48PENERAPAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN

Indah Fajar Rohaniyati

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan di kelas XII Jurusan Listrik II SMKN 2 Probolinggo pada bulan Desember 2012 sampai Januari 2013. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif, dengan menunjukkan hasil yaitu aktivitas siswa mengalami peningkatan dari pra tindakan, siklus I, dan siklus II. Selain itu hasil belajar siswa juga meningkat setelah penerapan pembelajaran kooperatif  model Numbered Heads Together (NHT)  Nilai rata-rata ranah kognitif pada pra tindakan 67,88 kemudian siklus I meningkat menjadi 79,1 dan siklus II meningkat menjadi 85,5. Ketuntasan klasikal ranah kognitif juga mengalami peningkatan. Pada pra tindakan sebesar 34,38%, meningkat pada siklus I menjadi 71,9% dan siklus II menjadi 90,6%. Untuk ketuntasan klasikal pada ranah afektif juga mengalami peningkatan pada setiap siklus. Untuk pra tindakan ketuntasan klasikal hasil belajar ranah afektif siswa sebesar 40,63%, siklus I sebesar 68,8% dan siklus II 93,8%.


Keywords


Model Numbered Heads Together, aktivitas belajar, dan hasil belajar

Full Text:

XML

References


Arikunto, dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Munawar, Ibnu. 2009. Implementasi Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Partisipasi Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas VIII MTs N Gondowulung Bantul, (Online), (http://digilib.uin-suka.ac.id, diakses 7 Januari 2010).

Muslich, M. 2008. KTSP Dasar Pemahaman dan Pengembangan. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurhadi dan Senduk. 2003. Pembelajaran Konstektual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: UM Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats