PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TKJ-2 SMKN 2 PROBOLINGGO DALAM MENGANALISIS PERKEMBANGAN DEMOKRASI DALAM KEHIDUPAN BERMASYARAKAT, BERBANGSA DAN BERNEGARA

Nunuk Retno Rahayu

Abstract


Berdasarkan hasil pengamatan terdahulu pada pembelajaran PPKn semester 1 tahun ajaran 2015/2016 Kelas XI Kompetensi Dasar Menganalisis Perkembangan Demokrasi dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara, masih menggunakan model pembelajaran konvensional dimana guru mendominasi kegiatan belajar mengajar dengan metode ceramah. Keadaan ini membuat siswa menjadi cepat bosan, berperilaku pasif dan tidak dapat menumbuhkan kreativitas dan hasil belajar yang tinggi. Oleh karena itu perlu ada perubahan, dengan menggunakan metode belajar kelompok yang melibatkan siswa dalam proses pembelajaran, siswa merasa dihargai sebagai bagian dari proses pembelajaran. Dari penelitian ini dihasilkan peningkatan yang signifikan dari keaktifan siswa sebesar 74,33 % menjadi 87,00% dan peningkatan hasil belajar siswa dari 80,00 % menjadi 93,33 %. Ini berarti secara klasikal siswa belajar secara aktif dan tuntas belajar pada KD Menganalisis Perkembangan Demokrasi dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara. Kesimpulan dari penelitian bahwa belajar kelompok dengan menggunakan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.

 


Keywords


STAD, Hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Yogyakarta: Rineke Cipta.

Mulyasa, E. 2005. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moedjiono dan M. Dimyati.1992. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud.

Slavin, R. E. 2005. Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Praktek. Bandung:Nusa Media.

Trianto. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats