PENERAPAN METODE PETA PIKIRAN (MIND MAPPING) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK SISWA KELAS X.1 SMA NEGERI 6 MANADO

Jansje Syulty Timporok

Abstract


Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah (1)mendeskripsikan proses pembelajaran menulis cerita pendek dengan penerapan metode peta pikiran (mind mapping) (2)meningkatkan keterampilan menulis cerita pendek dengan penerapan metode peta pikiran (mind mapping).Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Lokasi penelitian ini di kelas X SMA Negeri 6 Manado, yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu: (1) tahap perencanaan tindakan, (2) tahap pelaksanaan tindakan, (3) tahap observasi dan interprestasi, dan (4) tahap analisis dan refleksi.Permasalahan dalam pembelajaran berangsur-angsur dapat diatasi dengan penerapan metode peta pikiran. Keterampilan siswa dalam menulis cerita pendek (cerpen) meningkat. Rata-rata nilai pada prasiklus 52,9, dengan tingkat ketuntasan klasikal 7,69%. Pada siklus I, nilai rata-rata tes adalah 61,61 dengan ketuntasan klasikal mencapai 26,92%. Pada siklus II, nilai rata-rata mencapai 71,39 dengan ketuntasan klasikal mencapai 65,38%. Pada siklus III, nilai rata-rata mencapai 79,17 dengan ketuntasan klasikal mencapai 88,46%.Berdasarkan tindakan yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa (1) penerapan metode peta pikiran untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran keterampilan menulis cerita pendek. (2) Penerapan metode dapat meningkatkan keterampilan menulis cerita pendek pada siswa kelas X SMA Negeri 6 Manado, yaitu minimal 80% siswa memperoleh nilai 75 atau lebih sebagai batas tuntas.


Keywords


Peta pikiran dan keterampilan menulis cerpen

Full Text:

Untitled

References


Buzan, Tony. 2004. Mind Map untuk Meningkatkan Kreativitas. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Muslich, Masnur. 2012. Melaksanakan Penelitian Tindkan Kelas Itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurgiyantoro, Burhan. 2007. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sadiman, Arief, dkk. 2002. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Stanton, Robert. 2007. Teori Fiksi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wardani, I.G.A.K. 1981. Pengajaran Sastra. Jakarta: Proyek Pengembangan Pendidikan Guru P3G Depdikbud.

Wiyanto, Asul. 2005. Kesusastraan Sekolah Penunjang Pembelajaran Bahasa Indonesia SMP dan SMA. Jakarta: Grasindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats