PENERAPAN SUPERVISI KLINIS MELALUI LATIHAN TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGAJAR IPS

Kamria Danja

Abstract


Tujuan Penelitian Tindakan Sekolah dengan subyek penelitian guru SD Negeri 50 Manado pada tahun pelajaran 2016-2017 berjumlah 16 orang guru adalah untuk mendiskripsikan pelaksanaan supervisi klinis melalui latihan terbimbing dalam meningkatkan kemampuan mengajar IPS bagi guru di SD Negeri 50 Manado tahun pelajaran 2016-2017. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan supervisi klinis melalui latihan terbimbing dapat meningkatkan kualitas guru dalam mengajar IPS di SD Negeri 50 Manado 2016-2017. Hasil penelitian yang nilainya kurang dari 75 pada siklus I sebnyak 7 orang guru atau 43,75%, pada seklus II sebanyak 6 orang guru atau 37,50%, dan pada siklus III sebanyak 2 orang guru atau 12,5%. Yang nilainya sama dengan 75 pada siklus I sebnyak 5 orang guru atau 31,25%, pada seklus II sebanyak 3 orang guru atau 18,75%, dan pada siklus III sebanyak 2 orang guru 12,5%. Yang nilainya lebih dari sama dengan 75 pada siklus I sebnyak 4 orang guru atau 25,00%, pada seklus II sebanyak 7 orang guru atau 43,75%, dan pada siklus III sebanyak 12 orang guru atau 75,00%.


Keywords


Supervisi klinis dan peningkatan kinerja guru.

Full Text:

PDF

References


Bafadal, Ibrahim. 2012. Dasar – Dasar Manajemen dan Supervisi Taman Kanak – Kanak. Jakarta: Bumi Aksara.

Dewi, Anantyas Kusuma., dkk. 2013. Supervisi Klinis Dalam Supervisi Pendidikan. https://lismurtini270992.wordpress.com/2013/06/18/supervisi-klinis-dalam-supervisi-pendidikan/

La Solo, S.L. 1983. Pendekatan dan Teknik – Teknik Supervisi Klinis. Jakarta: Departemen P dan K, Ditjend Pendidikan Tinggi (PPLPTK).

Purwanto, M. Ngalim. 2010. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rusyan, A. Tabrani., dkk. 2000. Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sabirin, Taufik. 2009. Supervisi Klinis. https://taufiksabirin.wordpress.com/2009/01/30/supervisi-klinis/

Sahertian, Piet. 2008. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Dalam Rangka Pengembangan sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukardi. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Pro Guru
ISSN: 2442-2525
surel: j1progu@yahoo.co.id

Google Scholar

View My Stats