PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS NARRATIVE MELALUI METODE SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE AND REVIEW)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses belajar memahami teks narrative melalui metode SQ3R pada siswa kelas IX G SMP Negeri 5 Probolinggo tahun pelajaran 2016/2017 dan dapat meningkatkan hasil belajar memahami teks narrative melalui metode SQ3R pada siswa kelas IX G SMP Negeri 5 Probolinggo tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite and Review) dengan subjek penelitian 30 siswa. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus yang ditiap-tiap siklusnya terdapat dua kali pertemuan. Adapun hasil penelitian ini adalah adanya terjadi peningkatan yang signifikan terhadap aktivitas belajar siswa untuk KD 3.11 Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks naratif berbentuk cerita rakyat, sesuai dengan konteks penggunaannya. Hal itu ditunjukkan adanya hasil belajar yang dicapai siswa dari siklus I ke siklus II juga mengalami peningkatan yang signifikan yakni siklus I mencapai 53,3% sedangkan siklus II mencapai 83,3%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tindakan siklus II telah dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami teks narrative.
Keywords
Full Text:
XMLReferences
Bachrudin, Syaiful. 2013. Metode Membaca SQ3R dalam Pembelajaran Kemampuan Membaca Bahasa Jerman Kelas XI Bahasa MAN 2 Bojonegoro. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: JBSJ FBS UNESA.
Chotimah, Husnul. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Bayu Media
Kamijan dan Suyono. 2004. Pelatihan Terintegrasi Berbasis Kompetensi Pelajaran Menyimak. Jakarta: Depdiknas.
Kemmis, S., & Mc Taggart, R. (1998). The Action Research Planner.Victoria: Deakin University Press.
Mintowati, Maria. 2002. Membaca. Jakarta: Depdiknas.
Somadayo, Samsu. 2011. Strategi Dan Teknik Pembelajaran Membaca.Yogyakarta : Graha Ilmu.
Ziazone. 2011. Metode Pembelajaran Diskusi. Diakses dari: https://ziazone.wordpress.com/2011/10/05/metode-pembelajaran-diskusi/ pada 3 Desember 2012.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id