MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI LISTRIK STATIS MELALUI METODE THINK PHAIR AND SHARE

Suharna Suharna

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan pelaksanaan metode pembelajaran  Think Pair and Share (TPS) terhadap materi listrik statis pada peserta didik klas IX.1 SMPN 8 Kota Probolinggo tahun pelajaran 2015/2016 dan untuk mengukur tingkat hasil belajar peserta didik dalam ranah kognitif setelah mengikuti KBM dengan menggunakan metode Think Pair and Share (TPS). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar peserta didik yang cukup signifikan, yaitu rerata keaktifan dalam mengikuti KBM dapat mencapai 86 %. Sedangkan hasil belajar dalam aspek kognitiv mengalami peningkatan sebesar 1,50 dari tahap pra siklus reratanya sebesar 6,00 dan pada siklus 2 reratanya mencapai 7,50.


Keywords


Think Pair and Share dan Hasil Belajar

Full Text:

Untitled

References


Anita Lie. 2004. Cooperative Learning Mempraktekkan di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: PT. Grasindo.

Arikunto, Suharsimi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Reseach – CAR ). Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. 2006. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Munawar, Indra. 2009. Hasil Belajar (Pengertian dan Definisi). http://indramunawar. blogspot.co.id/2009/06/hasil-belajar-pengertian-dan-definisi.html

Sudjana, Nana. 1989. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensido Offset.

Sudarmanto. 2011. Peningkatan Ketuntasan Belajar Opearsi Hitung Bentuk Aljabar Dengan Strategi Think- Phair And Share Pada Siswa Kelas VII.5 SMP Negeri 8 Kota Probolinggo. Jurnal: Riset Pendidikan dan Pembelajaran (JRPP), Volume III Nomor 4, halm. 345–459.

Supardi dan Suhardjono. 2011. Startegi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Yogjakarta: Andi Offset.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats