PENINGKATAN HASIL BELAJAR ELEKTROKIMIA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF “THINK-PARE-SQUARE” PADA SISWA KELAS XII MIA-2 SMA NEGERI 3 SURABAYA

Christina Triharyanti

Abstract


Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan alur Kemmis & Mc Taggart yang bertujuan untuk mengetahui hasil pembelajaran elektrokimia menggunakan pembelajaran kooperatif Think -Pair -Square (TPS). Teknik Berpikir-Berpasangan-Berempat atau Think-Pair-Square memberi kesempatan sedikitnya delapan kali lebih banyak kepada setiap siswa untuk dikenali dan menunjukkan partisipasi mereka kepada orang lain. Penelitian dilakukan 3 siklus dengan subyek penelitian  pada 35 siswa kelas XII MIA-2 di SMA Negeri 3 Surabaya Tahun Ajaran 2016-2017. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa (1)Pembelajaran  kooperatif Think Pair Square memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa  ditandai dengan peningkatan nilai rata-rata pada siklus I sebesar 65,3 , siklus II 67,86 dan siklus III sebesar 71,57.  (2)Ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus juga meningkat yaitu siklus I 54,29%, siklus II 60%, siklus III 80%. (3) Pembelajaran kooperatif Think Pair Square mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan suasana dan motivasi belajar siswa yang ditunjukan dengan 77,1% jawaban siswa setuju pembelajaran Think-Pair-Square, 65,75% senang dengan suasana belajarnya dan 77,1% senang dengan penyampaian pembelajaran kooperatif Think Pair Square sehingga mereka menjadi termotivasi untuk belajar.

 

 


Keywords


Pembelajaran kooperatif Think-Pair-Square dan hasil belajar Elektrokimia

Full Text:

PDF

References


Aqib, Zaenal,2007, Penelitian Tindakan Kelas, Yrama Widya, Bandung.

Aqib, Zaenal,2009. Menjadi Guru Profesional Berstandart Nasional. Yrama Widya. Bandung.

Dimyati , Mujiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran, Rineka Cipta. Jakarta.

Ibrahim,M; Fida R; Muhamad N; Ismono. 2000. Pembelajaran Kooperatif. UNESA-University Press. Surabaya.

Lie, Anita, 2008. Cooperative Learning. Mempraktikkan Cooperative Learning Di Ruang-Ruang Kelas, Grasindo, Jakarta.

Slavin R.E.2002. Cooperative Learning, Teori, Riset dan Praktek. Nusa Media Bandung.

Susilowati,endang; Harjani,Tarti. 2013. Kimia Untuk SMAdan MA.Wangsa Jatra Lestari. Solo.

Suwandi, Sarwiji, 2010, Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Karya Ilmiah,Yuma Pustaka, Surakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats