E-MARKETING UNTUK IKM SANAN KOTA MALANG

Ely Siswanto, Djoko Dwi Kusumajanto, Afwan Hariri Agus Prohimi, Achmad Murdiono

Abstract


Abstrak: Tujuan dari kegiatan pelatihan E-Marketing di IKM Sanan Kota Malang ini adalah memberikan wawasan, pengetahuan, dan pendampingan bagi para pelaku usaha kripik tempe untuk melakukan pengembangan usaha melalui pemasaran online yang harapannya dapat meningkatkan memperluas jaringan pesaran dan mampu meningkatkan omst pendapatan pelaku usaha. Metode yang dilakukan adalah melalui sosialisasi, kegiatan pelatihan dan pendampingan kepada para pelaku usaha sampai dengan pelaku usaha mempraktekkan langsung bentuk-bentuk promosi online. Hasil yang diperoleh dari kegiatan pelatihan ini adalah dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan wirausaha di dalam membuat membuat media pemasaran online, sehingga meningkatkan motivasi di dalam berusaha. Pelatihan E-Marketing ini mendapat respon yang positif dan pelaku usaha mendapat pengalaman berharga dengan mempraktekkan sendiri model pemasaran online yang mudah diaplikasikan.
Abstract: The aim of the E-Marketing training activity at IKM Sanan Malang is to provide insights, knowledge, and assistance for tempe kripik businesses to develop business through online marketing which hopes to increase network expansion and be able to increase the revenue of business actors. The method used is through outreach, training activities and mentoring to business actors to business practitioners directly practicing online forms of promotion. The results obtained from this training activity are able to increase entrepreneurial knowledge and skills in making making online marketing media, thus increasing motivation in doing business. This e-marketing training received a positive response and businesses gained valuable experience by practicing their own online marketing models that were easy to apply.

Full Text:

PDF

References


Fajar. 2018. Pemerintah Indonesia sarankan pengusaha memanfaatkan ekonomi digital. (berita fajar, 2018). (Fajar.co.id/e-commerce, akses 20 Oktober 2019).

Herlambang, D., & Setyawan, D. Y. (2018). Legal Aspects Of Business Competition On Electronic Commerce. Retrieved 4 24, 2019, from https://jurnal.darmajaya.ac.id/index.php/icitb/article/view/1384.

Pandji. 2014. Hasil survei pemakaian internet remaja Indonesia.

(https://tekno.kompas.com/read/2014/02/19/1623250/Hasil.Survei.Pemakaian%20Internet. Remaja.Indonesia, Akses 23 Oktober 2019).

Irmawati, Dewi. 2011. Pemanfaatan E-Commerce Dalam Dunia Bisnis. Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis. Edisi ke-VI:2085-1375.kegiatan seminar e-commerce mahasiswa UNS. (https://uns.ac.id/id/uns-update/seminar-ecommerce-kolaborasi-pemerintah-dan-pelaku-bisnis.html, Akses 23 Oktober 2019).

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2012. Manajemen Pemasaran, edisi ketiga belas, jilid dua, Penerbit : Erlangga, Jakarta.

Rangkuti, F. 2000. Analisis (Herlambang & Setyawan, 2018) SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. PTGramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Tjiptono Fandy 2000. Loyalitas konsumen. Manajemen pemasaran edisi pertama, Yogyakarta.

Widyasari, Winda Wahyu. 2013. Identifikasi Struktur Pasar dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Harga. Online. https://www.academia.edu/30867066/Review_Jurnal_Struktur_Pasar_dan_Implikasinya_ Diakses pada tanggal 20 September 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um078v2i22020p103-113

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Email: jgp@um.ac.id

View JGP's Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.

Index by: