PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES MENGKLASIFIKASIKAN MAKHLUK HIDUP

Agustin Mardiati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1)keterlaksanaan model penemuan terbimbing, (2)peningkatan hasil belajar siswa melalui model penemuan terbimbing, dan (3)peningkatan keterampilan proses mengklasifikasikan. Rancangan penelitian ini adalah PTK dengan dua siklus, tiap siklus terdiri dari rancangan, kegiatan atau observasi, refleksi dan revisi. Hasil penelitian keterlaksanaan pembelajaran melalui penemuan terbimbing meningkat sebesar 7,31% dari siklus I ke siklus II. Pembelajaran penemuan terbimbing dapat meningkatkan keterampilan siswa mengklasifikasikan makhluk hidup, hal ini ditunjukkan oleh rata-rata persentase kemampuan keterampilan mengklasifikasikan siswa meningkat sebesar 12,59% dari siklus I ke siklus II. Demikian juga dengan hasil belajar siswa meningkat pada siklus I diperoleh nilai rata-rata siswa 76,8 sedangkan nilai rata-rata pada siklus II meningkat menjadi 79. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa dengan menerapkan pembelajaran penemuan terbimbing pada materi klasifikasi makhluk hidup dapat meningkatkan keterampilan proses mengklasifikasikan dan juga meningkatkan hasil belajar siswa.

 

 


Keywords


Penemuan terbimbing, keterampilan mengklasifikasikan

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2016. Peraturan Menteri No.22/2016. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta:BSNP

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Karyatin. 2013. Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Laboratorium untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII.4 di SMPN 1 Probolinggo.Tesis tidak diterbitkan. PPS: Universitas Negeri Malang.

Penikastari, R.E.2009. Pengaruh Metode Pemberian Tugas dengan Model Pembelajaran Guided Discovery Terhadap Hasil Belajar Fisika Materi Pokok Tekanan Zat Cair di Kelas VIII SMPN 1 Sedati. Skripsi. Tidak Dipublikasikan. Surabaya:UNESA.

Permendikbud RI Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah

Susilo, H. 2009. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Sarana Pengembangan Keprofesionalan Guru dan Calon Guru.Malang: Bayu Media Publishing.

Syah, Muhibbin. 2004. Psikologi Belajar.Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Usman,U.M. 1990. Menjadi Guru Profesional.Bandung: Remaja Rosida Karya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats