SIFAT-SIFAT CAHAYA DALAM DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS

Silva Nadhifatul A’yun, Bambang Subali

Abstract


Abstrak: Sifat-sifat Cahaya dalam Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA materi sifat-sifat cahaya antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan melibatkan peningkatan keterampilan proses sains siswa kelas V SD Negeri Tambakroto. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasy exsperimental design) dan desain penelitian menggunakan control group pretest and posttest. Instrumen yang digunakan berupa soal tes untuk pemahaman kognitif dan lembar observasi untuk keterampilan proses sains. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen adalah 79,14 se­dangkan kelas kontrol hanya mencapai 66,54 yang dianalisis menggunakan uji-t dengan perolehan thitung = 3,026 > ttabel = 2,007. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas ekspe­rimen dengan kelas kontrol. Adapun hasil observasi keterampilan proses sains pada kelas eksperimen di­peroleh presentase rata-rata pra tindakan yaitu 50% dan pada saat tindakan sebesar 78,33% mengalami peningkatan sebesar (< g = 0,56 >) dalam kategori sedang. Jadi dapat disimpulkan bahwa model dis­covery learning dapat meningkatkan keterampilan proses sains.

Keywords


discovery learning, hasil belajar IPA, keterampilan proses sains

References


Aji, F.P. 2015. Perbedaan Keterampilan Proses IPA Siswa pada Pembelajaran menggunakan Pen¬dekatan Saintifik dan STM. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4 (6): 1–10.

Bundu, P. 2016. Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains SD. Jakarta: Depdikdas

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia

Ilmi, A.N.A., Indrowati, M., & Probosari, R.M. 2012. Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Guided Discovery terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Teras Bo¬yolali. Jurnal Pendidikan Biologi, 4 (2): 44–52.

Kristin, F. & Rayahu, D. 2016. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning ter¬hadap Hasil Belajar IPS pada siswa kelas 4 SD. SCHOLARIA: Jurnal Pendidikan dan Kebuda¬yaan, 6 (2): 84–92.

Lete, M., Sutopo, & Yuliati, L. 2016. Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa melalui Pem¬belajaran Discovery Topik Tekanan Hidrostatis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA Pascasarjana UM, Volume 1: 1020–1032.

Marnita. 2013. Peningkatan Keterampilan Proses Sains melalui Pembelajaran Kontekstual pada Ma¬hasiswa Semester 1 Materi Dinamika. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 9: 43–52.

Mubarok, C. & Sulistyo, E. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa kelas X TAV pada Standar Kompetensi Melakukan Instalasi Sound System di SMK Negeri 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3 (2): 215–221.

Susanto, A. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Syafi’i, A., Handayani, L., & Khanafiyah, S. 2014. Penerapan Question Based Discovery Learning pada Kegiatan Laboratorium Fisika untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. Unnes Physic Education Journal, 3 (2): 10–17.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um048v24i2p75-79

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Jurnal Ilmu Pendidikan
ISSN: 0215-9643 | E-ISSN: 2442-8655
Contact
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Malang (UM)
Graha Rektorat, Floor 6, Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/jip
E-mail: jip@um.ac.id

Jurnal Ilmu Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats