MENINGKATKAN MOTIVASI DAN UNJUK KERJA KERAJINAN BATIK PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 7 KOTA PROBOLINGGO MELALUI IMPLEMENTASI FIELD TRIP

Dwi Lutfi Sumiati

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII F SMP Negeri 7 Probolinggo menggunakan PTK dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII F sebanyak 28 peserta didik, dengan rincian laki-laki berjumlah 16 orang dan perempuan berjumlah 12 orang. Keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I 79% (kategori baik) menjadi 82% (kategori sangat baik) pada siklus II. Respons motivasi menunjukkan presentase 73% (kategori setuju) implementasi pembelajaran dapat meningkatkan motivasi. Kemampuan unjuk kerja siklus I mencapai 81(kategori kompeten) meningkat menjadi 84 pada siklus II (kategori kompeten).

 

 


Keywords


Field trip, motivasi, unjuk kerja.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi,dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Depdiknas. 2004. Pedoman Khusus Pengembangan System Penilaian Berbasis Kompetensi SMP. Jakarta

Depdiknas. 2005. Panduan Pengembangan Silabus Mata Pelajaran Seni Budaya. Jakarta.

Nurhadi dkk. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Univeritas Negeri Malang.

Roestiyah. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sabilu, Murni. 2008. Pengaruh Penggunaan Jurnal Belajar dalam Pembelajaran Multistrategi terhadap Kemampuan Kognitif dan Metakognitif Siswa SMA Negeri 9 Malang. Tesis tidak Diterbitkan. Malang: Pascasarjana UM.

Sagala, S. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfa Beta

Sardiman. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar mengajar. Jakarta: Rajawali

Sutarman, Mahudi. 2008. Mengenal Batik Tulis dan Cap Tradisional. Surakarta:Widya Duta Grafika.

Tim Sertifikasi Guru dalam Jabatan. 2006. Modul Asesmen. Program Pendidikan dan Latihan Profesi Guru. Surabaya: Unesa.

Winarso, Heru Puji. 2008. Penelitian Tindakan Kelas Meningkatkan Profesionalitas Guru dan Dosen. Malang: UM Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats