Abstract
Praktik pembelajaran konvensional lebih cenderung memposisikan guru sebagai trasnformator yaitu menekankan pada guru sebagai satu-satunya sumber informasi daripada bagaimana siswa belajar, sehingga hasil belajar siswa tidak maksimal. Lesson Study merupakan salah satu upaya pembinaan untuk meningkatkan proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1)Mendeskripsikan peningkatan profesionalisme guru IPA setelah dikembangkannya pembelajaran berbasis Lesson Study di SMPN 8 Probolinggo; (2)Meningkatan motivasi mengajar guru IPA dengan dikembangkannya pembelajaran berbasis Lesson Study di SMPN 8 Probolinggo; (3)Mendeskripsikan hasil belajar siswa, setelah guru IPA mengembangkan pembelajaran berbasis Lesson Study di SMPN 8 Probolinggo. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) berupa metode pembelajaran kooperatif Lesson Study sebanyak dua siklus. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif dan lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa peningkatan ketuntasan guru berdasarkan 3 aspek dalam Lesson Study adalah dari pra siklus ke siklus 1 naik 11,7% dan dari siklus 1 ke siklus 2 naik 16,7%. Selain itu hasil belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I naik 34,3% dan 37,1%, siklus II naik 20,0% dan 22,9%. Simpulan dari penelitian ini adalah Lesson Study dapat memperbaiki dan meningkatkan profesionalisme Guru IPAdalam mengajar serta untuk siswa prestasi belajar pun dapat meningkat
Keywords
Profesionalisme Guru, Lesson Study
References
Bill Cerbin & Bryan Kopp. A Brief Introduction to College Lesson
Study. Lesson Study Project. online: http
://www.uwlax.edu/sotl/lsp/index2.htm
Catherine Lewis. 2004. Does Lesson Study Have a Future in the United
States?. Online: sowionline.de/journal/2004-1/lesson_lewis.htm
Hendayana S.. 2006. Lesson Study Suatu Strategi untuk Meningkatkan
Keprofesionalan Guru(Pengalaman JUSTEP-JICA). Bandung: UPI Press.
John M. Echols dan Hassan Shadili. 1996. Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: Gramedia. Cet. Ke-23.
Kunandar. 2007. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat
Satuan Pendidikan (KTSP) dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi
Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Cet. Ke-1.
Mulyana, Slamet. 2007. Lesson Study (Makalah). Kuningan: LPMP-Jawa Barat.
Mulyasa, E. 2008. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya. Cet. Ke-3.
Sudjana, Nana. 1998. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo. Cet. Ke-4.Usman, M. Uzer. 2006. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya. Cet. Ke-20