OPTIMIZATION OF BUMDES MANAGEMENT THROUGH PRODUCT MARKETING ASSISTANCE BASED ON E-COMMERCE IN PONOROGO DISTRICT

Rezka Arina Rahma, Sucipto Sucipto, Ishaq Ishaq

Abstract


Abstrak: Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) adalah sebuah usaha yang dibangun oleh pemerintah sebagai wujud peningkatan kemampuan keuangan pemerintah desa dalam penyelenggaraan pemerintahan dan meningkatkan pendapatan masyarakat. Dalam usaha ini pengelolaan dan kepemilikan modal dilakukan oleh pemerintah desa dan masyarakat. Pendirian BUMDes didasarkan oleh Permendagri Nomor 39 Tahun 2010 tentang Badan Usaha Milik Desa. Berdasarkan hal tersebut, tim pelaksana pengabdian kepada masyarakat Universitas Negeri Malang (UM) memberikan solusi untuk mengoptimalisaskan pengelolaan BUMDes dalam hal pemasaran produk, sehingga diharapkan dapat mengoptimalkan eksitensi dari BUMDes di Kabupaten Ponorogo. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan pengabdian adalah partisipasi aktif. Metode ini melibatkan pengelola BUMDes mulai dari penentuan prioritas masalah yang akan ditangani, pelatihan optimalisasi pengelolaan pemasaran, pengumpulan data atau informasi, hingga perancangan lapak online di e-commerce seperti Shopee, Bukalapak, Lazada, JD.ID dan Blibli. Gambaran IPTEK yang dilaksanakan meliputi empat tahapan, yaitu: (a) analisis kebutuhan; (b) persiapan; (c) pelaksanaan program; dan (d) pendampingan. Dari hasil pelaksanaan kegiatan, adanya kegiatan optimalisasi pengelolaan BUMDes ini berhasil memberikan dampak positif bagi masyarakat desa, terutama dalam hal upgrading pengelolaan BUMDes. Selain itu juga dapat meningkatkan keterampilan pengelolaan anggota BUMDes dalam bidang pemasaran digital. Dengan demikian, masyarakat desa dapat menggerakkan roda perekonomian serta mampu menciptakan kondisi masyarakat yang lebih sejahtera.

 

Abstract: Village-Owned Enterprises (BUMDes) are businesses built by the government to increase the financial capacity of village governments in administering government and increasing community income. In this effort, the village government and the community carry out the management and ownership of capital. The establishment of BUMDes is based on Regulation of Minister of Home Affairs Number 39/2010 concerning Village-Owned Enterprises. Based on this, the implementing team for community service at the Universitas Negeri Malang (UM) provides a solution to optimize the management of BUMDes in terms of product marketing so that it is expected to maximize the existence of BUMDes in Ponorogo Regency. The method used in the implementation of the service is active participation. This method involves BUMDes managers starting from determining the priority of problems to be handled, training in optimizing marketing management, collecting data or information, to designing online stalls in e-commerce such as Shopee, Bukalapak, Lazada, JD.ID, and Blibli. The description of science and technology carried out includes four stages, namely: (a) needs analysis; (b) preparation; (c) program implementation; and (d) assistance. From the results of the activity, the optimization of BUMDes management has succeeded in having a positive impact on village communities, especially in terms of upgrading the management of BUMDes. In addition, it can improve the management skills of BUMDes members in the digital field. Thus, rural communities can move the wheels of the economy and can create conditions for a more prosperous society.


Keywords


pelatihan, pemasaran digital, pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)

Full Text:

PDF

References


Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175

Nurdianasari, R., & Indriani, F. (2021). Study On Perceived Online Convenience And Customer Satisfaction Toward Behavioral Intention In Online Shopping. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 5(2). https://doi.org/10.29040/ijebar.v5i2.2295

Pinem, R. J., Farida, N., Budiatmo, A., Listyorini, S., & Widayanto, W. (2021). Pengoptimalan Media Sosial Sebagai Media Pemasaran Online Pada Bumdes Istambul Karya Dalam Pengelolaan Pantai Glagah Wangi Desa Tambak Bulusan Kecamatan Karang Tengah Kabupaten Demak. Jurnal Pengabdian Vokasi, 2(2), 132–135.

Ratna Gumilang, R. (2019). Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(1), 9–14. https://doi.org/10.32670/coopetition.v10i1.25

Rosmadi, M. L. N. (2021). Penerapan Strategi Bisnis di Masa Pandemi Covid-19. IKRAITH-EKONOMIKA, 4(1), 122–127.

Sayutri, M. (2011). Pelembagaan Badan USAha Milik Desa (Bumds) sebagai Penggerak Potensi Ekonomi Desa dalam Upaya Pengentasan Kemiskinan Dikabupaten Donggala. Academica: Majalah Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 3(2), 28526.

Sidik, H. (2020). Meningkatkan Peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sebagai Penggerak Ekonomi8 Pedesaan Di Desa Langensari. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 21–30.

Suliswanto, M. S. W., & Rofik, M. (2019). Digitalization of micro, small & medium enterprises (MSMEs) in east java, indonesia. Muhammadiyah International Journal of Economics and Business, 2(1), 34–43.

Tempo. (2020). Penyebab 10.026 BUMDes Mampu Bertahan saat Pandemi Covid-19—Nasional Tempo.co. Retrieved August 7, 2022, from Tempo website: https://nasional.tempo.co/read/1367196/penyebab-10-026-bumdes-mampu-bertahan-saat-pandemi-covid-19

Wahyuningrum, R. (2018). Analisis Strategi E-Marketing Untuk Meningkatkan Minat Beli Online. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 21(3), 16.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um078v5i12023p44-54

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Email: jgp@um.ac.id

View JGP's Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.

Index by: