Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Tolak Peluru Gaya Ortodok Melalui Metode Bermain di SMP Negeri 1 Durenan

Ajeng Indah setyo Utami, M.E. Winarno

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar Tolak Peluru gaya ortodok’s Melalui Metode bermain kelas VIII C SMP Negeri 1 Durenan Kabupaten Trenggalek Tahun Ajaran 2019/2020. Ditinjau dari Guru pendidikan jasmani dalam menerapkan pembelajaran tolak peluru gaya ortodoks masih menggunakan sarana prasarana yang ada, menggunakan metode pembelajaran demontrasi secara mandiri dan hasil pembelajaran keterampilan tolak peluru gaya ortodoks pada kelas VIII C di SMP Negeri 1 Durenan tergolong rendah.Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini Penelitian Tindakan Kelas. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Dengan subjek penelitian sejumlah 30 peserta didik kelas VIII C SMP Negeri 1 Durenan Kab Trenggalek Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dengan observasi, catatan lapangan, tes, dan wawancara.Hasil tes pada siklus I  pertemuan ke 3 dan siklus II pertemuan ke 3, pada teknik memegang peluru 75,86% menjadi  93,10%, awalan pelaksanaan 74,71% menjadi 93,10%, sikap pelaksanaan 59,77% menjadi 90,80%, dan sikap akhir 73,56% menjadi 91,95%. Pada siklus I tingkat keberhasilan 68,18% Kemudian pada siklus II menjadi 89,09%. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa Penerapan metode bermain dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan tolak peluru gaya ortodok’s pada peserta didik kelas VIII C SMP Negeri 1 Durenan Kab Trenggalek.

Full Text:

PDF

References


Anggraini S, Patmanthara, S., & Purnomo. 2016. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar kompetensi keahlian elektronika industri di SMKN 2 Singosari Malang. Prosiding Seminar Nasional Universitas Negeri Malang, 633–639

Arikunto, S. Suhardjono & Supardi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasibuan, R. 2014. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lmpat Jauh Melalui Pembelajaran Media Tintangan Pada Peserta didikKelas XI SMA Swasta 1 Kabanjahe Kabupaten Karo. Jurnal Pengamdian Kepada masyarakat.

Junierissa Marpaung. 2015. pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal KOPASTA, 2(2), 83.

L Irvin, M. 2017. The Importance of Play in Early Childhood Education. Northwestern Collegeiberia to create lifelong learners. Journal Childhood Education, 94(5), 4-13.

Kanca, I. N. 2018. Menjadi Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Prosiding Seminar Nasional IPTEK Olahraga, 1(1), 21–27.

Shandro (2014:64) menyatakan dalam hasil penelitiannya bahwa metode bermain mampu meningkatkan keterampilan dan motivasi belajar peserta didik karena peserta didik dapat mengikuti proses pembelajaran dengan antusias dan merasa senang.

Sumarsono, A. 2017. Pendidikan Karakter Melalui Impelementasi Class Meeting di Sekolah. Seminar Nasional Implementasi Olahraga, Kesehatan Dan Pendidikan Jasmani Terhadap Upaya Peningkatan Karakter Anak Bangsa, 57.

Thomas, L., & Harding, S. 2017. Role Play. Heavenly sweetness.

Wang, L. 2018. All Work, All Play: Harnessing play-based learning in Ethiopia and.

Wiarto, giri. 2015. Inovasi pembelajaran dalam pendidikan jasmani. Yogyakarta: laksitas.

Nitecki, E., & Chung, M. H. 2013. What Is Not Covered by the Standards: How to Support Emergent Literacy in Preschool Classrooms. Journal Language and Literacy Spectrum, 23, 46-56.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ilmu dan Kesehatan Olah Raga diindeks oleh:

beasiswa Google

Jurnal Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

Penerbit:
Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang

ISSN: 2715-3886 (Media Online)
SK Nomor 0005.27153886 / JI.3.1 / SK.ISSN / 2019.12 - 17 Desember 2019

Kantor Terletak