PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP EKOSISTEM

Ninik Pertiwi

Abstract


Penelitian ini dilakukan sebagai tindakan kelas dua siklus terhadap siswa kelas VII–E SMP Negeri 7 Probolinggo tahun pelajaran 2015/2016 dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep ekosistem dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar pada siswa SMP Negeri 7 Probolinggo. Hasil penelitian, menunjukkan siswa memanfaatan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar mendapat penilaian 80%, senang memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah mendapat rerata penilaian 90%, mencatat hal penting mendapat rerata penilaian 80%, mengajukan pertanyaan dan berpendapat ketika pem–belajaran berlangsung mendapat rerata penilaian 70%, menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru mendapat rerata penilaian 100%, mendiskusikan materi yang diberikan guru mendapat rerata penilaian 70%, dan antusias belajar mendapat rerata penilaian 90%. Respon siswa merasa senang ketika memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar yang baru. Semua siswa kelas VII–E dinyatakan tuntas dalam pembelajaran konsep ekosistem memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah. Siswa yang mendapat nilai A sebanyak 7 orang siswa atau 30,43% dana nilai B sebanyak 16 orang siswa atau 69,57%.


Keywords


Lingkungan sebagai sumber belajar dan konsep ekosistem.

Full Text:

PDF

References


Anonim. 2007. Mengenal sumber belajar. http://penadeni.blogspot.com/2007/04/mengenal sumber belajar.html.

Arikunto, Suharsimi, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arends, R.I, 2001. Learning to Teach. New York. Mc grow Hill Companies.

Dimyati dan Mudjiono, 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Mastur, Zaenuri. 2007 Model Pembelajaran Lingkungan http://www.suaramerdeka.com/harian/ 0402/16/khal 1.htm.

Rahadi, Aristo. 2004. Media Pembelajaran. Depdiknas Direjend Dikdasmen Direktorat Tenaga Kependidikan.

Sandhi S, Aris. 2007. Pemanfaatan Laboratorium Lingkungan sebagai Media Pembelajaran IPA yang Bernilai Edukatif dan Ekonomis.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor – Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana.2007. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Suryana. 2010. Metode Penelitian Model Praktis Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Bandung: UPI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats