Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Tolak Peluru Gaya Ortodoks melalui Metode Discovery Learning Pada Siswa Smp Kelas VIII

Ufin Imam Syahroni, Mu'arifin Mu'arifin

Abstract


Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan merupakan salah satu bidang studi yang terdapat pada kurikulum sekolah menengah pertama (SMP) yang merupakan sebuah kegiatan belajar mengajar melalui kegiatan jasmani dan olahraga. Pembelajaran tolak peluru gaya ortodoks termasuk ke dalam cakupan materi yang diberikan pada kelas VIII. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar tolak peluru gaya ortodoks siswa kelas VIII-I SMP Negeri 10 Malang dengan menggunakan metode discovery learning. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Selanjutnya berdasarkan penelitian tindakan kelas diperoleh hasil persentase pada sikap keaktifan memperoleh hasil rata-rata 92,18% dapat dikatakan baik sekali, pada sikap kedisiplinan memperoleh hasil rata-rata 93,22% dapat dikatakan baik sekali, pada sikap perhatian memperoleh hasil rata-rata 77,08% dapat dikatakan baik. Penilaian psikomotorik pada gerakan awalan memperoleh hasil 87,3% dapat dikatakan baik sekali, pada gerakan pelaksanaan memperoleh hasil 78,12% dapat dikatakan baik, pada gerakan akhiran memperoleh hasil 81,25% dapat dikatakan baik sekali.


Full Text:

PDF

References


Adi, S., & Fathoni, A. F. (2019). Development of Learning Model Based on Blended Learning in Sports School. https://doi.org/10.2991/acpes-19.2019.2

Afandi, R. (2013). Integrasi Pendidikan Lingkungan Hidup Melalui Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar Sebagai Alternatif Menciptakan Sekolah Hijau. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v2i1.50

Aidinopoulou, V., & Sampson, D. G. (2017). An action research study from implementing the flipped classroom model in primary school history teaching and learning. Educational Technology and Society.

Alawiyah, F. (2015). Kesiapan Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. Kajian Singkat.

Fathoni, A. F. (2018). The Role of Blended Learning on Cognitive Step in Education of Sport Teaching by Adjusting the Learning Style of the Students. https://doi.org/10.2991/isphe-18.2018.49

Fathoni, & Fajar, A. (2017). Pengembangan Rubrik Penilaian Keterampilan Mata Pelajaran PJOK Materi Bola Besar dan Kecil Kelas VII Semester Genap. DISERTASI Dan TESIS Program Pascasarjana UM.

Fitron, M. (Universitas N. M., & Mu’arifin. (2020). Survei Tingkat Persepsi Siswa Terhadap Konsep Pendidikan Jasmani Di Sekolah Menengah Atas. Sport Science and Health, 2(5), 264–271. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jfik/article/view/11794/5767

Kane, R. G., & Chimwayange, C. (2014). Teacher action research and student voice: Making sense of learning in secondary school. Action Research. https://doi.org/10.1177/1476750313515282

Khasinah, S. (2013). Classroom Action Research. Jurnal Pionir, Volume 1, Nomor 1,. https://doi.org/10.17977/um013v1i42017p156

Kunlasomboon, N., Wongwanich, S., & Suwanmonkha, S. (2015). Research and Development of Classroom Action Research Process to Enhance School Learning. Procedia - Social and Behavioral Sciences. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.248

Mertler, C. A. (2017). Action Research : Teachers as Researchers in the Classroom. The Modern Language Journal.

Moreton, E., & Fisher, R. (2018). Action research in the classroom. In Stillpoints for Children. https://doi.org/10.4324/9781315170893-5

Pamungkas, I. A. (Universitas N. M., & Dwiyogo, W. D. (Universitas N. M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Untuk Aktifitas Kesegaran Jasmani Siswa kelas X Sekolah Menengah Kejuruhan. Sport Science and Health, 2(5), 272–278. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jfik/article/view/11828/5768

Rose, R., & Grosvenor, I. (2013). Action research. In Doing Research in Special Education: Ideas into Practice. https://doi.org/10.4324/9781315069173-8

Warden, C. A., Stanworth, J. O., Ren, J. B., & Warden, A. R. (2013). Synchronous learning best practices: An action research study. Computers and Education. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2012.11.010


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ilmu dan Kesehatan Olah Raga diindeks oleh:

beasiswa Google

Jurnal Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

Penerbit:
Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang

ISSN: 2715-3886 (Media Online)
SK Nomor 0005.27153886 / JI.3.1 / SK.ISSN / 2019.12 - 17 Desember 2019

Kantor Terletak