Menumbuhkan Budaya Membaca Kalangan Pendidikan Anak Usia Dini Melalui Pojok Ruang Baca

Endang Retnoningsih, Syahbaniar Rofiah, Reni Novia, Fata Nidaul Khasanah, Khansa Salsabila, Salsabillah Arravi

Abstract


Persoalan rendahnya budaya baca merupakan salah satu isu penting dalam memahami rendahnya tingkat literasi masyarakat Indonesia. Selain rendahnya minat membaca, minat siswa mengunjungi perpustakaan masih rendah. Hal ini dapat terjadi akibat kurangnya bahan bacaan, kemudian bahan bacaan yang tersedia tidak bervariasi sehinggal menyebabkan siswa malas untuk membaca. Sehingga perlu dibiasakan budaya membaca agar meningkatkan minat dimulai di kalangan anak usia dini. Mitra dari kegiatan ini adalah Kelompok Belajar di daerah Tambun Selatan. Dalam pelaksanaan terdapat lima siklus tahapan mulai dari observasi, penyuluhan, pelatihan, pendampingan dan evaluasi. Hasil dari kegiatan ini semua siklus melibatkan peran aktif antara tim dan mitra dalam mengembangkan pojok ruang baca. Antusiasme akan pojok ruang baca yang ada disambut dengan senang baik dari guru, siswa yang merasa terfasilitasi dan terwujudnya pojok ruang baca serta masyarakat umum di lingkungan sekitar lokasi mitra.

Keywords


Budaya Membaca, Literasi, Ruang Baca

References


Chasanatun, F., & Afifah, S. N. (2022). Kelas Unggulan Berliteras Program Literasi Sekolah di TK dan SD (Cetakan Pe). UNIPMA Press Universitas PGRI Madiun.

Fikroh, S., Lestari, K. T., Kholid, & Supriatna, U. (2023). Pembentukan Taman Baca dan Bermain Anak Sebagai Wahana Edukasi Literasi Berbasis Budaya Lokal di Kelurahan Sidomulyo Kecamatan Tuban Kabupaten Tuban. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 1429–1433.

Ifaldiansyah, M. R., Maghfiroh, A. R. M., Rani, S., & ... (2022). Inisisasi Taman Baca Sebagai Upaya Meningkatkan Literasi Anak-Anak di Sambiarum Kelurahan Sambikerep Kota Surabaya. Karya Unggul Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 99–106. https://ojs.atds.ac.id/index.php/karyaunggul/article/view/76%0Ahttps://ojs.atds.ac.id/index.php/karyaunggul/article/download/76/56

Ilmi, N., Wulan, N. S., & Wahyudin, D. (2021). Gerakan Literasi Sekolah dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2866–2873.

Iriani, P., Suprianti, Y., Susilawati, & Syafitri K, A. (2020). Pembuatan Taman Bacaan Sebagai Upaya Peningkatan Minat Literasi Anak-Anak Dan Remaja Kampung Cisaroni - Desa Cikahuripan Lembang. Jurnal DIFUSI, 2(1), 49. https://doi.org/10.35313/difusi.v2i1.1813

Khasanah, F. N., Lestari, R. D., Dalim, D., & ... (2023). Pemberdayaan Anak dan Remaja dalam Pengoptimalan Taman Fontabaca sebagai Upaya Menumbuhkan Minat Literasi Membaca di Fontania Desa Tambun. Jurnal Pengabdian …, 6(1), 11–20. https://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/Jabdimas/article/view/1682%0Ahttps://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/Jabdimas/article/download/1682/1236

Suhartono, & Hafidhoh, N. (2022). Menumbuhkan Minat Baca Anak: Pendampingan Pendirian Taman Baca di Madin An-Nur Desa Kedungrejo Tanjunganom Nganjuk. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 44–52. http://ejurnal.iaipd-nganjuk.ac.id/index.php/ngaliman/article/view/357%0Ahttp://ejurnal.iaipd-nganjuk.ac.id/index.php/ngaliman/article/download/357/252




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um078v5i42023p%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Email: jgp@um.ac.id

View JGP's Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.

Index by: