UPAYA MENINGKATKAN PENGUASAAN MATERI PEWARISAN SIFAT PADA SISWA KELAS IX F DI SMP NEGERI 7 PROBOLINGGO MELALUI PEMBELAJARAN METODE MIND MAPPING

Sumantri Sumantri

Abstract


Penelitan ini bertujuan untuk memberikan satu alternatif pemecahan dan mendiskripsikan hasil pembelajaran dengan penggunaan motode Mind Mapping pada proses belajar memahami materi pewarisan sifat dalam rangka peningkatan ranah kognitif dan afektif siswa. Berdasarkan data yang diperoleh ditemukan bahwa kegiatan pembelajaran menggunakan metode Mind Mapping dapat meningkatkan hasil evaluasi siswa pada mata pelajaran IPA materi pewarisan sifat. Pada siklus I yang tuntas belajarnya 13 siswa atau 50 % dari 26 siswa sedangkan yang tidak tuntas sebesar 50 %. Pada siklus II yang tuntas belajar 26 siswa atau 100 % dari 26 siswa.


Keywords


Materi pewarisan sifat, metode mind mapping

Full Text:

PDF

References


Buzan, Tony. 2008. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Dahar, Ratna Wilis.2011. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Rineka Cipta.

Mahmudin. 2009. Pembelajaran Berbasis Peta Pikiran. http: // mahmmudin. wordpress.com/2009/12/01/

Riadi, Muchlisin. 2014. Pengertian, Manfaat dan Membuat Mind Maping. http: //www. Kajianpustaka.com/2014/01/pengertian–manfaat–dan–membuat–mind.html

Sukardi. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Susanto, Pudyo. 2002. Keterampilan Dasar Mengajar IPA Berbasis Konstruktivisme. Malang: Jurusan Biologi FMIPA UM.

Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wariyono, Sukis dan Muharomah, Yani. 2006. Mari Belajar Ilmu Alam Sekitar Panduan Belajar IPA Terpadu Untuk Kelas IX SMP/MTs. Jakarta: BSE Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats