PENERAPAN PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM MENINGKATKAN KETRAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR LARUTAN ELEKTROLIT

Endang Sri Rahayu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan proses sains siswa, hasil belajar siswa, dan respons siswa terhadap pembelajaran inkuiri pada materi larutan elektrlit. Rancangan penelitian ini menggunakan PTK dengan empat putaran yang tiap putarannya terdiri dari rancangan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI TITL.1 di SMK Negeri 2 Probolinggo. Hasil penelitian, menunjukkan bahwa peningkatan aktivitas belajar siswa, secara berturut–turut pada siklus I sebesar 49,69%; pada siklus II sebesar 50,31%; pada siklus III sebesar 52,19%; dan pada siklus IV sebesar 53,44%. Penilaian keterampilan proses sains siswa pada siklus I sebesar 64% dengan kategori cukup, 24% kategori baik, dan 12% kategori kurang. Pada siklus II sebesar 56% kategori cukup, 32% dalam kategori baik, 4% baik sekali, dan 8% kategori kurang. Pada siklus III siswa yang kategori cukup sebesar 32%, kategori baik sebesar  48%, 16% kategori baik sekali, dan 4% kategori kurang. Pada siklus IV siswa yang dalam kategori cukup sebesar 12%, 56% kategori baik, dan 32% sangat baik. Hasil belajar siswa, secara klasikal dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) jika terdapat 65% siswa memperoleh nilai ≥75 diperoleh data, pada siklus I siswa yang tuntas mencapai 57,05%; siklus II sebesar 62,50%; siklus III sebesar 72,50%; dan pada siklus IV sebesar 85%.

Hasil respons siswa pada pembelajaran inkuiri dinyatakan cukup menarik dan tidak membosankan.


Keywords


Pembelajaran inkuiri, keterampilan proses, dan hasil belajar

Full Text:

Untitled

References


Gulo, W. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo.

Mulyasa, E. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi Konsep, Karakteristik dan Implementasi. Bandung: Roesdar Karya.

Mulyati, Arifin. 2000. Strategi Belajar Mengajar Kimia. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Muslich, Masnur. 2011. Melaksanakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara.

Nur, Mohamad. 1998. Teori-Teori Perkembangan. Surabaya: Unipress.

Nur, Mohamad. 2000. Asesmen Tradisional, Asesmen Kinerja, dan Rubrik. Surabaya: Unipress

Puskur. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan(KTSP) Untuk SMA/MA/SMK dan Sederajat. Direktorat Tenaga Kependidikandirektorat Jenderalpeningkatan Mutu Pendidik Dan Tenaga Kependidikandepartemen Pendidikan Nasional.

Uzer, M. 1991. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Roesda Karya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats