UPAYA MEWUJUDKAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI PARTISIPASI ORANGTUA SISWA

Raden Bambang Sumarsono

Abstract


Abstrak: Upaya Mewujudkan Mutu Pendidikan Melalui Partisipasi Orangtua Siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) ragam bentuk partisipasi orangtua dalam meningkatkan mutu pen­didikan, (2) strategi sekolah dalam memberdayaan orangtua untuk berpartisipasi dalam meningkatkan mutu pendidikan, dan (3) indikator pencapaian mutu pendidikan yang merupakan kontribusi dari partisipasi orangtua. Metode penelitian ini adalah kualitatif, pendekatan fenomenologis, dengan rancangan studi multi kasus pada dua sekolah dasar negeri dan swasta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi peran serta, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dengan model alir dan comparative constant. Ada tiga rumusan hasil penelitian, yaitu: (1) partisipasi orangtua dalam meningkatkan mutu pendidikan berbentuk fisik dan non-fisik; (2) strategi sekolah dalam memberdayakan orangtua untuk berpartisipasi dalam meningkatkan mutu pen­didikan melalui pembuatan program yang menarik dan bermanfaat bagi orangtua, menciptakan iklim yang kondusif, pelibatan orangtua dari perencanaan sampai pada evaluasi program sekolah, penerapan prinsip transparan dan akutabilitas, berikutnya melalui intensitas jalinan komunikasi melalui berbagai media komunikasi; dan (3) indikator pencapaian mutu pendidikan yang merupakan kontribusi dari partisipasi orangtua meliput icapaian prestasi non-akademik melalui kegiatan ekstrakurikuler, proses pembelajaran, dan kondisi sekolah.


Keywords


partisipasi orangtua, mutu pendidikan, sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Aldridge, J. & Goldman, R. 2002. Current Issues and Trends in Education. Boston: Allyn and Bacon.

Bacharach. S.B. 1990. Education Reform: Making Sense of It All. Boston: Allyn and Bacon.

Bafadal, I. 2006. Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar dari Sentralisasi Menuju Desentralisasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Bogdan, R.C. & Biklen, S.K. 2007. Qualitatif Research for Education (An Introduction to Theories and Methods) 5th Edition. Boston: Allyn & bacon, Inc.

Castro, M., Casas, E., Martin, E., Lizasoain, L., Asencio, E., & Gaviria, J. 2015. Parental Involvement on Student Academic Achievemnt: A Meta-Ana¬lysis. Education Research Review,14: 33–46.

Dagett, W.R. 2005. Successful School: From Research to Action Plan. (Online). (http://www.quality. cr.k12.ia.us/Resources/SuccessfulSchools_Daggett_05.pdf), diakses 15 Februari 2017.

Danim, S. 2006. Visi Baru Manajemen Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Depertemen Pendidikan Nasional. 2007. Pendidikan dan Pelatihan: Manajemen Hubungan Masyarakat dalam Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta: Dit¬naga Ditjen PMPTK.

Duke, L.D. & Canady, R.L. 1991. School Policy. New York: McGraw Hill Inc.

Herman, J.L. & Yeh, J.P. 1983. Some Effective of Par¬ent Involment in School. Urban Review, 15 (1): 11–16.

Hewison, J. & Tizard, J. 1980. Parental Involvement and Reading Attainment. Brithis Journal of Educa¬tion Psychology, 50, (3): 209–215

Hoy, C., Bayne-Jardine, C., & Wood, M. 2000. Improv¬ing Quality in Education. London: Falmer Press.

Imron, A. & Sumarsono, R.B. 2017. Manajemen Hu¬bungan dan Partisipasi Masyarakat di Sekolah. Malang: UM Press.

Keith, S. & Girling, R. H. 1991. Educational, Manage¬ment, and Participation: New Directions in Educa¬tional Administration. Boston: Allyn and Bacon.

Kholis, N. 2003. Sekolah Unggulan yang tidak Unggul. (Online). (http://www.researchengine.com/nur¬cholis/html). Diakses 15 Februari 2017.

Kimaro, A.R. & Machumu, H.J. 2015. Impacts of Pa¬rental Involvement in School Activities on Aca¬demic Achievement of Primary School Children. International Journal of Education and Re¬search, 3 (8): 483–494.

Kusmintardjo. 2010. Manajemen Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan. Manajemen Pendidikan, 23 (2): 195–203.

Maisyaroh. 2001. Melaksanakan Peranserta Masyarakat dalam Penyelenggaraan Lembaga Pendidikan, Suatu Kajian Menyongsong Otonomi Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 14 (2): 10–17.

Milles, M.B., Huberman, M.A. & Saldana, J. 2014. Qualitative Data Analysis: A Methods Source¬book. Thousand Oaks, California: Sage.

Moles, O. 1992. Synthesis or Recent Research on Parent Participation on Children’s Education. Educa¬tional Leadership, 44.

Murillo, I.I. 2002. Good Effective School Improvement in Spain. Educational Research and Evaluation, 8 (4): 387–410.

Orrstein, A.C. & Levine, D.U. 1985. An Inttroducting to The Foundations of Education. Boston: Hough¬ton Mifflin Company.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Repu¬blik Indonesia Nomor 75 Tahun 2016 tentang Komite Sekolah.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Bandung: Citra Umbara.

Preedy, M. (Ed). 1993. Managing The Effective School. London: The Open University.

Radu, B.M. 2011. Parental Involvement: in School: A Study of Resources, Mobilization, and in Herent Inequality. Journal of Comparative Research in Anthropology and Sociaology, 2 (2): 103–115.

Rasheed, S. 2000. Defining Quality in Education. New York, USA: United Nations Childrent’s Fund. (Online). (http://www.qualityeducation.org). Di¬akses 10 Maret 2015.

Rebore, R.W. 1985. Educational Administration: AManagement Approach. Enliwood Cliff, New Jersey: Prentice-Hall Inc.

Reynolds, D., Bollen, R., Creemers, B., Hop[kins, D., Stoll, L. & Lagerwejj, N. 1996. Making Good Schools: Linking Schools Effectiveness and School Improvement. London: Routledge.

Rohiat. 2010. Manajemen Sekolah: Teori Dasar dan Praktik. Bandung: PT. Rafika Aditama.

Rugaiyah. 2012. Pengembangan Komptensi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Artikel dalam Prosiding International Confer¬ence Educational Management, Administration and Leadership. Malang: Jurusan Administrasi Pendidikan.

Soetopo, H. 2012. Tantangan dan Isu-Isu Pendidikan Nasional Serta Solusinya. Artikel dalam Prosid¬ing International Conference Educational Man¬agement, Administration and Leadership. Ma¬lang: Jurusan Administrasi Pendidikan.

Sumarsono, R.B., Imron, A., Wiyono, B.B., & Arifin, I. 2016. Parents Participation In Improving The Quality Of Elementary School In The City Of Malang, East Java, Indonesia. International Edu¬cation Studies, 9 (10): 256–262.

Suryadi, A. 2003. Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah Mewujudkan Sekolah-Sekolah yang Mandiri dan Otonom, (Online). (http://www.dep¬diknas.go.id.serba-serbidpks/pemberdayaan¬dpks/html). Diakses 10 Maret 2015.

Syafaruddin. 2002. Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan, Konsep, Strategi, dan Aplikasi. Ja¬karta: Grasindo.

Tilaar, H.A.R. 2009. Membenahi Pendidikan Nasional. Jakarta: Rineka Cipta.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara.

Winoto, S. 2007. Komite Sekolah dalam Proses Mana¬jemen Peningkatan Mutu Pendidikan (Studi Mul¬tikasus di SMP Nusa bangsa Malang dan MTs Harapan Bangsa Malang). Disertasi tidak diter¬bitkan. Malang: Program Pascasarjana Universi¬tas Negeri Malang.

Wiyono, B.B. 2010. Partisipasi Masyarakat terhadap Pelaksanaan Kegiatan Pendidikan. Manajemen Pendidikan Volume, 23 (1): 10–11.

Yin, R.K. 2002. Case Study Research: Design and Methods. Thousand Oaks, CA: Sage.

Zamroni. 2000. Paradigma Pendidikan Masa Depan. Yogyakarta: Biptaf Publishing.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um048v24i2p63-74

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Jurnal Ilmu Pendidikan
ISSN: 0215-9643 | E-ISSN: 2442-8655
Contact
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Malang (UM)
Graha Rektorat, Floor 6, Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/jip
E-mail: jip@um.ac.id

Jurnal Ilmu Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats