PELATIHAN HAND PAINTING UNTUK BEKAL WIRAUSAHA SISWA SMK TERPADU NURUL MOHAROMAIN BERSAMA DOSEN, ALUMNI DAN MAHASISWA TATA BUSANA
Nurul Hidayati, Agus Hery Supadmi Irianti, Nur Endah Purwaningsih
Abstract
Abstrak: Tujuan pelatihan ini untuk (1) membekali ilmu pengetahuan dan keterampilan tentang hand painting pada para santri untuk bekal berwirausaha, dan (2) meningkatkan kreativitas para santri dalam mendesain dan memcampur warna. Metode yang dilakukan dimulai dari proses observasi, kordinasi dan memberikan sosialisasi dan pendampingan tentang hand painting untuk bekal wirausaha siswa SMK terpadu Nurul Moharomanin. Hasil dari kegiatan pelatihan yaitu, peserta pelatihan mendapatkan ilmu pengetahuan dan keterampilan tentang hand painting guna meningkatkan kreativitas dan membangun kemandirian serta dapat digunakan sebagai bekal dalam berwirausaha. Abstract: The purpose of this training is to (1) equip knowledge and skills about hand painting for students for entrepreneurship, and (2) increase students' creativity in designing and mixing colors. The method starts from the process of observation, coordination and provide socialization and assistance on hand painting for the provision of entrepreneurship integrated vocational students Nurul Moharomanin. The results of the training activities, namely, trainees gain knowledge and skills about hand painting in order to increase creativity and build independence and can be used as provisions in entrepreneurship.
Baridah, Barara. 2018. Pengaruh Ukuran Medium Terhadao Hasil Jadi Hand Painting dengan cat acrylic pada kain quilting. e-Journal. Volume 07 Nomor 02 Tahun 2018, Edisi Yudisium Periode Mei 2018, Hal 82-86
Dianti, Sinta. 2015. Penerapan Teknik Hand Painting Dengan Menggunakan Cat Poster Terhadap Kulit Telur Pada Hasil Jadi Wall Hanging .e-Journal. Volume 04 Nomor 03 Tahun 2015, Edisi Yudisium Periode Agustus 2015, Hal 24-28 diakses 1 Juli 2019
Novita,A.S.2013. Arti dari Motif Tribal. http://annisanovitasemdu.wordpress.com/2013/11/07/arti-motif-tribal/ diakses 25 April 2019
Rahmawati,Y & Kurniati,E. 2010. Stratei Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta:Kencana