PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM PELAKSANAAN PROSES PEMBELAJARAN MELALUI EFEKTIVITAS MUSYAWARAH GURU DAN SUPERVISI AKADEMIK

Frolly Anthoneta Togas

Abstract


Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah kinerja guru SMK Negeri 3 Manado pada tahun pelajaran 2016–2017 dapat ditingkatkan melalui Musyawarah Guru dan Supervisi Akademik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan peningkatan kinerja guru SMK Negeri 3 Manado pada tahun pelajaran 2016-2017 melalui Musyawarah Guru dan Supervisi Akademik. Subjek penelitian berjumlah 16 orang. Hasil penelitian menunjukkan kegiatan Musyawarah Guru di SMK Negeri 3 Manado pada siklus I dan siklus II diikuti oleh 16 orang guru. Kehadiran guru pada siklus I dan II mencapai 100%. Kedisiplinan guru dalam mengikuti Musyawarah Guru pada siklus I mencapai 15 orang atau 93,75% dan pada siklus II mencapai 16 orang atau 100%. Jumlah aktivitas guru yang menggali informasi pada siklus I sebanyak 12 orang guru atau 75% dan pada siklus II mencapai 14 orang atau sebesar 87,5%. Guru yang menghasilkan produk berupa Program Tahunan, Program Semester, Rencana Program Pembelajaran (RPP), Program Penilaian, dan Program Analisis Hasil Penilaian pada siklus I sebesar 14 orang atau sebesar 87,5% dan siklus II mencapai 16 orang guru atau sebesar 100%. Penilaian produk guru berupa Program Tahunan pada siklus I sebesar 3 dan pada siklus II mencapai 4, Program Semester pada siklus I sebesar 4 dan pada siklus II mencapai 4, berupa Rencana Program Pembelajaran pada siklus I sebesar 3 dan pada siklus II mencapai 4, berupa Program Penilaian pada siklus I sebesar 3 dan pada siklus II mencapai 3, berupa Program Analisis Hasil Penilaian pada siklus I sebesar 3 dan pada siklus II mencapai 4.

Keywords


Musyawarah guru, supeivisi akademik, dan kinerja guru.

Full Text:

PDF

References


Danim, Sudarwan. 2003. Agenda Pembaruan Sistem Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Daryanto. 2014. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogjkarta: Gava Media

Hamzah. 2012. Efektivitas Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Agama Islam (PAI) SMP Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di Kota Palopo. Tesis tidak diterbitkan. Makassar: Program Pascasarjana UIN Alauddin Makassar.

Ilfatin, Nurul. 2014. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan: Teori dan Aplikasinya. Malang: Media Nusa Creative. Mulyasa, E. 2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. 2012. Penelitian Tindakan Sekolah Meningkatkan Produktivitas Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mutmainah, Nur. 2011. Peran Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Dalam Pengembangan Kompetensi Profesional Guru Sejarah Pada SMA Di Kabupaten Rembang Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: Fakultas Ilmu Sosial Jurusan Sejarah Universitas Negeri Semarang.

Purwanto, M. Ngalim. 2009. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rusyan, A. Tabrani., dkk. 2000. Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sagala, Syaiful. 2010. Supervisi Pembelajaran Dakam Proses Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sahertian, Piet. 2008. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Dalam Rangka Pengembangan sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Undang–Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Undang–Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Widodo, Trisno.2012.Memberdayakan MGMP. https://www.kompasiana.com/tri sno.com/memberdayakanmgmp_55106474a33311cd39ba8 25e


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats