MENINGKATKAN KUALITAS HASIL PEMBELAJARAN MENULIS MENGGUNAKAN PENDEKATAN PROSES 5 FASE

Endang Seksiani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi, aktivitas, dan kemampuan menulis dengan mengimplementasikan tahap-tahap dalam pendekatan proses 5 fase. Strategi penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 3 siklus dan tiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, serta refleksi dan verifikasi. Yang menjadi subjek penelitian adalah siswa  kelas VIII SMP Negeri 7 Probolinggo, sedang objeknya adalah pembelajaran menulis yang termasuk dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Hasil Penelitian menunjukkan siswa mampu membuat kerangka karangan secara lengkap dan runtut pada fase prapenulisan mengalami peningkatan, siklus I (40%), siklus II (70%), siklus III (80%). Kemapuan siswa mengembangkan kerangka karangan menjadi karangan secara lengkap dan runtut pada fase penulisan mengalami peningkatan, siklus I (50%), siklus II (70%), dan siklus III (80%). Siswa mampu memperbaiki isi karangan dan penulisan. Siswa juga mencapai ketuntasan belajar, siklus I (45%), siklus II (70%), dan siklus III (75%).


Keywords


Menulis dan pendekatan 5 fase

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Hermawan, A.H., dkk. 2009. Teori Mengajar. Dalam Ali, M., Ibrahim, R., Sukmadinata, N.S., Sudjana, D., dan Rasjidin, W. (Penyunting). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: Pedagogiana Press (Halaman 53 – 84).

Pasaribu, Mangihot. 2016. Hakikat Keterampilan Menulis . http://mangihot.blogspot.com/2016/12/pengertian-hakikat-keterampilan-menulis.html

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor – Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudarmanto. 2017. Model Pembelajaran Kooperatif Untuk Penelitian Tindakan Kelas. Yogjakarta: Sunrise.

Sukardi. 2007. Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudjana, Nana. 2010. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Tompkins, G.E. & Hoskisson, K. 1994. Teaching Writing, Balancing Process and Product. Bandung: Angkasa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats