PEMBINAAN PEMBELAJARAN IPA BERBASIS LESSON STUDY DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU IPA

Moch Bin Jali

Abstract


Praktik pembelajaran konvensional lebih cenderung memposisikan guru sebagai trasnformator yaitu menekankan pada guru sebagai satu-satunya sumber informasi daripada bagaimana siswa belajar, sehingga hasil belajar siswa tidak maksimal. Lesson Study merupakan salah satu upaya pembinaan untuk meningkatkan proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1)Mendeskripsikan peningkatan profesionalisme guru IPA setelah dikembangkannya pembelajaran berbasis Lesson Study di SMPN 8 Probolinggo; (2)Meningkatan motivasi mengajar guru IPA dengan dikembangkannya pembelajaran berbasis Lesson Study di SMPN 8 Probolinggo; (3)Mendeskripsikan hasil belajar siswa, setelah guru IPA mengembangkan pembelajaran berbasis Lesson Study di SMPN 8 Probolinggo. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) berupa metode pembelajaran kooperatif Lesson Study sebanyak dua siklus. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif dan lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa peningkatan ketuntasan guru berdasarkan 3 aspek dalam Lesson Study adalah dari pra siklus ke siklus 1 naik 11,7% dan dari siklus 1 ke siklus 2 naik 16,7%. Selain itu hasil belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I naik 34,3% dan 37,1%, siklus II naik 20,0% dan 22,9%. Simpulan dari penelitian ini adalah Lesson Study dapat memperbaiki dan meningkatkan profesionalisme Guru IPAdalam mengajar serta untuk siswa prestasi belajar pun dapat meningkat

Keywords


Profesionalisme Guru, Lesson Study

Full Text:

PDF

References


Bill Cerbin & Bryan Kopp. A Brief Introduction to College Lesson

Study. Lesson Study Project. online: http

://www.uwlax.edu/sotl/lsp/index2.htm

Catherine Lewis. 2004. Does Lesson Study Have a Future in the United

States?. Online: sowionline.de/journal/2004-1/lesson_lewis.htm

Hendayana S.. 2006. Lesson Study Suatu Strategi untuk Meningkatkan

Keprofesionalan Guru(Pengalaman JUSTEP-JICA). Bandung: UPI Press.

John M. Echols dan Hassan Shadili. 1996. Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: Gramedia. Cet. Ke-23.

Kunandar. 2007. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat

Satuan Pendidikan (KTSP) dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi

Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Cet. Ke-1.

Mulyana, Slamet. 2007. Lesson Study (Makalah). Kuningan: LPMP-Jawa Barat.

Mulyasa, E. 2008. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya. Cet. Ke-3.

Sudjana, Nana. 1998. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo. Cet. Ke-4.Usman, M. Uzer. 2006. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya. Cet. Ke-20


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats