BANGPROSIF MENINGKATKAN KEMAMPUAN BER-PKB UNTUK MEWUJUDKAN GURU PROFESIONAL
Abstract
Hasil penilaian realisasi sasaran kerja pegawai tahun 2016 di SMP Negeri 4 Candipuro kurang memuaskan, karena kurang memenuhi target yang telah ditetapkan dan hasil KTI guru yang kurang sesuai dengan kaidah. Berdasarkan keadaan tersebut, maka Kepala sekolah berinisiatif untuk melakukan pembimbingan kegiatan PKB guna melaksanaan pembinaan dan peningkatan karier guru serta meningkatkan kemampuan ber-PKB guna mendukung terealisasinya target SKP. Pembimbingan dilakukan oleh kepala sekolah menggunakan strategi Bangprosif atau Pengembangan Profesional Intensif, yaitu pembimbingan yang dilakukan secara intensif untuk meningkatkan profesionalisme guru dalam menyusun KTI. Pembimbingan kelompok dilaksanakan secara berkala dalam kegiatan MGMPS setiap 2 minggu sekali, sedangkan pembimbingan individual dilaksanakan sesuai kesepakatan antara kepala sekolah dan guru. Hasil pembimbingan melalui strategi Bangprosif adalah meningkatnya antusias dalam ber-PKB, sehingga mengalami peningkatan profesionalisme guru karena untuk memenuhi target dalam SKP. Guru diharapkan memperoleh nilai PPK yang baik, serta memiliki tabungan angka kredit sehingga mengalami peningkatan karir serta mendukung pengembangan profesionalisme.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dirjen GTK. 2016. Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru Buku 1 Pedoman Pengelolaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guna Mendukung Pengembangan Profesi Guru Pembelajar (PPGP). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Mustofa. 2007. Upaya Pengembangan Profesionalisme Guru di Indonesia. Jurnal Ekonomi & Pendidikan. 4 (1).
Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 Tentang Jabatan Fungsional Guru Dan Angka Kreditnya.
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2017 Tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah No 74 Tahun 2008 Tentang Guru. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 46 Tahun 2011 Tentang Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil.
Robbin. S. 2007. Manajemen. Edisi Kedelapan. Jakarta: Indeks. Sagır, Mahmut. 2014. Teachers’ Professional Development Needs and the Systems That Meet Them. Creative Education. 5 (14971511).
Sinaga Anggiat M. dan Hadiati, Sri. 2001. Pemberdayaan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Lembaga Administrasi Republik Indonesia. Yusdi, Milman. 2010. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id