PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOORPERATIF TIPE GI (GROUP INVESTIGATION) BERBANTUAN MEDIA GAMBAR DI SD NEGERI 1 TEMUKUS KECAMATAN BANJAR KABUPATEN BULELENG

Ni Made Sutini

Abstract


Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini untuk meningkatkan hasil belajar model pembelajarn kooperatif tipe GI (Group Investigation) yang digunakan untuk dapat dilihat dari beberapa aspek, yaitu: aktivitas siswa, aktivitas guru, efektivitas proses pembelajaran, dan nilai hasil prestasi siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun pelajaran 2016/2017 di SD Negeri 1 Temukus Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng dengan subjek penelitian berjumlah 31 orang siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes hasil belajar siswa. Perolehan data baik aktivitas siswa maupun nilai hasil belajar siswa pada siklus I dan II dalam penelitian ini dapat ditafsirkan sebagai berikut; pelaksanaan pembelajaran konsep PKn Konsep Norma dengan  menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GI (Group Investigation) di kelas III SD Negeri 1 Temukus Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng terbukti dapat meningkatkan pemahaman siswa. Hal ini berdasarkan hasil observasi terhadap aktivitas siswa dan jika dipersentasekan, pada prasiklus 12,90%; siklus 1 29,03%; pada siklus 2 naik lagi menjadi 90,32%. Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe GI (Group Investigation) dalam pembelajaran materi Norma di kelas III SD Negeri 1 Temukus Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat terlihat dari perolehan nilai rata-rata kelas dari hasil tes siswa pada setiap tahapan siklus semakin meningkat yaitu, nilai rata-rata kelas pada prasiklus sebesar 50; pada siklus I sebesar 60,96; dan pada siklus II sebesar 75,16.

Keywords


Pembelajaran kooperatif tipe GI (Group Investigasi) dan hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Elizma, Rachmaeh Noer. 2014. Mengapa Pendidikan Kewarganegaraan Dipelajari Sampai di Perguruan Tinggi. https://www.kompasiana.com/ra chmaehnoer/mengapapendidikan-kewarganegaraandipelajari-sampai-di-perguruantinggi_54f7ca71a333119a1d8b4a9 f

Kasbolah, Kasihani E.S. dan Sukarnyana, I Wayan. 2006. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Malang: Universitas Negeri Malang.

Rusman. 2013. Model – Model Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Sardiman, A. M. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, R.E. 2012. Cooperative Learning: theory, research and practice. London: Allyman Bacon. Alih bahasa oleh Narulita Yusron. 2012. Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sudarmanto. 2016. Model Pembelajaran Kooperatif Untuk Penelitian Tindakan Kelas. Yogjakarta: Sunrise.

Sudjana, Nana. 2014. Dasar – Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sukardi. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Wingkel, W.S. 2012. Psikologi Pengajaran. Yogjakarta: Media Abadi.

Wiratama, Yudi Ari. 2014. Model Pembelajarn Kooperatif Tipe GI (Group Investigation). https://yudi- iratama.blogspot.co.id/2014/01 /modelpembelajarn-kooperatif tipe.html?m=1


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats