PENERAPAN DISCOVERY LEARNING DI SD NEGERI 01 MANADO SEBAGAI UPAYA PERBAIKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA JARING–JARING KUBUS DAN BALOK

Olga Maria Wahani

Abstract


Rendahnya hasil evaluasi pada pembelajaran matematika di kelas IV SD Negeri 01 Manado yang melatar belakangi penulis melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) sangat rendah. Dari 32 siswa kelas IV ada sekitar 81,25 % tidak mencapai ketuntasan belajar atau yang tuntas hanya 18,75%. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperbaiki hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 01 Manado pada materi jarring–jaring kubus dan balok serta untuk mendiskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan metode Discovery Learning pada materi jarring–jaring kubus dan balok terhadap siswa kelas IV SD Negeri 01 Manado. Hasil penelitian menunjukkan ketercapaian nilai hasil evaluasi siswa terjadi peningkatan, yaitu nilai terendah dan nilai tertinggi siswa pada siklus I terjadi peningkatan 20 point dari sebelumnya, rerata kelasnya ternjadi peningkatan sebesar  13,13 point, rerata kelasnya 50,31 point, dan siswa yang tuntas ada peningkatan sebanyak 9 orang siswa atau 28,05%. Pada siklus II bila dibandingkan dengan siklus I, maka nilai terendah siswa terjadi peningkatan 20 point, nilai tertinggi terjadi peningkatan 10 point, rerata kelasnya ternjadi peningkatan sebesar  37,26 point, dan siswa yang tuntas ada peningkatan sebanyak 17 orang siswa atau 33,2%.


Keywords


Hasil belajar dan Discovery Learning.

Full Text:

PDF

References


Hamalik, Oemar. 2010. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan sistem. Jakarta. Bumi Aksara.

Chrystine, Maylanny. 2009. Strategi dan Teknik Mengajar Dengan Berkesan. Bandung: Setia Purna Invers.

Herdian. 2007. Metode Pembelajaran Discovery. https: // herdy07. wordpress.com. Diunggah 27 Mei 2010.

Prasetyono, Dwi Sunar. dkk. (2009). Kamus Pnitar Matematika Untuk SD. Yogjakarta: Tunas Publishing

Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sudarmanto. 2011. Peningkatan Ketuntasan Belajar Operasi Hitung Bentuk Aljabar Dengan Strategi Think–Pair and Share Pada Siswa Kelas VII.5 SMP Negeri 8 Kota Probolinggo. Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran (JRPP) Volume III No. 4 April 2012, ISSN: 2087-3417. Surabaya: Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur dan Institut Riset dan Pengembangan Pendidikan.

Suherman, dkk. (2001). Common TexBook Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Pendidikan Indonesia Bandung.

Sumarmi, Mas Titing dan Siti Kamsiyati. 2009. Asyiknya Belajar Matematika Untuk SD/MI Kelas IV. Jakarta: BSE. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Sumiati dan Asra. 2007. Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.

Suryosubroto, B. 2009. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta. Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats