PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS NARRATIVE MELALUI METODE SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE AND REVIEW)

Fathur Rozi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk  meningkatkan  proses belajar memahami teks narrative melalui metode SQ3R pada siswa kelas IX G SMP Negeri 5 Probolinggo tahun pelajaran 2016/2017 dan dapat meningkatkan  hasil belajar memahami teks narrative melalui metode SQ3R pada siswa kelas IX G SMP Negeri 5 Probolinggo tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite and Review) dengan subjek penelitian   30 siswa. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus yang ditiap-tiap siklusnya terdapat dua kali pertemuan. Adapun hasil penelitian ini adalah  adanya terjadi peningkatan yang signifikan terhadap aktivitas belajar siswa untuk KD 3.11 Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks naratif berbentuk cerita rakyat, sesuai dengan konteks penggunaannya. Hal itu ditunjukkan adanya hasil belajar yang dicapai siswa dari siklus I ke siklus II juga mengalami peningkatan yang signifikan yakni siklus I mencapai 53,3% sedangkan siklus II  mencapai 83,3%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tindakan siklus II telah dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami teks narrative.


Keywords


Memahami Teks Narrative danMetode SQ3R.

Full Text:

XML

References


Bachrudin, Syaiful. 2013. Metode Membaca SQ3R dalam Pembelajaran Kemampuan Membaca Bahasa Jerman Kelas XI Bahasa MAN 2 Bojonegoro. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: JBSJ FBS UNESA.

Chotimah, Husnul. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Bayu Media

Kamijan dan Suyono. 2004. Pelatihan Terintegrasi Berbasis Kompetensi Pelajaran Menyimak. Jakarta: Depdiknas.

Kemmis, S., & Mc Taggart, R. (1998). The Action Research Planner.Victoria: Deakin University Press.

Mintowati, Maria. 2002. Membaca. Jakarta: Depdiknas.

Somadayo, Samsu. 2011. Strategi Dan Teknik Pembelajaran Membaca.Yogyakarta : Graha Ilmu.

Ziazone. 2011. Metode Pembelajaran Diskusi. Diakses dari: https://ziazone.wordpress.com/2011/10/05/metode-pembelajaran-diskusi/ pada 3 Desember 2012.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats