PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL MAKE A MATCH PADA MATERI KIMIA UNSUR KELAS XII–MIPA DI SMA NEGERI 3 LUMAJANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuat suasana belajar menjadi tidak membosankan sehingga dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Kimia Unsur. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match dengan teknis masing-masing siswa diberikan sebuah kartu yang berisikan soal serta jawaban dari materi pelajaran yang sedang dipelajari. Setelah kartu diberikan, masing-masing siswa berusaha untuk menemukan pasangan sesuai dengan isi soal atau membuat pasangan yang tepat, dan akan diberikan poin atau penghargaan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar pada siklus I sebanyak 37,14% (13 siswa dari 35 siswa yang tuntas) dan pada siklus II sebanyak 85,71% (30 siswa dari 35 siswa yang tuntas). Hal ini dapat dikatakan bahwa model pembelajaran Make A Match mampu diterapkan dalam kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi Kimia Unsur. Namun guru tetap disarankan untuk menggunakan model pembelajaran lainnya sehingga lebih bervariasi.
Keywords
Full Text:
XMLReferences
Anita, Lie. 2008. Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.
Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kemmis, S., & Mc Taggart, R. (1998). The Action Research Planner.Victoria: Deakin University Press.
Ramadhan, Tarmizi. 2008. Pembelajaran Kooperatif Make A Match. Diakses dari: https://tarmizi.wordpress.com/2008/12/03/pembelajaran-kooperatif-make-a-match/ pada tanggal 11 Maret 2015.
Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.
Widyatun, Diah. 2012. Metode Make A Match. Diakses dari: http://jurnalbidandiah.blogspot.co.id/2012/04/metode-make-match.html/ pada tanggal 11 Maret 2015.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id