Penguatan Layanan Bimbingan Karier bagi Guru BK dan Wali Kelas Berlandaskan Nilai-Nilai Religi Melalui Capacity Building di Era Vuca

Muslihati Muslihati

Abstract


Pengabdian Capacity Building dilakukan di Yayasan Pesantren Zainul Hasan Genggong baik SMA Zainul Hasan, SMA Unggulan Hafsawati, MA Zainul Hasan dan MA Model. Minimnya layanan bimbingan karir bagi siswa di pesantren tentu akan mempengaruhi perkembangan karir siswa itu sendiri. Untuk mencegah munculnya problematika tersebut dimasa yang akan datang maka diperlukan penguatan layanan bimbingan karier yang terstruktur agar siswa mampu mempersiapkan masa depan dan mengoptimalkan potensi yang ada dalam dirinya. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini ialah model project-based learning dengan alur 6P yakni: (1) persiapan; (2) persiapan bahan; (3) pengenalan; (4) pelatihan; (5) penutup; dan (6) pelaporan. Berdasarkan hasil wilcoxon dari pre-test dan post-test yakni p < 0.01, terdapat peningkatan pengetahuan guru BK dan Wali kelas. Maka dapat dikatakan bahwa capacity building efektif meningkatkan kualitas guru BK dan wali kelas mengenai pengembangan dan pelaksanaan layanan bimbingan karir berlandaskan nilai-nilai religi di era VUCA.

Keywords


Capacity Building; Layanan Bimbingan Karier; Era VUCA

References


Barhate, B., & Dirani, K. M. (2022). Career aspirations of generation Z: a systematic literature review. European Journal of Training and Development, 46(1/2), 139-157.

Prayoga, M., Dista, S., Winarti, A., Aprianti, N., Arvianti, S., Junianti, E. D., ... & Amelia, R. (2023, November). Menurunnya Tingkat Belajar Mahasiswa Di Era VUCA. In Proceeding Conference on Psychology and Behavioral Sciences (Vol. 2, pp. 115-120).

Rohma, R. N. (2023). Perencanaan Karir Siswa SMA: Tinjauan Literatur yang Sistematis. Conseils: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 3(1), 50-60.

Rosdiana, L. S., Wangi, R. G. A., Febyanti, R., & Firmansyah, F. H. (2022). Analisis Pengaruh Bimbingan Karir terhadap Siswa SMK: Studi Kepustakaan. Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, 11(1), 37-44.

Santoso, G. (2022). Revolusi Pendidikan di era society 5.0; pembelajaran, tantangan, peluang, akses, dan keterampilan teknologi. Jurnal Pendidikan Transformatif, 1(2), 18-28.

Syahputri, A. (2020). PENGARUH LAYANAN INFORMASI STUDI LANJUT TERHADAP PERENCANAAN KARIR SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 2 BINJAI TAHUN AJARAN 2018/2019. Jurnal Serunai Bimbingan dan Konseling, 9(2), 47-53.

Zona, M. A., & Zulvia, Y. (2022). Perencanaan karir bagi siswa sekolah menengah kejuruan. Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 22(2), 242-250.

Zwagery, R. V., & Safithry, E. A. Basic Concepts Of Child And Youth Creativity Development And Its Measurement In Developmental Psychology. EduCurio Educ, 1(2), 426-439.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um078v7i12025p%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Email: jgp@um.ac.id

View JGP's Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.

Index by: