PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL NUMBER HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN JARINGAN KOMPUTER

Siti Rosyidah

Abstract


Pembelajaran bermakna menempatkan siswa sebagai pusat pembelajaran (student centered) dan subjek belajar. Sedangkan guru berperan sebagai fasilitator dan motivator dalam mengatur interaksi antara guru dengan siswa dan antara siswa dengan siswa. Namun, kenyataan riil di lapangan guru hanya mentransfer pengetahuan kepada siswa tanpa siswa berperan aktif dan kritis terhadap materi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran materi Jaringan Komputer melelui penerapan pembelajaran Kooperatif model Number Head Together (NHT). Penelitian dilaksanakan melalui 2 siklus dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IX-E di SMP Negeri 2 Probolinggo tahun pelajaran 2011-2012. Berdasarkan hasil pengamatan terlihat bahwa pada siklus I pertemuan 1 dan 2 diperoleh rata-rata tingkat keaktifan siswa adalah 43,35 %, Sedangkan pada siklus II  tingkat keaktifan siswa rata–rata dalam proses pembelajaran meningkat menjadi 82,50 %. Selain itu, hasil belajar siswa menunjukkan persentase  ketuntasan klasikal mencapai 79,16 % yang sudah melampaui Kriteria Ketuntasan Minimal. Dengan demikian, pembelajaran kooperatif model Number Head Together (NHT) ini dapat diterapkan untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran dan juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Jaringan Komputer.


Keywords


Aktivitas siswa, pembelajaran kooperatif model Number Head Together

Full Text:

PDF

References


Chotimah, H. & Dwitasari, Y. 2009. Strategi-Strategi Pembelajaran Untuk Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Surya Pena Gemilang.

Dimyati & Mudjiono. 2002. Belajar dan

Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Sadirman A.M. 2010. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Suparno, Paul. 2001. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisius.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats