PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MELALUI STRATEGI DISKOVERI-INKUIRI DENGAN PENDEKATAN SAINS-TEKNOLOGI-MASYARAKAT

Johanis Alex Tamba

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Biologi siswa SMA Negeri 1 Manado serta mengetahui respons siswa terhadap pembelajaran dengan strategi Diskoveri-Inkuiri dengan pendekatan Sains-Teknologi-Masyarakat (STM). Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah Kelas XII IPA-2 yang berjumlah 44 siswa, 16 siswa laki-laki dan 28 siswa perempuan. Data penelitian berupa respons siswa terhadap pembelajaran dan hasil belajar siswa dikumpulkan dari Skor pre-tes dan post-tes yang diberikan peneliti pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan STM dengan strategi pembelajaran Discoveri-Inquiri dapat mningkatkan hasil belajar siswa. Rata-rata post tes siklus I sebesar 66,23, sedangkan rata-rata post tes siklus 2 77,57. Persentase peningkatan ketuntasan belajar siswa siklus I sebesar 36,36%, dan persentase peningkatan ketuntasan belajar siswa siklus 2 sebesar 90,91%. Penerapan pendekatan STM dengan strategi Diskoveri-Inkuiri mendapat respons positif dari siswa dengan nilai rata-rata 15,8 atau 51,97%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan strategi Diskoveri-Inkuiri dengan pendekatan Sains-Teknologi_Masyarakat (STM) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada guru Biologi agar menerapkan pembelajaran dengan pendekatan STM melalui strategi pembelajaran Diskoveri-Inkuiri pada materi yang berbeda.

 

 


Keywords


Strategi Diskoveri-Inkuiri, Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat, dan Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

References


Moleong, L. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Rosda.

Nasution. 2003. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Susanto, P. 2003. Keterampilan Dasar Mengajar IPA berbasis Konstruktivisme. Malang: JICA.

Tim, Pelatihan, Proyek, PGSM. 1999. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Jakarta: DEPDIKBUD,Direktorat Jenderal Penguruan Tinggi.

Toharudin, U. 2007. Sains dalam Pembelajaran di Sekolah. (Online). (http://www. pikiran-rakyat.com, diakses 2 Mei 2007).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats