Studi Perbandingan Minat Siswa SMP Dan MTs terhadap Bolavoli Mini dan Bolavoli Gandu Level II

Lutfi Hidayah, Asim Asim

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui minat siswa SMP dan MTs terhadap permainan bolavoli gandu level II dan bolavoli mini. Menggunakan rancangan deskriptif kuantitatif metode survei dengan variabel bebas manipulatif: bolavoli gandu level II dan bolavoli mini dan variabel terikat minat, sampel penelitian 50 siswa. Hasil: (1) tidak ada perbedaan minat siswa MTsN nilai signifikan rhitung (0,135) lebih dari  rtabel  (0,05), (2) terdapat perbedaan minat siswa SMPN 1 Watulimo rhitung (0,000) kurang dari  rtabel  (0,05) dan (3) terdapat perbedaan minat siswa kedua sekolah rhitung (0,000) kurang dari rtabel  (0,05). Simpulan: (1) tidak ada pengaruh permainan terhadap minat siswa MTsN 4 Trenggalek, (2) terdapat pengaruh permainan terhadap minat siswa SMPN 1 Watulimo dan (3) terdapat pengruh permainan terhadap minat siswa kedua sekolah.

Full Text:

PDF

References


Adi, S., & Fathoni, A. F. (2019). Development of Learning Model Based on Blended Learning in Sports School. https://doi.org/10.2991/acpes-19.2019.2

Adi, S., & Fathoni, A. F. (2020). The effectiveness and efficiency of blended learning at sport schools in Indonesia. International Journal of Innovation, Creativity and Change.

Amaliyah, R. (Universitas N. M., & Asim. (2020). Pengaruh Pembelajaran Permainan Bolavoli Gandu Level II dan Bolavoli Mini terhadap Hasil Belajaran Keterampilan Service Bawah Bolavoli pada Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Sport Science and Health, 2(1), 93–98. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jfik/article/view/12055/5156

Amanchukwu, R. N., Stanley, G. J., & Ololube, N. P. (2015). A Review of Leadership Theories, Principles and Styles and Their Relevance to Educational Management. Management. https://doi.org/10.5923/j.mm.20150501.02

Annu, S., & Sunita, M. (2013). Impact of Extracurricular Activities on Students. International Journal of Humanities and Social Science Invention.

De Meester, A., Aelterman, N., Cardon, G., De Bourdeaudhuij, I., & Haerens, L. (2014). Extracurricular school-based sports as a motivating vehicle for sports participation in youth: A cross-sectional study. International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity. https://doi.org/10.1186/1479-5868-11-48

Djudin, T. (2013). Statistika Parametrik Dasar Pemikiran dan Penerapannya dalam Penelitian. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Fathoni, A. F. (2018). The Role of Blended Learning on Cognitive Step in Education of Sport Teaching by Adjusting the Learning Style of the Students. https://doi.org/10.2991/isphe-18.2018.49

Flora Siagian, R. E. (2013). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 2(20), 122–131.

Fredricks, J. A. (2012). Extracurricular Participation and Academic Outcomes: Testing the Over-Scheduling Hypothesis. Journal of Youth and Adolescence. https://doi.org/10.1007/s10964-011-9704-0

Hartono, A. & S. (2013). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.

Hendrayana, A. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered head Together (NHT)Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Bolavoli Siswa Kelas VIII SMP N 3 SINGARAJA Tahun Pelajaran 2016 / 2017. Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi.

Hijria, A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Students Teams Achievement Division ( STAD ) Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Bolabasket. PJKR Universitas Pendidikan Ganesha, 8(2).

Irianto, A. (2010). Statistik, Konsep Dasar, Aplikasi, dan Pengembangannya. Jakarta: Prenada Media Group.

M Bandi. (2011). Pembentukan Karakter Anak Melalui Aktivitas Bermain Dalam Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 8(April), 1–9.

Made, N., Udayani, K., Agustini, K., Gede, D., & Divayana, H. (2017). Hubungan Motivasi Berprestasi dan Minat Berorganisasi Terhadap Indeks Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Jurusan Pendidikan Teknik Informatika. 6, 1–10. https://doi.org/https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/KP/article/view/10112

Mufida, S. (2018). Hubungan Tekanan Panas, Konsumsi Cairan, dan Penggunaan Pakaian Saat Bekerja Dengan Tingkat Dehidrasi Pekerja Di Kabupaten Kudus. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhamadiyah Semarang.

Nurhayati, M. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Tactical Game Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Bawah Permainan Bolavoli Pada Siswa SMPN 2 Panyingkiran Kabupaten Majalengka. PENJAS FKIP Universitas Majalengka, 1–8.

Panca Adi, I. P. (2018). Pengaruh Metode Demonstrasi Berbantuan Bola Modifikasi Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Passing Bolavoli Siswa SDN 1 Yahembang Kangin Tahun Pelajaran 2017/2018. Pendidikan Jasmani, Kesehatan, Dan Rekreasi Fakultas Olahraga Dan Kesehatan, Undiksha, 8(2017).

Riduwan. (2013). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Jawa Barat: Alfabeta.

Rs, Z. (2019). Pengaruh Struktur Tubuh, Kemampuan Motorik dan Motivasi Siswa Terhadap Hasil Belajar Servis Atas Hook Dalam Permainan Bolavoli Siswa SMAN 2 Pinrang. Pendidikan Jasmani Dan Olahraga PPs UNM.

Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 73–82.

Taylor, S. C., & Posch, A. (2014). The design of a quantitative western blot experiment. BioMed Research International. https://doi.org/10.1155/2014/361590

Wahyudi, A. (Universitas N. M., Wahyudi, U. (Universitas N. M., & Amiq, F. (Universitas N. M. (2020). Peningkatan Keterampilan Teknik Dasar Passing Futsal Menggunakan Metode Drill dan Metode Bermain pada Ekstrakurikuler Futsal Madrasah Aliyah. Sport Science and Health, 2(1), 24–31. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jfik/article/view/11103/5115


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ilmu dan Kesehatan Olah Raga diindeks oleh:

beasiswa Google

Jurnal Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

Penerbit:
Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang

ISSN: 2715-3886 (Media Online)
SK Nomor 0005.27153886 / JI.3.1 / SK.ISSN / 2019.12 - 17 Desember 2019

Kantor Terletak