PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN KADEMANGAN 1 PROBOLINGGO

Katinah Katinah

Abstract


Observasi awal pelaksanaan pembelajaran Matematika di kelas V SDN Kademangan 1 menunjukkan pembelajaran yang dilakukan cenderung berpusat pada guru. Hal ini menjadi salah satu penyebab hasil belajar kognitif Matematika yang dicapai mahasiswa masih rendah, karena siswa kurang terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran. Model pembelajaran Group Investigation menekankan pada pengalaman belajar secara langsung melalui pembelajaran kooperatif teman sebaya, sehingga siswa dapat mengoptimalkan hasil belajar kognitif Matematika siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Kademangan 1 Probolinggo Tahun Ajaran 2014/2015. Data yang diperoleh dari penelitian yaitu hasil belajar kognitif Matematika yang diukur dengan menggunakan tes. Analisis data dilakukan secara kualitatif deskriptif. Penerapan model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar kognitif Matematika siswa. Hal ini dapat diketahui dari ketercapaian hasil belajar kognitif siswa yang meningkat, rata-rata hasil belajar kognitif siswa untuk siklus 1 sebesar 51 kemudian meningkat menjadi 68 pada siklus 2. Sedangkan jumlah persentase siswa yang dapat mencapai rata-rata diatas nilai KKM sebesar 81%, melebihi indikator ketercapaian tindakan. Hal tersebut didukung dengan aktivitas belajar siswa yang aktif selama proses pembelajaran. Proses pembelajaran aktif tersebut mendukung siswa untuk memahami dan mengaplikasikan konsep Matematika dengan lebih mendalam dan bermakna bagi siswa.


Keywords


Hasil Belajar Kognitif Matematika dan Pembelajaran Group Investigation

Full Text:

Untitled

References


Arends. 2012. Learning to Teach. New York: McGraw-Hill.

Arikunto. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Abdurrahman. 2003. Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hanisah, Tri & Setyo. Penggungaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika tentang Pecahan pada Siswa Kelas V SD. Artikel. Solo: UNS.

Marsih, Wahyudi & Arsiti. 2010. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Tentang Soal Cerita Pecahan Pada Siswa Kelas V SD. Artikel. Solo: UNS.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakrta: PT Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats