PEMBUATAN KANTONG KAIN “TOTE BAG” SEBAGAI PENGGANTI KANTONG PLASTIK PADA PEMUDA WIRAUSAHA BLITAR

Nurul Farida, Sri Widoretno, Eko Yuliastuti

Abstract


Abstrak: Tujuan dari Pengabdian kepada Masyarakat dalam bentuk pelatihan membuat kantong belanja kain tote bag ini merupakan salah satu jalan untuk menekan banyaknya limbah plastik dan mendukung peraturan pemerintah dalam  pengurangan penggunaan plastik. Peraturan tersebut membawa dampak yang positif bagi para pemuda wirausaha di Blitar atau Formusa untk membuat tas belanja tote bag yang ramah dengan alam dan terbuat dari kain. Tote bag adalah tas jinjing yang terbuat dari kain kanvas yang biasa digunakan sebagai tempat bawaan saat belanja, bawa buku bahkan anak sekolah dan para remaja sekarang banyak yang menggunakan tote bag, ini dikarenakan tote bag mudah dibawa, multifungsi, simple, elegan dan disukai oleh semua kalangan. Metode kegiatan membuat tote  bag diawali dengan FGD. Melalui FGD ini dihasilkan pemuda di Formusa tidak bisa membuat sendiri sehingga membutuhkan waktu yang lama dan harga jual yang mahal. Kegiatan yang kedua adalah pembuatan tote bag dari persiapan bahan sampai produk jadi. Berdasarkan hasil kegiatan pembuatan kantong belanja kain tote bag peserta mendapatkan banyak ide-ide kreatif untuk mengembangkan dan berinovasi dalam membuat tote bag kearah yang lebih bagus lagi sesuai dengan selera dan kebutuhan konsumen.

Abstract: The goal of Community Service in the form of training to make shopping bags for cloth tote bags is one way to reduce the amount of plastic waste and support government regulations on reducing plastic use. This regulation has a positive impact on young entrepreneurs in Blitar or Formusa to make shopping tote bags that are friendly to nature and made of cloth. A tote bag is a tote bag made of canvas fabric which is commonly used as a place to carry when shopping, bring books and even school children and many teenagers now use tote bags, this is because they are easy to carry, multifunctional, simple, elegant and liked by all circles. The method of making tote bags begins with an FGD. Through this FGD, it was produced that youth in Formusa could not make their own, so it took a long time and an expensive selling price. The second activity is making tote bags from material preparation to finished products. Based on the results of the activity of making tote bag shopping bags, the participants got lots of creative ideas to develop and innovate in making tote bags that are even better according to the tastes and needs of consumers.

 


Keywords


FORMUSA, KANTONG KAIN, KANTONG PLASTIK, TOTE BAG, CLOTH BAGS, PLASTIC BAGS

Full Text:

PDF

References


Appel, G., Grewal, L., Hadi, R., & Stephen, A. T. (2020). The future of social media in marketing. Journal of the Academy of Marketing Science, 48(1), 79–95. doi: 10.1007/s11747-019-00695-1

Astuti, A. D. (2016). Penerapan Kantong Plastik Berbayar Sebagai Upaya Mereduksi Penggunaan Kantong Plastik. Jurnal Litbang: Media Informasi Penelitian, Pengembangan dan IPTEK, 12(1), 32–40. doi: 10.33658/jl.v12i1.50

Ataman, M. B., Heerde, H. J. V., & Mela, C. F. (2010). The Long-Term Effect of Marketing Strategy on Brand Sales: Journal of Marketing Research. (Sage CA: Los Angeles, CA). doi: 10.1509/jmkr.47.5.866

Brandt-Rauf, P. W., Li, Y., Long, C., Monaco, R., Kovvali, G., & Marion, M.-J. (2012). Plastics and carcinogenesis: The example of vinyl chloride. Journal of Carcinogenesis, 11. doi: 10.4103/1477-3163.93700

Hadi, A. S., & Ardhi Khairi. (2020). Pemilihan Strategi Pemasaran Di Era Digital Pada Kelompok Ibu Pkk Desa Gadingharjo. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1). doi: 10.31849/dinamisia.v4i1.3246

Hana, L. (2020). Polemik Plastik dan Green Marketing Tas Belanja di Denpasar, Bali. Tangerang, Banten: An1mage.

Holliman, G., & Rowley, J. (2014). Business to business digital content marketing: Marketers’ perceptions of best practice. Journal of Research in Interactive Marketing, 8(4), 269–293. doi: 10.1108/JRIM-02-2014-0013

Kherid, Z. Y. (2019). Pelatihan Membuat Tas Belanja Kain (Tote Bag) dengan Teknik “Ecoprint” Menggunakan Pewarna Alam bagi Peserta Paket A PKBM Karya UMMAT Jakarta Barat Tahun 2019. Dokumentasi Kegiatan P2M 2019. doi: 10.13140/RG.2.2.16714.59841

Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2017). Marketing 4.0: Moving from traditional to digital. Hoboken, New Jersey: Wiley.

Radjab, E., A, T., Syahriah, S., Asima, A., & Syamsuddin, S. (2019). Pelatihan Pemanfaatan Media Online Sebagai Sarana Pemasaran Online pada Bumdes Tanete Kecamatan Simbang Kabupaten Maros. Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat (SNP2M), 0(0), 292–295.

Rochford, L., & Wotruba, T. R. (1996). The impact of sales management changes on new product success. Journal of the Academy of Marketing Science, 24(3), 263. doi: 10.1177/0092070396243007

Scorviana, N., & Yuliani, S. (2018). Pembekalan Keterampilan Pembuatan Tas Kanvas Bagi Perempuan Eks Pekerja Migran di Kampung Baros Desa Sukataris Kabupaten Cianjur. Sarwahita, 15(01), 1–12. doi: 10.21009/sarwahita.151.01

Sumiati, S., & Nugroho, R. (2018). Pengolahan Kerajinan Tas Belacu Menggunakan Cat Akrilik untuk Menumbuhkan Kreativitas Masyarakat dalam Berwirausaha. Jurnal Abdikarya : Jurnal Karya Pengabdian Dosen Dan Mahasiswa, 1(2). doi: 10.30996/abdikarya.v1i2.2073

Suryani, I. (2014). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Pemasaran Produk dan Potensi Indonesia dalam Upaya Mendukung ASEAN Community 2015. (Studi Social Media Marketing Pada Twitter Kemenparekraf RI dan Facebook Disparbud Provinsi Jawa Barat). Jurnal Komunikasi, 8(2), 123–138.

Thompson, R. C., Moore, C. J., vom Saal, F. S., & Swan, S. H. (2009). Plastics, the environment and human health: Current consensus and future trends. Philosophical Transactions of the Royal Society B: Biological Sciences, 364(1526), 2153–2166. doi: 10.1098/rstb.2009.0053

Thousani, H. F. (2015). Upaya Pengembangan E-Business dalam Pemasaran Produk Secara Internasional (Studi pada Akademi Bisnis Online Indonesia Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis, 23(1). Diambil dari http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/917




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um078v2i42020p296-304

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Email: jgp@um.ac.id

View JGP's Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.

Index by: