PEMANFAATAN CLAY ART KARAKTER DONGENG INDONESIA SEBAGAI AVATAR STORYTELLING DI SMALL TREE MODERN ISLAMIC SCHOOL MALANG

Ima Kusumawati Hidayat, Dimas Rifqi Novica, Denik Ristya Rini

Abstract


Abstrak: Integrasi permainan kepada proses kegiatan pembelajaran sangat penting dilakukan terutama di PAUD, karena untuk menstimulus kognitif anak agar dapat berkembang dengan baik. Salah satu caranya adalah dengan kegiatan bercerita (storytelling). Di lain pihak, karakter dongeng Indonesia dirasa mulai kurang dikenal oleh anak-anak usia dini di Indonesia. Hal ini disebabkan karena banyaknya karakter asing yang masuk melalui media televisi, internet, maupun buku cetak. Kegiatan pengabdian bertujuan untuk meningkatkan kegiatan pembelajaran di tingkat PAUD dengan cara memanfaatkan clay art karakter dongeng Indonesia sebagai avatar storytelling. Metode yang digunakan adalah memberi guru pengetahuan seputar dongeng fabel anak Indonesia dan gaya desain karakter. Serta memberikan pelatihan pada guru untuk membuat avatar storytelling berupa desain karakter dengan menggunakan clay art. Hasil yang diperoleh adalah guru antusias dalam proses pembuatan karakter menggunakan clay art dan sepakat bahwa anak usia dini perlu mencintai karakter dongeng Indonesia sebagai upaya pelestarian dongeng Indonesia.

Abstract: Integration of games into the process of learning activities is very important, especially in early childhood education, because it is to stimulate a child's cognitive to develop properly. One of them is by storytelling. On the other hand, Indonesian fairy tale characters are felt to be less well known by early childhood in Indonesia. This is due to the large number of foreign characters entering through television, internet, and printed books. Community service aims to increase learning activities at PAUD level by utilizing the character of Indonesian clay art as a fairy tale avatar. The method used is to provide teacher knowledge about Indonesian children's fairy tales and character design styles. As well as providing training for teachers to create avatars to tell stories in the form of character designs using clay art. The results obtained are teachers who are enthusiastic in the process of making characters using clay art and agree that young children need to love Indonesian fairy tale characters in an effort to preserve Indonesian tales.


Full Text:

PDF

References


Afandi, R. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dan Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 1(1), 77. https://doi.org/10.22219/jinop.v1i1.2450

Liang, H., Chang, J., Kazmi, I. K., Zhang, J. J., & Jiao, P. (2015). Puppet Narrator: Utilizing Motion Sensing Technology in Storytelling for Young Children. VS-Games 2015 - 7th International Conference on Games and Virtual Worlds for Serious Applications. https://doi.org/10.1109/VS-GAMES.2015.7295784

Nugroho, A. P., Raharjo, T., & Wahyuningsih, D. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Ditinjau Dari Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 11–18.

Sá, G., Sylla, C., Caruso, A. P., & Menegazzi, D. (2019). Multiculturalism and Creativity in Storytelling Visual Development of a Digital Manipulative for Young Children.

Sudono, A. (2000). Sumber Belajar dan Alat Permainan untuk Pendidikan Usia Dini. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Wardani, S. (2015). Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality (Ar) Untuk Pengenalan Aksara Jawa Pada Anak. Jurnal Dinamika Informatika, 5(November), 1–13.

Yumarlin MZ. (2013). Pengembangan Permainan Ular Tangga Untuk Kuis Mata Pelajaran Sains Sekolah Dasar. Teknik, 3, 77.

Yeni, R., & Euis, K. (2010). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kencana.

Zaman, B. (2014). Esensi Sumber Belajar dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Media Dan Sumber Belajar TK, 1–39.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um078v2i12020p9-17

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Email: jgp@um.ac.id

View JGP's Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.

Index by: