PENERAPAN PEMBELAJARAN SHARING DAN MEMORY SKILL UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR PABP DAN AKTIVITAS SISWA DI SMA NEGERI 1 WAY JEPARA

Umi Muslihah

Abstract


Tujuan penelitian tindakan ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam khususnya pada materi Iman pada Hari Akhir. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA 1 dan kelas XII IPA 2 Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Way Jepara semester 1 Tahun Pelajaran 2014/2015 berjulah 35 orang. Hasil belajar yang diperoleh siswa melalu tes tertulis pada akhir pelajaran untuk siklus I terdapat 25 siswa (71,4 %) yang telah mencapai ketuntasan belajar dan masih terdapat 10 siswa (28,6 %) yang belum mencapai ketuntasan belajar dengan daya serap siswa mencapai 74,4 %. Pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 35 orang (100 %) yang mencapai ketuntasan dalam belajar dengan daya serap siswa mencapai 83,9 %. Pengamatan tentang aktivitas siswa dalam pelaksanaan pembelajaran pada siklus I 25 siswa (71.42%) yang aktif dan 10 siswa (28,6 %) yang cukup aktif. Pada siklus kedua siswa yang aktif meningkat menjadi 32 orang (91,4%). Pengamatan tentang kegiatan belajar mengajar pada siklus I 10 aspek (71.42%) yang memperoleh kriteria baik dan 4 aspek (28.57 %) yang memperoleh kriteria cukup. Pada siklus kedua meningkat menjadi 12 aspek (85.71 %)

 

 


Keywords


Sharing, memory skill, PABP

Full Text:

PDF

References


Agustina, E., Saputro, A. N. C., & Mulyani, S. 2013. Penggunaan Metode Pembelajaran Jigsaw Berbantuan Handout untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Hidrokarbon Kelas XC Sma Negeri 1 Gubug Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 2(4), 66-71.

Arikunto, S. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka

Dimyati dan Mujiono,1996, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Dirjen Pendidikan tinggi Depdikbud. Rineka Cipta.

Gunawan, Adi W, 2006, Genius Learning Strategy, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Handayani, N. L. E. S., & Perdata, I. B. K. 2014. Meningkatkan Aktivitas dan Presatsi Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran QT dengan Kerangka Tandur dalam Pembelajaran Bangun Segi Empat Pada Siswa Kelas VII C SMP Pancasila Canggu Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 4(1).

Nggermanto, Agus. 2005. Quantum Quotient Kecerdasan Quantum. Bandung: Nuansa.

Sudjana, 2005, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats