Survei Keterampilan Gerak Dasar Lokomotor, Nonlokomotor dan Manipulatif pada Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama

Dony Navia Pratama, Siti Nurrochmah

Abstract


Abstract: Basic movement skills in physical education have been taught at the elementary school level. But the reality of the results of observations while participating in PJOK learning, most of the students in grade VII SMP N 8 Malang have difficulty practicing sport techniques. The results of interviews with teachers said that the condition was because students came from different primary school education backgrounds. Physical education teacher also said that he has never been held a basic motion skills test for grade VII students. The purpose of this study was to obtain and examine information the condition of locomotor, nonlocomotor and manipulative basic motion skills in grade VII students of SMP Negeri 8 Kota Malang. This research uses a quantitative descriptive design with a survey method. It can be concluded basic motion skills in grade VII students of SMP Negeri 8 Kota Malang (1) locomotor base motion in quite good condition, (2) nonlocomotor base motion in poor condition, (3) manipulative base motion in quite good condition. So it can be concluded that the basic locomotor, non-locomotor and manipulative movement skills of the VII grade students of SMP 8 Malang City are at a low and good enough level.

 

Abstrak:Keterampilan gerak dasar dalam pendidikan jasmani telah diajarkan di jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD). Namun kenyataannya, hasil observasi saat mengikuti pembelajaran PJOK, sebagian besar siswa kelas VII SMP N 8 Malang mengalami kesulitan melakukan praktik teknik olahraga. Hasil wawancara dengan guru mengatakan bahwa kondisi itu karena siswa berasal dari latar belakang pendidikan sekolah dasar yang berbeda. Guru PJOK juga mengatakan belum pernah mengadakan tes keterampilan gerak dasar untuk siswa kelas VII. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh dan mengkaji informasi kondisi keterampilan gerak dasar lokomotor, nonlokomotor dan manipulatif pada siswakelas VII di SMP Negeri 8 Kota Malang.Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kuantitatif dengan metode survei.Berdasarkan analisis data keterampilan gerak dasar siswa kelas VII di SMP Negeri 8 Kota Malang (1) gerak dasar lokomotor tergolong pada kondisi cukup baik, (2) gerak dasar nonlokomotor tergolong pada kondisi kurang baik, (3) gerak dasar manipulatif tergolong dalam kondisi cukup baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa keterampilan gerak dasar lokomotor, nonlokomotor dan manipulatif siswa kelas VII SMP 8 Kota Malang pada taraf kurang dan cukup baik.


Full Text:

PDF

References


Adi, S., & Fathoni, A. F. (2019). Development of Learning Model Based on Blended Learning in Sports School. https://doi.org/10.2991/acpes-19.2019.2

Adi, S., & Fathoni, A. F. (2020a). Blended Learning Analysis for Sports Schools in Indonesia. International Journal of Interactive Mobile Technologies (IJIM), 14(12), 149–164. Retrieved from https://www.online-journals.org/index.php/i-jim/index

Adi, S., & Fathoni, A. F. (2020b). The effectiveness and efficiency of blended learning at sport schools in Indonesia. International Journal of Innovation, Creativity and Change.

Akbar, F. 2014. Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Gerak Lokomotor, Nonlokomotor dan Manipulatif Dengan Metode Bermain Pada Siswa Kelas III SD Negeri 01 Tlogowaru Kota Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang

Anto, A.H. 2019. Pengaruh Variasi Latihan Single Leg Jump Terhadap Peningkatan Hasil Lompat Jauh Siswa Smp Islam Al-Falah Kota Jambi. Indonesian Journal of Sport Science and Coaching, 3(1), 75-80 http://www.online-journal.unja.ac.id/IJSSC/article/view/7514/4657

Anwar, Y. 2020. Kontribusi Kecepatan dan Daya Ledak terhadap Hasil Lompat Jauh Pada Siswa SMP Negeri 2 Lengayang. Sport Science, 20(1), 18-31 http://doi.org/10.24036/jss.v20i1.35

Baqiyudin, G. 2013. Perbandingan Metode Pembelajaran Whole Practice dan Part Practice Terhadap Hasil Belajar Dribbling Bolabasket (Studi Pada Siswa Kelas Vii Smpn 1 Jogoroto Jombang). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 1(1), 252-254 http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/2837

Buchur, A. 2018. Survei Tingkat Keterampilan Gerak (Motor Ability) Siswa Putra Kelas Viii Tingkat Sltp Se-Kecamatan Pucanglaban Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Simki-Techsain, 2(5), 1-12 http://simki.unpkediri.ac.id/detail/13.1.01.09.0116

Fadilah, M. 2018. Kontribusi Keterampilan Gerak Fundamental Terhadap Keterampilan Bermain SmallSided Handball Games. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga. 3(1), 60-68 DOI: 10.17509/jpjo.v3i1.7667

Fathoni, A. F. (2018). The Role of Blended Learning on Cognitive Step in Education of Sport Teaching by Adjusting the Learning Style of the Students. https://doi.org/10.2991/isphe-18.2018.49

Hakim, L. 2018. Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Menggunakan Metode Bermain Untuk Siswa Kelas V Sdn 2 Pagelaran Kabupaten Malang. Journal of Teaching Physical Education in Elementary School. 1(2), 65-77 http://doi.org/10.17509/tegar.v1i2.111940

Kurniawan, R. 2018. Analisis Gerak Dasar Anak Usia 6-7 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 12–19 https://doi.org/10.2991 /icece-16.2017.3

Lim, W. 2018. Easy Method for Measuring Stretching Intensities in Real Clinical Setting and Effects of Different Stretching Intensities on Flexibility. Jurnal of Back and Musculoskeletal Rehabilitation, 1, 1-7 https://doi.org/10.3233/BMR-181243

Mertayasa, K. 2013. Pengaruh Pelatihan Yoga Asana (Suryanamaskar) terhadap Kelentukan dan Kapasitas Vital Paru. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 1(1), 1-8 http://dx.doi.org/10.23887/jiku.v1i1.1578.

Muharram, A. 2015. Pengaruh Pembelajaran Dan Keterampilan Gerak Dasar Terhadap Peningkatan Keterampilan Sprint 100 Meter. Jurnal Sportif, 1(1) 22-31 https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v1i1.572

Nusufi, M. 2016. Hubungan Keterampilan Motor Ability Dengan Keterampilan Bermain Sepak Bola Pada Klub Himadirga Unsyiah. Jurnal Pedagogik Keolahragaan, 2(1), 1-10 https://jurnal.unimed.ac.id/2012/ index.php /jpor/article/view/4504

Oktaviani, S. 2017. Pengeruh Pembelajaran Metode Drill dan Komando Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Dribble Bolabaket Siswa Kelas XI. Prosiding Seminar Nasional Implementasi Olahraga, Kesehatan Dan Pendidikan Jasmani Terhadap Upaya Peningkatan Karakter Anak Bangsa, 137-144 https://www.researchgate.net/profile/Adi_Sumarsono/publication/333882436_3_JULI_2018_PROSIDING_SEMNAS_OR_UM_MALANG/links/5d0ad130a6fdcc35c15bb5f5/3-JULI-2018-PROSIDING-SEMNAS-OR-UM-MALANG.pdf#page=146

Oktaviani, S. M. 2020. Pengaruh Latihan Plyometrics Terhadap Kemampuan Daya Ledak Otot Tungkai dan Kemampuan Smash Atlet Bolavoli SMAN 01 Mukomuko. Jurnal Patriot, 3(1), 526-536. https://doi.org/10.24036/patriot.v2i1.595

Paturusi. 2012. Manajemen Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Jakarta: Rineka Cipta

Pradana, A. 2019. Pengaruh Pembelajaran Metode Drill Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Lempar Bola Softball Kelas 7 Smp Negeri 1 Kota Malang. Jurnal Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia,3(2), 121-129 http://dx.doi.org/10.17977/um040v3i2p121-129

Pralista, Ot. 2017. Pengaruh Modifikasi Bola Basket Terhadap Hasil Belajar Dribble (Studi pada Siswa Kelas VII-A SMP Negeri 1 Kertosono Tahun Ajaran 2015/2016). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 4(2), 345-349 https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/18803.

Pratama, R. 2018. Pengaruh Latihan Lompat Kardus Terhadap Hasil Lompatan Jauh Gaya Jongkok Pada Siswa SD Negeri 132 Palembang. Journal Of Sport Science And Education, 1(1), 41-46 http://dx.doi.org/10.26740/jossae.v3n1.p41-46

Rahman, G. 2018. Survei Tentang Keterampilan Motorik Siswa-Siswi Sekolah Menengah Pertama Full Day School dan Reguler. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang

Rezki, R. 2016. Analisis Gerak Motorik Dasar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar. Journal Sport Area, 1(1), 63-70 https://doi.org/10.30814/sportarea.v1i1.375

Rizaldi, D.A. 2017. Upaya Meningkatkan Keterampilan Dribble Dengan Penerapan Model Latihan Kelincahan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 1(2), 125-129 http://doi.org/10.33369/jk.v1i2.3477

Sepriadi, S. 2017. Kontribusi Status Gizi dan Keterampilan Motorik terhadap Kesegaran Jasmani Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Keolahragaan, 5(2), 194-206 http://dx.doi.org/10.21831/jk.v5i2.15147

Sudirjo, E, dan Nur, M. 2019. Filsafat Pendidikan Jasmani. Sumedang: UPI Press

Suharjana, F. 2013. Perbedaan Pengaruh Hasil Latihan Peregangan Statis Dan Dinamis Terhadap Kelentukan Togok Menurut Jenis Kelamin Anak Kelas 3 dan 4 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia , 9(1), 38-46 http://doi.org/10.21831/jpji.v9i1.3061

Sulistyanto, dan Purwanto, H. 2013. Kontribusi Kekuatan Otot Anggota Gerak Atas Fleksibilitas Togok Dan Power Tungkai Terhadap Kemampuan Senam Loncat Harimau Siswa Putra. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia , 9(1), 47-52 http://doi.org/10.21831/jpji.v9i1.3062

Utama, A.Z. 2015. Pengaruh Latihan Kelincahan Dan Kelentukan Terhadap Keterampilan Dribbling Sepakbola Ssb Pas-Itn Kabupaten Malang. Jurnal Pendidikan Jasmani, 25(1), 31-38 http://dx.doi.org/10.17977/pj.v25i1.4887

Wiarto, G. 2015. Inovasi Pembelajaran dalam Pendidikan Jasmani. Yogyakarta: Laksitis

Wibowo, A. 2016. Pengaruh Latihan Plyometric Frog Jump Dan Single Leg Speed Hop Terhadap Kemampuan Shooting Sepakbola Siswa Smpn 21 Malang. Jurnal Pendidikan Jasmani, 26(2), 398-410 http://dx.doi.org/10.17977/pj.v26i2.7519.g3434

Wijayanti, D., & Suntoda, A. 2017. Upaya Meningkatkan Pemahaman Gerak Dasar Lempar Lembing Melalui Penerapan Lembing Modifikasi Dalam Pembelajaran Atletik. TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 1(1), 14-24 https://doi.org/10.17509/tegar.v1i1.8652

Yudha, P. 2018. Motivasi Berprestasi & Disiplin Peserta Didik Serta Hubungannya Dengan Hasil Belajar. Pontianak: Yudha English Gallery


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ilmu dan Kesehatan Olah Raga diindeks oleh:

beasiswa Google

Jurnal Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

Penerbit:
Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang

ISSN: 2715-3886 (Media Online)
SK Nomor 0005.27153886 / JI.3.1 / SK.ISSN / 2019.12 - 17 Desember 2019

Kantor Terletak