Pengaruh Pendidikan Kesehatan Menggunakan Team Games Tournament (TGT) Terhadap Pengetahuan dan Sikap Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Pencegahan Penyakit Diare di Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar

Amna Nur Yakina, Sapto Adi, Desi Ariwinanti

Abstract


Diare adalah kondisi di mana individu mengalami buang air dengan frekuensi sebanyak tiga atau lebih per hari dengan konsistensi tinja berbentuk cair. Faktor yang mempengaruhi diare adalah sumber air, kebersihan jamban, kebiasaan jajan, dan kebiasaan cuci tangan sebelum makan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan menggunakan Team Games Tournament terhadap pengetahuan dan sikap cuci tangan pakai sabun pada pencegahan penyakit diare di siswa kelas 5 SDN Kedungkandang 1 Kota Malang. Pendekatan kuantitatif dengan metode pra-eksperimen. Rancangan penelitian ini menggunakan pre-test dan post-test dalam satu kelompok dengan desain One Group Pretest Posttest Design. Teknik sampling yang digunakan ialah teknik non probability sampling dengan metode sampling jenuh yaitu menggunakan keseluruhan populasi sebagai sampel, dan sampel pada penelitian ini sebanyak 32 responden yang berada di kelas 5 SDN Kedungkandang 1 Kota Malang. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini ialah Team Games Tournament (TGT) dan kuesioner. Hasil uji Wilcoxon menunjukan bahwa variabel pengetahuan memiliki nilai Asymp. Sig. (2-tailed) 0,004 < 0,05 dan untuk hasil uji paired t-test memiliki nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,006 < 0,05 yang menunjukkan bahwa ada pemharuh yang signifikan antara pengaruh pendidikan kesehatan menggunakan TGT terhadap pengetahuan dan sikap cuci tangan pakai sabun pada pencegahan penyakit diare di siswa kelas 5 SDN Kedungkandang 1 Kota Malang.


Full Text:

PDF

References


Anggraeni, E. S. (2016). Perbedaan Pendidikan Kesehatan Metode Demonstrasi Secara Langsung Dengan Audio Visual Tentang Cuci Tangan Terhadap Praktek Perilaku Cuci Tangan Pada Anak Usia Pra Sekolah. Retrieved from Universitas Muhammadiyah Purwokerto: http://repository.ump.ac.id/810/

Damayanti., A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Games Tournament) Terhadap Hasil Belajar Matematika. Retrieved from Universitas Indrayana Jakarta: https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/2497/1884

Djauzi, S. (2009). Raih Kembali Kesehatan. Jakarta: Buku Kompas.

Gora., W. & Sunarto. (2010). PAKEMATIK Strategi Pembelajaran Inovatif Berbasis TIK. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar . Bandung: CV Pustaka Setia.

Hurri, N. dkk., (2019). Penyuluhan Team Games Tournament (TGT) Terhadap Meningkatnya Pengetahuan Gizi Seimbang Pada Remaja. Retrieved from Poltekes Kemenkes Mataram: http://jgp.poltekkes-mataram.ac.id/index.php/home/article/view/123/97

Islamiyah, N. (2015). Efektifitas Pendidikan Kesehatan Dengan Metode Team Games Tournament Terhadap Perilaku Cuci Tangan Siswa Kelas VII MTS Madani Alauddin. Retrieved from Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/4924/1/Nurislamiyah%2CS.Kep_opt.pdf

Kementerian Kesehatan RI. (2018). DATA DANINFORMASI PROFIL KESEHATAN INDONESIA 2017. http://www.pusdatin.kemkes.go.id/resources/download/pusdatin/profil-kesehatan-indonesia/Data-dan-Informasi_Profil-Kesehatan-Indonesia-2017.pdf

Kurnia, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games TOurnament Untuk Meningkatkan Kerjasama Siswa Kelas X MIPA 2 SMA Negeri Surakarta. Retrieved from Universitas Sebelas Maret Surakarta: https://eprints.uns.ac.id/41783/

Mulyani, R. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Team Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Siswa Sekolah Dasar. Retrieved from Universitas Pendidikan Indonesia Bandung: http://ejournal.upi.edu/index.php/jpgsd/article/view/14067/8136

Purnomo, R. (2016). Perilaku Mencuci Tangan dan Kejadian Diare Pada Anak Usia Pra Sekolah di PAUD Desa Kalikotes Klaten. Retrieved from Universitas Muhammadiyah Surakarta: http://eprints.ums.ac.id/46279/19/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf

Purwandari, A. (2015). Hubungan Antara Perilaku Mencuci Tangan Dengan Insiden Diare Pada Usia Sekolah di Kabupaten Jember. Jurnal Keperawatan Universitas Jember, 4 (2). Retrieved From http://ejournal.umm.ac.id/index.php/keperawatan/article/view/2362/3199

Rosyidah, A. (2014). Hubungan Perilaku Cuci Tangan Terhadap Kejadian Diare Pada Siswa di Sekolah Dasar Negeri Ciputat 02. Retrieved from UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/25489/2/Alif%20Nurul%20Rosyidah%20-%20fkik%20.pdf

Slameto. (2003). Belajar Dan Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Wawan, & Dewi. (2010). Teori dan Pengukuran: pengetahuan, sikap, dan perilaku manusia . Yogyakarta: Nuha Medika.

Widiyanti, R. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Team Games Tournament Berbantuan Permainan Dadu Terhadap Hasil Belajar IPA. Retrieved from Universitas Kristen Satya Wacana Surakarta: https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/544

Yulianto, W., dkk. (2014). Model Pembelajaran Team Games Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK. Retrieved from Universitas Pendidikan Indonesia Bandung: file:///C:/Users/Rahmah/AppData/Local/Temp/3820-7226-1-SM.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ilmu dan Kesehatan Olah Raga diindeks oleh:

beasiswa Google

Jurnal Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

Penerbit:
Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang

ISSN: 2715-3886 (Media Online)
SK Nomor 0005.27153886 / JI.3.1 / SK.ISSN / 2019.12 - 17 Desember 2019

Kantor Terletak