PENINGKATAN KUALITAS GURU DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DI SMA NEGERI 9 MANADO TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Mediatrix Maryani Ngantung

Abstract


Penelitian ini menggunakan peneltian tindakan sekolah dilaksanakan dalam 3 siklus. Subyek dalam penelitian ini adalah guru di SMA Negeri 9  Manado berjumlah 16 orang yang menjadi wilayah binaan peneliti sebagai kepala sekolah tahun Pembelajaran 2015/2016. Indikator keberhasilan penelitian tindakan sekolah yang dilaksanakan dalam tiga siklus ini, dianggap sudah berhasil apabila terjadi peningkatan kinerja guru melalui pembinaan supervisi akademis mencapai 85% guru (sekolah yang diteliti) telah mencapai ketuntasan dengan nilai rata-rata 75. Hasil penelitian, pada siklus I dari 16 orang guru, yang tuntas sebanyak 6 orang (37,50%) sedangkan yang belum tuntas berjumlah 10 orang (62,50%). Pada siklus II yang tuntas sebanyak 10 orang (62,50%), sedangkan yang belum tuntas berjumlah 6 orang (37,50%). Pada siklus III, yang tuntas sebanyak 15 orang  (93,75%), sedangkan yang belum tuntas berjumlah 1 orang (6


Keywords


Kualitas guru dan supervisi akademik

Full Text:

PDF

References


Acheson, K. A., & Gall, M. D. (1997). Techniques in the clinical supervision of the teachers: Preservice and inservice application (4th ed.) White Palins, NY : Longman.

Bellon, J. J., & Bellon, E. C. (1982). Classroom supervision and instructional improvement : A synergetic process (2nd ed). Dubuque, IA: Kendall/Hunt.

Blumberg, A. (1980). Supervisiors and teachers : A private cold war (2nd ed.) Berkeley, CA : McCutchan.

Cogan, M. (1973). Clinical supervision. Boston : Houghton-Mifflin

Costa, A. L., & Garmston, R. J. (1994). Cognitive coaching: A foundation for renaissance school. Norwood, MA: Christopher-Gordong.

Dirjen PMPTK, 2009. Bahan Belajar Mandiri Kelompok Kerja Kepala Sekolah. Dimensi Supervisi Akademis. Jakarta : Dirjen PMTK depdiknas.

Glatthorn, A. A. (1990). Supervisory leadership : Introdution to instructional supervision. New York: Harper Collins.

Glickman, C. D. (1990). Supervision of instructions: A development approach (2nd ed.). Boston: Allyn and Bacon. Supervisi Akademik-KKPS

Goldhammer, R. (1969). Clinical supervision: Special methods for the supervision of teachers. New York: Holt, Rinehart and Winston.

Harris, B. M. (1975). Supervisory behavior in education (2nr ed.). Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall.

Pajak, E. F. (1993). Approaches to clinical supervision: Alternatives for improving instructiuon. Norwood, MA : Christopher-Gordon.

Pidarta, Made. 1990. Perencanaan Pendidikan Partisipatori. Jakarta : Rineka Cipta

Pidarta, Made. 1997. Landasan Kependidikan Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia. Jakarta : Rineka Cipta

Pidarta, Made. 1999. Pemikiran Tentang Supervisi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Purwanto, Ngalim. M, 2005. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung : PT. Remaja RoSMA Negeri 9 a Karya

Sergiovanni, T. J., & Starrat, R. J. (1998). Supervision : A re-definition (6th ed.). Boston: McGraw-Hill

Undang undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Unruh, A., & Turner, H. E. (1970). Supervision for chage and innovation. Boston: Houghton-Mifflin.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats