PENERAPAN STRATEGI PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN MENGGAMBAR DENAH RUMAH TINGGAL MENGGUNAKAN PROGRAM AUTOCAD

Nurul Karomah

Abstract


Rendahnya pengetahuan dan keterampilan dalam menggambar denah dengan perangkat lunak menggunakan program auocad sangat berdampak pada nilai pengetahuan dan keterampilan siswa. Penelitian ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan menggambar denah rumah menggunakan program autocad melalui strategi Project Based Learning. Penelitian tindakan kelas ini di rancang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Siklus I menggunakan Project Based Learning, siklus II dilengkapi dengan video turorial. Dari hasil penelitian terjadi perubahan pada ketuntasan belajar siswa, dari pra siklus ke siklus I mengalami kenaikan sebesar 22% dan dari siklus I ke siklus II naik 17%. Hal ini diikuti juga dengan meningkatnya keterampilan siswa.  Ketuntasan belajar keterampilan siswa dari pra siklus ke siklus I naik 12% dan dari siklus I dan siklus II naik 38%.Melalui strategi pembelajaran Project Based Learning dengan penambahan video tutorial yang ditayangkan  berulang-ulang sangat berpengaruh terhadap hasil produk siswa. Produk gambar yang dihasilkan mendekati sempurna sehingga berpengaruh terhadap nilai keterampilannya.

 


Keywords


Rendahnya pengetahuan dan keterampilan dalam menggambar denah dengan perangkat lunak menggunakan program auocad sangat berdampak pada nilai pengetahuan dan keterampilan siswa. Penelitian ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan menggambar d

Full Text:

PDF

References


Almes Gangga (2013), Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar. Artikel Universitas Negeri Padang.

Diklat Kurikulum 2013 (2014), materi diklat implementasi kurikulum 2013 di SMKN2 kota probolinggo.

https://www.scribd.com/doc/238065766/kelayakan-teoritis-lks-project-based-learning-pjbl-penggunaan-bahan-alternatif-produk-bioteknologi-konvensional.

Kurniawati, Fajar Ika. (2010), Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Proses dan Hasil Pembelajaran Ilmu Bangunan Gedung (Sub Materi Pondasi) Pada Siswa Kelas X Tkb SMK Negeri 2 Surakarta. Skripsi,https://eprints.uns.ac.id/3 50/1/172571512201003231.pdf. Diakses tanggal 25 Oktober 2016.

Mantri Karno, Mantrikarno,s Weblog, (2012) Pengunaan Video Tutorial dalam Proses Pembelajaran di SMK di akses 01 September 2016 https://mantrikarno.wordpress.com/author/mantrikarno/

Ratnasari Evie dan Indana Sifak (2014) melalui Kelayakan teoritis LKS Project Based Learning (PJBL) Penggunaan Bahanalternatif Produk Bioteknologi Konvensional.

Waluyo Puguh (2013) Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Standar Kompetensi Mengoperasikan Pengendali PLC di SMK Negeri 1 Madiun, Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya, Skripsi.

Zainudin (2016), Materi Seminar Penyusunan/Penulisan Artikel Hasil Penelitian Tindakan Kelas, Bagi Guru TK, SD, SMP, SMA, SMK dan SLB Negeri / Swasta, Dinas Pendidikan Kota Probolinggo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats