121.

Hautauruk, A., & Sidabutar, R. (2020). Kendala pembelajaran daring selama masa pandemi di kalangan mahasiswa pendidikan matematika: Kajian kualitatif deskriptif. Sepren: Journal of Mathematics Education and Applied, 2(1), 45-51.

Hidayat, T., Firdaus, E., & Somad, M. A. (2019). Model pengembangan kurikulum Tyler dan implikasinya dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 5(2), 197-218. doi: http://dx.doi.org/10.24014/potensia.v5i2.6698

Irsandi, A. (2021). Ṭarīqah qirā’atul kutub fī ta’alum mahāratul qirā’ah. [Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar].

Irwan, I., Luthfi, Z. F., & Waladi, A. (2019). Efektivitas penggunaan Kahoot! untuk mening-katkan hasil belajar siswa [Effectiveness of Using Kahoot! to Improve Student Learning Outcomes]. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 8(1), 95-104. doi: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i1.1866

Janna, N. M., & Herianto. (2021). Konsep uji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan SPSS. Retrieved from doi: https://doi.org/10.31219/osf.io/v9j52

Mardiah, & Syarifuddin. (2018). Model-model evaluasi pendidikan. Jurnal Pendidikan & Kon-seling, 2(1), 38-50. doi: https://doi.org/10.46963/mash.v2i1.24

Maulida, Muhibbuddin, & Yusrizal. (2015). Analisis indeks kesukaran dalam pengembangan item tes pada konsep sel tingkat. Jurnal Edubio Tropika, 3(1), 42-45.

Mawaddah, A. W., Hidyat, M. T., Amin, S. M., & Hartatik, S. (2021). Pengaruh penggunaan media pembelajaran Quizizz terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika melalui daring di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3109-3116. doi: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1288

Meltzer, D. E. (2002). The relationship between Mathematics preparation and conceptual learning gain in physics: A possible inhidden variable in Diagnostic pretest scores. Ames:Department of physics and Astronomy, Iowa State University.

Mudlofir, A. (2011). Aplikasi pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan bahan ajar dalam Pendidikan Agama Islam. Rajagrafindo Persada.

Mulyati, S., & Evendi, D. H. (2020). Pembelajaran Matematika melalui media game Quizizz untuk meningkatkan hasil belajar Matematika SMP 2 Bojonegara. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64-73. doi: https://doi.org/10.30656/gauss.v3i1.2127

Noor, S. (2020). Penggunaan Quizizz dalam penilaian pembelajaran pada materi ruang lingkup biologi untuk menghasilkan hasil belajar siswa kelas X. 6 SMAN 7 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Hayati, 6(1), 1-7. doi: https://doi.org/10.33654/jph.v1i1.927

Novalinda, R., Ambiyar, & Rizal, F. (2020). Pendekatan evaluasi program Tyler: Goal-oriented. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(1), 37-146. doi: https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i1.1644

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah, 3(1), 171-187.

Pusparani, H. (2020). Media Quizizz sebagai aplikasi evaluasi pembelajaran kelas VI di SDN Guntur Kota Cirebon. Tunas Nusantara, 2(2), 269-279.

Ramliyana, R., & Ramdhan, V. (2021). Penerapan aplikasi berbasis smartphone Quizizz dalam pembelajaran online di era new normal. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 3(1), 60-70.

Rosnaeni, Sukiman, Muzayanati, A., & Pratiwi, Y. (2022). Model-model pengembangan di sekolah. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 467 - 473. doi: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1776

Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan aplikasi Quizizz sebagai media pembelajaran ditengah pandemi pada siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi, 4(2) 163-172. doi: https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11605

Septianingrum, R. (2021). Analisis kendala-kendala dalam pembelajaran online mata pelajaran Matematika siswa kelas VI MI Ma'arif 18 Trimurjo Lampung Tengah [Bachelor’s thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro].

Solikah, H. (2020). Pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif Quizizz terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi teks persuasif kelas VIII di SMPN 5 Sidoarjo Tahun Pelajaran 2019/2020. BAPALA, 7(3), 1-8.

Sudjana, N., & Rivai, A. (2011). Media Pengajaran. Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2009). Metode penelitian bisnis. Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Statistika untuk penelitian. Alfabeta.

Suhartatik, T. (2020). Best practice: Implikasi media Quizizz berbasis Android terhadap kualitas pembelajaran dalam mencetak siswa berprestasi di tingkat nasional. Ahlimedia Book.

Sukardi. (2011). Evaluasi pendidikan: Prinsip dan operasionalnya. Bumi Aksara.

Ulya, A., & Arifi, A. (2020). Media game edukasi Quizizz dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa. Edulab: Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan, 6(1), 81-94. doi: https://doi.org/10.14421/edulab.2021.61.07

Wafa, R. (2020). Efektifitas penerapan model team assisted individualization dengan bantuan media Quizizz untuk meningkatkan keterampilan membaca pada siswa kelas VII di Mad-rasah Tsanawiyah Negeri 1 Sidoarjo. [Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya].

Wahdah, Y. A. (2018). Faktor-faktor kesulitan siswa dalam membaca teks bahasa Arab. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Budaya Arab, 1(1), 30-46. doi: https://doi.org/10.17509/alsuniyat.v1i1.24197

Wardani, H. K., Darusupraprati, F., & Hajaroh, M. (2022). Model-model evaluasi pendidikan dasar (Scriven model, Tyler model, dan goal free evaluation). Jurnal Pendidikan: Riset dan Konseptual, 6(1), 36-49. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v6i1.446

Yuwafi, A. (2021). Penerapan aplikasi Quizizz berbasis smartphone pada mata pelajaran Fikih (Studi kasus di MA Hasan Kafrawi Pancur Mayong Jepara) [Bachelor’s thesis, UNISNU Jepara].




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um015v51i22023p286

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Bahasa dan Seni: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Pengajarannya is licensed under
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Web
AnalyticsView My Stats
Based on the Official Letter from the Director General of Higher Education, Research, and Technology, the Ministry of Education, Culture, Research, and Technology No 158/E/KPT/2021, dated December 27, 2021, Bahasa dan Seni: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni dan Pengajarannya is granted RANK 2 JOURNAL SCIENTIFIC ACCREDITATION PERIOD I YEAR 2021. This rating status is valid for 5 (five) years up to Vol 53, No 1, 2025.

Dear Sir/Madam

We appreciate your continued confidence and trust in Bahasa dan Seni: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Pengajarannya (JBS). In order to enhance the service, readability, and quality of JBS publications, we will be transitioning to a new website, https://citeus.um.ac.id/jbs, in collaboration with Digital Commons (Elsevier) starting in July 2024.

Sincerely

Yusuf Hanafi
(Editor in chief)


Editorial Office:
Gedung D16 Lantai 2 Fakultas Sastra UM Jl. Semarang 5 Kota Malang, Jawa Timur, Indonesia 65145

Publisher:
Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang, Indonesia
JPtpp is licensed under