PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMPRODUKSI TEKS EKSPLANASI MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN MIND MAP ATKINSON

Umi Nurhidayati

Abstract


Keterampilan menulis harus dimiliki oleh peserta didik dalam memproduksi teks eksplanasi. Tujuan penelitian ini adalah mendskripsikan pembelajaran  memproduksi teks eksplanasi melalui mind map Atkinson secara terbimbing pada kelas XI PBB dan peningkatan hasil belajar memproduksi teks eksplanasi melalui penyusunan  mind map Atkinson secara terbimbing di kelas XI PBB. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas terdiri atas dua siklus dan setiap siklus terdapat dua kali pertemuan dengan subjek penelitian sebanyak 26 peserta didik. Berdasarkan perkembangan hasil evaluasi dari siklus I ke siklus II dapat dikatakan terjadi peningkatan kualitas pembelajaran dan hasil belajar. Pada proses pembelajaran eksplorasi ide  menulis berfokus pada natural, social, economic, dan will being dengan mengemukakan  kausalitas dalam peristiwa alam dan sosial. Pembelajaran menulis dengan mind map Atkinson dapat menciptakan motivasi belajar menulis. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal dalam menulis teks eksplanasi pada siklus I adalah 54% sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yakni 92%.


Keywords


Memproduksi teks eksplanasi, mind map Atkinson

Full Text:

XML

References


Buzan, Tony. 2007. Mind Map untuk Meningkatkan Kreativitas. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Dauglas, H. Brown. 2007. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa.Edisi kelima.Terjemahan. Jakarta: Pearson Education.Inc.

De Bregounde & Dressler. 1981. Text Discourse and Process. London: Longman.

Hammond et al., 1992.Engish for Specific Purposes : A Handbook for Teachers of Adult Literacy. Sydney: NCELTR.

Kern, R. 2000. Literacy and Language Teaching. Oxford: Oxford University Press.

Mahsun. 2014. Tks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kuikulum 2013. Jakatya: Raja Graafindo Persada.

McKeown, Rosalyn. 2002. Education For Suistainable Development. Energy, Environment and Resources Center University of Tennessee.

Moelong, J. Lexy. 2000. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remadja Rosdakarya.

Muslich, Mansur. 2010. Teks Book Writing: Dasar-Dasar Pemahaman, Penulisan dan Pemakaian Buku Teks. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

OECD.2014. PISA 2012 Result: What Student Know and Can Do. Student Performance in Mathematics, Reading Science. (Volume I, Revised Edition, February 2014),PISA, OECD Publishing. http://dx.doi.org/10.178789264201118-en.

Peraturan Pemerintah nomor22 tahun 2016 tentang Standar Isi

Richard, Jack C. 2002. Metodology in Language Teaching. Cambridge.University Press.

Tri Priyatni, Endah. 2012. Pembelajaran Sastra dengan Ancangan Literasi.Disertasi. Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang : Tidak diterbitkan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats