PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG (BRSL)

Ellysa Ana Irawani

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar melalui penerapan langkah-langkah model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Subjek Penelitian ini adalah siswa SMP PGRI 1 Pangkalan Bun kelas IX A sebanyak 27 orang yang terdiri dari 18 siwa laki–laki dan 19 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan: (1)Siswa yang berani dan mampu menjawab pertanyaan dari guru pada siklus I sebesar 62,9% pada siklus II sebesar 66,6%. (2)Siswa yang berani menanggapi dan mengemukakan pendapat tentang jawaban dari peserta didik yang lain pada siklus I sebesar 55,5% pada siklus II sebesar 62,5%. (3)Siwa yang berani dan mampu untuk bertanya tentang materi yang dipelajari pada hari itu pada siklus I sebesar 55,0% pada siklus II sebesar 66,6%. (4)Anggota kelompok siswa yang aktif dalam mengerjakan tugas pada siklus I sebesar 66,6% pada siklus II sebesar 92,5%. (5)Siswa yang menyelesaikan tugas tepat pada waktunya pada siklus I sebesar 70,3 % dan pada siklus II sebesar 100 %. (6)Rata–rata nilai keaktifan siswa keseluruhan pada siklus I sebesar 62,16%, sedangkan pada Siklus II sebesar 77,64%, terdapat kenaikan sebesar 15,5%.


Keywords


Model pembelajaran kooperatif tipe STAD, aktivitas, Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, dkk. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara

Johnson, David W., Johnson, Roger T., dan Johnson, Edythe Holubec. 2001. Colaborative Learning Strategi Pembelajaran Untuk Sukses Bersama : Bandung

Sardiman, A.M. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar- Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Slavin, Robert E. 2008. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung. Nusa Media.

Wahyuli, Endah Bekti. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Kuadrat Pada Peserta Didik Kelas X Teknik Komputer Jaringan (TKJ) Di SMK 45 Wonosari. Skripsi. Tidak diterbitkan. Yogjakarta: Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Yogjakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats