OPTIMALISASI CRITICAL THINKING ANALYSIS AND PROBLEM SOLVING SKILLS DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI MELALUI PENGENALAN CASE BASE METHOD BAGI PESERTA PPG UM

Sri Handayani, Ro'ufah Inayati, Annisya Annisya, Andy Prasetyo Wati, Dian Eka Prasastianta, Lynda Nur Fitria, Nurul Ilmiah

Abstract


Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru ekonomi, khususnya peserta Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) di Universitas Negeri Malang, dalam analisis berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah. Metode pembelajaran berbasis kasus dapat meningkatkan kemampuan guru untuk mengaitkan konsep-konsep teori ekonomi dengan situasi dunia nyata. Melalui pelatihan dan workshop, guru memperoleh pemahaman tentang bagaimana membuat dan menyajikan materi pembelajaran berbasis kasus. Mereka juga diajarkan strategi untuk mendorong diskusi di kelas. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa para peserta pelatihan menjadi lebih paham tentang konsep critical thinking analysis dan problem solving sklills serta penerapannya dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Selain itu, ada guru yang berhasil membuat studi kasus tambahan tentang situasi pembelajaran di sekolah mereka.

Keywords


Critical Thinking Analysis; Problem Solving Skills; Case-Based Method; Pembelajaran Ekonomi; PPG UM

References


Akmal, A., & Sutrisno, D. (2022). Pelatihan dan Pembuatan Bahan Ajar Pelajaran Bahasa Inggris Tingkat SLTP dan SLTA bagi Guru-Guru MGMP Bahasa Inggris. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 13(3), 578–583. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v13i3.12637

Andriyani, N. L., & Suniasih, N. W. (2021). Development of Learning Videos Based on Problem-Solving Characteristics of Animals and Their Habitats Contain in Ipa Subjects on 6th-Grade. Journal of Education Technology, 5(1), 37. https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.32314

Hamda, N., Nurhasanah, E., & Tasia, F. E. (2021). Peran Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Inovatif. Aufklarung: Jurnal Pendidikan, 1(2), 130–136.

Hussin, W. N. T. W., Harun, J., & Shukor, N. A. (2018). Problem Based Learning to Enhance Students Critical Thinking Skill via Online Tools. Asian Social Science, 15(1), 14. https://doi.org/10.5539/ass.v15n1p14

Jannah, N. (2022). Problem-Based Learning Strategies As The Main Concept of Quality Learning. FALASIFA : Jurnal Studi Keislaman, 13(1), 68–82. https://doi.org/10.62097/falasifa.v13i1.861

Kwangmuang, P., Jarutkamolpong, S., Sangboonraung, W., & Daungtod, S. (2021). The development of learning innovation to enhance higher order thinking skills for students in Thailand junior high schools. Heliyon, 7(6), e07309. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e07309

Lase, D. (2019). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora Dan Kebudayaan, 12(2), 28–43. https://doi.org/10.36588/sundermann.v1i1.18

Ma’fiyah, I., & Sumardiono, S. (2021). Optimalisasi Kompetensi Profesional Guru Bahasa Inggris Perhotelan SMK melalui Pemahaman Pengembangan Materi Ajar Berbasis Critical Pedagogy. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 12(2), 335–339. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v12i2.6763

Margret, A., Dirga Ardiansa, Setiawan, D. M., Samosir, H., Novitasari, M., & Roni. (2021). Mengenali Hambatan Multidimensional Perempuan Menjadi Kepala Sekolah dan Madrasah (Issue September).

Rahmadani, V., & Hia, Y. (2023). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Berbasis Model Pembelajaran Problem Based Learning Di SMP Negeri 16 Medan. Prosiding Seminar Nasional Jurusan Matematika 2023, November, 237–244.

Rahman, Z., Saptari, H. A., Darajat, R., Tampubolon, L. G., Yura, A. A. A.-, Sarasti, & Sarasti, S. A. W. R. (2023). Gagasan Inovasi Pendidikan. In Paragon Corp (Vol. 4, Issue April).

Risdiany, H. (2021). Pengembangan Profesionalisme Guru Dalam Mewujudkan Kualitas Pendidikan. Jurnal AL-HIKMAH, 3(2), 194–202.

Wahyono, H., Hasyim Ibnu Abbas, M., & Umi Mintarti Widjaja, S. (2023). Economic Education and The Spirit of Pancasila Economy. International Journal Of Community Service, 3(2), 81–85. https://doi.org/10.51601/ijcs.v3i2.155




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um078v7i12025p%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Email: jgp@um.ac.id

View JGP's Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.

Index by: