PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN DIGITAL MARKETING BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK MEMPERSIAPKAN INDUSTRI 4.0 DI ERA COVID-19 PADA UMKM GRASIMA

Setiadi Cahyono Putro, Sujito Sujito, Wahyu Sakti Gunawan Irianto, Slamet Wibawanto, Moh. Zainul Falah, Abdullah Iskandar Syah, Herpri Milenia

Abstract


Abstrak: Masih kurangnya pengetahuan terkait perizinan usaha dan kurangnya keterampilan dalam memasarkan sebuah produk bagi pelaku usaha mikro kecil menengah di komunitas Griya Rajut Agung Singosari Malang (GRASIMA). Maka dari itu perlu dilakukan pelatihan dan pendampingan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam perizinan dan pemasaran sebuah produk. Bentuk kegiatan program pengabdian kepada masyarakat ini berupa pelatihan dan pendampingan digital marketing untuk meningkatkan legalitas perijinan dan pemasaran guna mempersiapkan industri 4.0 di era COVID-19 bagi pelaku usaha mikro kecil menengah di komunitas Griya Rajut Agung Singosari Malang (GRASIMA). Perijinan yang dilaksanakan meliputi pendaftaran perijinan Nomor Induk Berusaha (NIB) dan pendaftaran merek dagang. Perizinan perlu dilakukan akar dalam menjalankan kegiatan usaha tidak bermasalah dengan hukum. Untuk mendapatkan sertifikat perizinan usaha dari Lembaga yang berwenang maka kegiatan pengabdian ini sangat penting guna mempersiapkan diri menuju industri 4.0. Pelatihan yang telah dilaksanakan meliputi pendaftaran merek dagang, pendaftaran NIB, pelatihan skill fotografi, pelatihan skill video grafi, dan pelatihan pemasaran produk. Dengan telah terlaksananya pelatihan tersebut diharapkan mitra mampu lebih baik dalam memasarkan produknya.

 

Abstract: There is still a lack of knowledge related to business licensing and lack of skills in marketing a product for micro, small and medium enterprises in the Griya Rajut Agung Singosari Malang (GRASIMA) community. Therefore, it is necessary to conduct training and assistance to improve knowledge and skills in licensing and marketing a product. The form of this community service program activity is in the form of training and digital marketing assistance to improve the legality of licensing and marketing in order to prepare industry 4.0 in the COVID-19 era for micro, small and medium enterprises in the Griya Rajut Agung Singosari Malang (GRASIMA) community. Licensing carried out includes registration of licenses for Business Identification Numbers (NIB) and registration of trademarks. Permits need to be carried out root in carrying out business activities without problems with the law. To get a business licensing certificate from the authorized institution, this service activity is very important to prepare for industry 4.0. The trainings that have been carried out include trademark registration, NIB registration, photography skills training, videography skills training, and product marketing training. With the implementation of the training, partners are expected to be able to better market their products.


Keywords


digital marketing, fotografi, pemasaran, video grafi

Full Text:

PDF

References


Basori. (2013). Pemanfaatan Social Learning Network “Edmodo” dalam Membantu Perkuliahan

Teori Bodi Otomotif di Prodi PTM JPTK FKIP UNS. JIPTEK., VI(2).

Hidayat, W. (2014). Pengguna Internet Indonesia Nomor Enam Dunia. EMarketer.Com, pp. 6–11. https://doi.org/10.3847/0004-637X/826/2/213

Indonesia, A. P. J. I. (2015). Profil Pengguna Internet Indonesia. Jakarta: Puskakom UI. Mutia, I. (2013). Kajian Penerapan E-Learning dalam Proses, 6(4), 278–289.

Suriadhi, G. (2014). Pengembangan E-learning Berbasis Edmodo ¬pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII di SMPN 2 Singaraja. Journal Edutech, 2(1).

Yazdi, M. (2012). E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Ilmiah Foristek, 2(1), 143–152.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um078v5i12023p27-34

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Email: jgp@um.ac.id

View JGP's Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.

Index by: